Iklan

Iklan

Pertanyaan

Archaebacteria dikelompokkan beberapa jenis berdasarkan habitatnya. Jenis Archaebacteria yang koloninya dapat membentuk suatu buih berwarna merah ungu di laut karena menghasilkan enzim bakterirohodopsin adalah .....

Archaebacteria dikelompokkan beberapa jenis berdasarkan habitatnya. Jenis Archaebacteria yang koloninya dapat membentuk suatu buih berwarna merah ungu di laut karena menghasilkan enzim bakterirohodopsin adalah .....

  1. metanogen

  2. halofil

  3. termoasidofil

  4. bakteri gram positif

  5. bakteri gram negatif

Iklan

F. Andriyani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Metanogen Hidup di lingkungan yang tidak membutuhkan oksigen (anaerob obligat) Mendapatkan energi dengan cara merubah senyawa dan menjadi gas metana ( ). Sebagian besar bakteri ini hidup di lumpur atau di rawa-rawa yang miskin oksigen. Gas metana yang dihasilkan keluar sebagai gelembung-gelembung yang disebut sebagai gas rawa. Selain itu, ada juga yang hidup di saluran pencernaan hewan ruminansia misalnya sapi dan kambing. Contoh : Methanobacterium ruminantium,Lachnospira multipara. Halofil Halofil ekstrim merupakan kelompok prokariotik yang hidup di tempat yang asin, seperti di Great Salt Lake (danau garam di Utah, Amerika) dan Laut Mati. Bersifat heterotrof Sebagian dari bakteri halofil mampu melakukan fotosintesis karena mempunyai pigmen berupa bakteriorhodopshin. Pigmen merah/orange (bakteriodopsin) digunakan untuk memanfaatkan energi cahaya dalam mengubah menjadi bahan organik Hidup di lingkungan yang berkadar garam tinggi, sepuluh kali keasinan air laut. Hidup berkoloni dan dapat membusukkan bahan makanan yang diasinkan Contoh bakteri halofil yaitu Halobacterium salinarium, Halococcus. Termofil ekstrim: Hidup di tempat bersuhu tinggidan bersifat asam yaitu pH diatas 2. Hidup dengan mengoksidasi sulfur Hidup di lubang vulkanis, kawah vulkanis dan mata airbersulfur Contoh : Sulfobulus acidocaldarius , yang mengoksidasi sulfur dan digunakan untuk memisahkan tembaga dan besi dari bijih besi. Berdasarkan uraikan diatas,Archaebacteria dikelompokkan beberapa jenis berdasarkan habitatnya. Jenis Archaebacteria yang koloninya dapat membentuk suatu buih berwarna merah ungu di laut karena menghasilkan enzim bakterirohodopsin adalah Halofil. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Metanogen

  • Hidup di lingkungan yang tidak membutuhkan oksigen (anaerob obligat)
  • Mendapatkan energi dengan cara merubah senyawa H subscript 2 dan C O subscript 2 menjadi gas metana (C H subscript 4).
  • Sebagian besar bakteri ini hidup di lumpur atau di rawa-rawa yang miskin oksigen. Gas metana yang dihasilkan keluar sebagai gelembung-gelembung yang disebut sebagai gas rawa. Selain itu, ada juga yang hidup di saluran pencernaan hewan ruminansia misalnya sapi dan kambing.
  • Contoh : Methanobacterium ruminantium, Lachnospira multipara.

Halofil

  • Halofil ekstrim merupakan kelompok prokariotik yang hidup di tempat yang asin, seperti di Great Salt Lake (danau garam di Utah, Amerika) dan Laut Mati.
  • Bersifat heterotrof 
  • Sebagian dari bakteri halofil mampu melakukan fotosintesis karena mempunyai pigmen berupa bakteriorhodopshin. Pigmen merah/orange (bakteriodopsin) digunakan untuk memanfaatkan energi cahaya dalam mengubah C O subscript 2 menjadi bahan organik 
  • Hidup di lingkungan yang berkadar garam tinggi, sepuluh kali keasinan air laut. 
  • Hidup berkoloni dan dapat membusukkan bahan makanan yang diasinkan 
  • Contoh bakteri halofil yaitu Halobacterium salinarium, Halococcus.

Termofil ekstrim:

  • Hidup di tempat bersuhu tinggi dan bersifat asam yaitu pH diatas 2. 
  • Hidup dengan mengoksidasi sulfur 
  • Hidup di lubang vulkanis, kawah vulkanis dan mata air bersulfur 
  • Contoh : Sulfobulus acidocaldarius, yang mengoksidasi sulfur dan digunakan untuk memisahkan tembaga dan besi dari bijih besi.

Berdasarkan uraikan diatas, Archaebacteria dikelompokkan beberapa jenis berdasarkan habitatnya. Jenis Archaebacteria yang koloninya dapat membentuk suatu buih berwarna merah ungu di laut karena menghasilkan enzim bakterirohodopsin adalah Halofil.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Bab

Mengenal Monera

Bacteria

Struktur Sel Bakteri

Perkembangbiakan Bakteri

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mikroorganisme yang hidup pada lingkungan dengan konsentrasi garam tinggi (>2M NaCl) memiliki adaptasi agar tidak kehilangan air akibat osmosis. Analisis konsentrasi ionik intraseluler halobakteria...

44

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia