Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan sejarah tentang awal mula berdirinya kerajaan Islam!space

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

awal mula berdirinya kerajaan Islam merupakan salah satu pengaruh dari berkembangnya Islam di Nusantara.

Pembahasan

Islam memasuki Nusantara sejak abad ke-6 Masehi. Masuk dan menyebarnya agama Islam dipengaruhi dari para pedagang asing seperti dari Arab, Persia, Gujarat, dan India. Proses penyebaran agama Islam menggunakan berbagai sarana, seperti sarana perdagangan, perkawinan, pendidikan, dan kesenian.

Hadirnya agama Islam di Nusantara membawa berbagai macam perubahan dari bidang pemerintahan, bidang sosial, bidang agama, dan bidang kesenian. Di bidang pemerintahan adalah munculnya berbagai kerajaan-kerajaan yang berasaskan hukum Islam dengan raja-rajanya yang bergelar sultan. Berbagai macam kerajaan Islam ini mempengaruhi proses Islamisasi yang terjadi di Nusantara lewat kekuatan politiknya sehingga penyebaran agama Islam semakin efektif. Pada bidang sosial mulai pudarnya sistem kasta. Kemudian pada bidang agama, agama sebelum Islam seperti Hindu dan Budha masih tetap eksis hingga saat ini, dan bidang kesenian yaitu adanya akulturasi antara budaya Islam dengan PraIslam

Jadi, berdirinya kerajaan Islam diawali dengan masuk dan berkembangnya agama Islam pada abad ke-6 Masehi oleh para pedagang asing seperti Arab, Persia, Gujarat, dan India. Berkembangnya agama Islam di Nusantara mempengaruhi berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pemerintahan. Dalam bidang pemerintahan, muncul berbagai kerajaan-kerajaan Islam yang menggunakan hukum Islam dengan raja-raja yang bergelar sultan.

Dengan demikian, awal mula berdirinya kerajaan Islam merupakan salah satu pengaruh dari berkembangnya Islam di Nusantara.

77

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan indikator berikut ini! Para pedagang menjalin kontak dengan penduduk setempat dan perlahan-lahan masuk ke lingkungan istana Terjadinya proses perkawinan antara pedagang luar dengan pend...

42

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia