Roboguru

Pertanyaan

Tuliskan 3 faktor pendorong Islam masuk ke Istana raja pada abad ke 13!undefined 

I. Agung

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

faktor pendorong masuknya islam ke lingkungan Istana antara lain perdagangan, dakwah dan penaklukan.

Pembahasan

Penyebaran Islam di Nusantara cukup cepat dan banyak diterima oleh rakyat Indonesia sejak awal kedatangannya. Selain di masyarakat, Islam pun masuk ke istana-istana yang menyebabkan lahirnya kerajaan-kerajaan bercorak Islam. Masuknya Islam ke Istana ini di dorong oleh beberapa faktor diantaranya sebagai berikut.

  1. Perdagangan, ramainya perdagangan diwilayah Nusantara yang disebabkan karena letak Nusantara yang strategis pada saat itu membuat Islam dapat masuk yang kemudian dianut oleh para pembesar kerajaan di Nusantara.
  2. Dakwah, cara dakwah yang dilakukan oleh penyebar agama Islam ini dapat masuk ke lingkungan istana, seperti yang terjadi di kerajaan Demak.
  3. Penaklukan, faktor penaklukan ini contohnya terjadi pada masa akhir kekuasaan Majapahit yang akhirnya ditaklukan oleh kerajaan Demak.

Selain itu, terdapat beberapa faktor penyebab Agama Islam dapat cepat berkembang di Nusantara antara lain disebabkan oleh syarat masuk agama Islam cukup mudah, yaitu dengan mengucapkan kalimat syahadat. Selain itu, upacara-upacara dalam Islam sangat sederhana. Islam juga tidak mengenal sistem kasta. Islam tidak menentang adat dan tradisi setempat selama bisa dilakukan denga cara-cara islami. Bahkan dalam prosesnya, salah satu cara penyebaran Islam yang dilakukan oleh Wali Songo adalah menggunakan media seni wayang. Dalam penyebarannya pun dahwah yang dilakukan dengan jalan damai. Berbagai faktor tersebut menyebabkan Islam berkembang dengan pesat di Nusantara.

Dengan demikian, faktor pendorong masuknya islam ke lingkungan Istana antara lain perdagangan, dakwah dan penaklukan.

490

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan indikator berikut ini! Para pedagang menjalin kontak dengan penduduk setempat dan perlahan-lahan masuk ke lingkungan istana Terjadinya proses perkawinan antara pedagang luar dengan pend...

42

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia