Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mikroorganisme yang hidup pada lingkungan dengan konsentrasi garam tinggi (>2M NaCl) memiliki adaptasi agar tidak kehilangan air akibat osmosis. Analisis konsentrasi ionik intraseluler halobakteria yang tinggal pada danau garam menunjukkan bahwa mikroba ini memiliki konsentrasi garam (KCl) yang sangat tinggi di dalam sel. Kadar garam intraseluler yang sangat tinggi mewajibkan adaptasi pada protein dan makromolekul dalam sel. Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah! Sebagian besar protein intraseluler Halobacteriales memiliki asam amino bermuatan dalam jumlah banyak pada permukaan luarnya.

Mikroorganisme yang hidup pada lingkungan dengan konsentrasi garam tinggi (>2M NaCl) memiliki adaptasi agar tidak kehilangan air akibat osmosis. Analisis konsentrasi ionik intraseluler halobakteria yang tinggal pada danau garam menunjukkan bahwa mikroba ini memiliki konsentrasi garam (KCl) yang sangat tinggi di dalam sel. Kadar garam intraseluler yang sangat tinggi mewajibkan adaptasi pada protein dan makromolekul dalam sel.

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah!

Sebagian besar protein intraseluler Halobacteriales memiliki asam amino bermuatan dalam jumlah banyak pada permukaan luarnya.space 

  1. Benarspace 

  2. Salahspace 

Iklan

E. Roa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan di atas BENAR.

pernyataan di atas BENAR.space 

Iklan

Pembahasan

Halobacteria merupakan sekelompok archaea, yang membutuhkan setidaknya konsentrasi garam 2 M dan biasanya ditemukan dalam larutan jenuh (sekitar 36% b/v garam).Habitat utamanya ialah danau air asin, laut, dan air laut yang menguap. Spesies ini kemungkinan besar akan binasa jika mereka terpapar pada apa pun selain lingkungan dengan konsentrasi garam yang sangat tinggi. Prokariota ini membutuhkan garam untuk pertumbuhannya. Konsentrasi tinggi natrium klorida di lingkungan mereka membatasi ketersediaan oksigen untuk respirasi. Organ-organ seluler mereka disesuaikan dengan konsentrasi garam yang tinggi dengan memiliki asam aminobermuatanpada permukaannya, yang memungkinkan retensi molekul air di sekitarnya. Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.

Halobacteria merupakan sekelompok archaea, yang membutuhkan setidaknya konsentrasi garam 2 M dan biasanya ditemukan dalam larutan jenuh (sekitar 36% b/v garam). Habitat utamanya ialah danau air asin, laut, dan air laut yang menguap. Spesies ini kemungkinan besar akan binasa jika mereka terpapar pada apa pun selain lingkungan dengan konsentrasi garam yang sangat tinggi. Prokariota ini membutuhkan garam untuk pertumbuhannya. Konsentrasi tinggi natrium klorida di lingkungan mereka membatasi ketersediaan oksigen untuk respirasi. Organ-organ seluler mereka disesuaikan dengan konsentrasi garam yang tinggi dengan memiliki asam amino bermuatan pada permukaannya, yang memungkinkan retensi molekul air di sekitarnya.

Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.space 

Latihan Bab

Mengenal Monera

Bacteria

Struktur Sel Bakteri

Perkembangbiakan Bakteri

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

89

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mikroorganisme yang hidup pada lingkungan dengan konsentrasi garam tinggi (>2M NaCl) memiliki adaptasi agar tidak kehilangan air akibat osmosis. Analisis konsentrasi ionik intraseluler halobakteria...

42

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia