Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana sejarah agama Islam di Indonesia?

Bagaimana sejarah agama Islam di Indonesia?undefined

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sejarah persebaran Islam di Indonesia merupakan fenomena historis yang berjalan secara berkesinambungan.

sejarah persebaran Islam di Indonesia merupakan fenomena historis yang berjalan secara berkesinambungan.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Sejarah Islamisasi Indonesia mengalami perjalanan serta periode yang panjang hingga bisa seperti saat ini. Banyak teori seputar waktu kedatangan Islam, tokoh penyebar Islam, hingga saluran penyebaran Islam di Nusantara. Kedatangan Islam ke Indonesia dapat terlihat dari beberapa bukti yaitu bersumber dari berita asing yang meliputi berita dari Cina, berita dari Portugis, serta berita dari Arab dan berita dari dalam negeri yang meliputi tinggalan islam diantaranya berupa nisan dan hikayat. Teori-teori masuknya Islam di Nusantara meliputi: Teori Arab, berdasarkan teori ini Islam masuk ke Indonesia dibawa Bangsa Arab pada abad ke-7 dengan bukti peninggalan Kampung Arab di Pantai Barat Sumatra pada 672. Teori Gujarat, teori ini menyatakan bahwa Islam masuk pada abad ke-13 dibawa oleh orang-orang Gujarat. Dengan bukti diantaranya dengan adanya makam Malik As Saleh Samudra Pasai di Aceh yang diyakini bertahun 1297. Teori Persia, berdasarkan teori iniIslam ke Nusantara dibawa oleh Orang Persia. Buktinya yaitu adanya kebudayaan yang mirip kebudayaan Persia. Teori Cina, teori ini meyakinibahwa Islam masuk pada abad ke-9 dengan buktinya adalah perkampungan Cina muslim di selatan Palembang. Sedangkan untuk salurannya sendiri ada beberapa, mulai dari perdagangan, pernikahan, pendidikan, kesenia, hingga tassawuf. Dengan demikian sejarah persebaran Islam di Indonesia merupakan fenomena historis yang berjalan secara berkesinambungan.

Sejarah Islamisasi Indonesia mengalami perjalanan serta periode yang panjang hingga bisa seperti saat ini. Banyak teori seputar waktu kedatangan Islam, tokoh penyebar Islam, hingga saluran penyebaran Islam di Nusantara.

Kedatangan Islam ke Indonesia dapat terlihat dari beberapa bukti yaitu bersumber dari berita asing yang meliputi berita dari Cina, berita dari Portugis, serta berita dari Arab dan berita dari dalam negeri yang meliputi tinggalan islam diantaranya berupa nisan dan hikayat. 

Teori-teori masuknya Islam di Nusantara meliputi:

  1. Teori Arab, berdasarkan teori ini Islam masuk ke Indonesia dibawa Bangsa Arab pada abad ke-7 dengan bukti peninggalan Kampung Arab di Pantai Barat Sumatra pada 672.
  2. Teori Gujarat, teori ini menyatakan bahwa Islam masuk pada abad ke-13 dibawa oleh orang-orang Gujarat. Dengan bukti diantaranya dengan adanya makam Malik As Saleh Samudra Pasai di Aceh yang diyakini bertahun 1297.
  3. Teori Persia, berdasarkan teori ini Islam ke Nusantara dibawa oleh Orang Persia. Buktinya yaitu adanya kebudayaan yang mirip kebudayaan Persia.
  4. Teori Cina, teori ini meyakini  bahwa Islam masuk pada abad ke-9 dengan buktinya adalah perkampungan Cina muslim di selatan Palembang.

Sedangkan untuk salurannya sendiri ada beberapa, mulai dari perdagangan, pernikahan, pendidikan, kesenia, hingga tassawuf.

Dengan demikian sejarah persebaran Islam di Indonesia merupakan fenomena historis yang berjalan secara berkesinambungan.

Latihan Bab

Kerajaan Maritim Islam

Pengaruh Kerajaan Maritim Islam

Konsep Kilat

216

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Islam masuk ke Indonesia masuk pada awalnya dibawa oleh para pedagang atau saudagar dari Arab, India, dan Persia. Kemudian pedagang tersebut berbaur dengan orang Jawa, Melayu, Sunda dan suku bangsa la...

8rb+

3.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia