Iklan

Iklan

Pertanyaan

"Tugu Garuda terletak di pusat kota Jaya, di tengah-tengah perempatan jalan. Jalan Intan membentang dari perempatan tugu Garuda ke utara sepanjang 1 km. Jalan Permata membentang dari perempatan tugu Garuda ke timur sepanjang 2 km. Lima ratus meter di sebelah timur tugu Garuda ada pertigaan Jalan Permata dan Jalan Rubi. Jika Jalan Rubi membentang sejauh 1 km ke barat laut, apakah akan memotong Jalan Intan? Jelaskan dengan gambar. "

"Tugu Garuda terletak di pusat kota Jaya, di tengah-tengah perempatan jalan. Jalan Intan membentang dari perempatan tugu Garuda ke utara sepanjang 1 km. Jalan Permata membentang dari perempatan tugu Garuda ke timur sepanjang 2 km. Lima ratus meter di sebelah timur tugu Garuda ada pertigaan Jalan Permata dan Jalan Rubi. Jika Jalan Rubi membentang sejauh 1 km ke barat laut, apakah akan memotong Jalan Intan? Jelaskan dengan gambar.
"

Iklan

H. Janatu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Segitiga yang dibentuk oleh jalan Intan, jalan Permata dan jalan Rubi haruslah merupakan segitiga siku-siku sama kaki karena sudut yang terbentuk oleh arah barat dan barat laut adalah . Segitiga siku-siku sama kaki memiliki perbandingan panjang sisi . Sehingga dapat dilihat pada gambar bahwa jalan Rubi akan memotong jalan Intan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jalan Rubi akan memotong jalan Intan.

Segitiga yang dibentuk oleh jalan Intan, jalan Permata dan jalan Rubi haruslah merupakan segitiga siku-siku sama kaki karena sudut yang terbentuk oleh arah barat dan barat laut adalah begin mathsize 14px style 45 degree end style.

Segitiga siku-siku sama kaki memiliki perbandingan panjang sisi begin mathsize 14px style 1 colon 1 colon square root of 2 end style. Sehingga dapat dilihat pada gambar bahwa jalan Rubi akan memotong jalan Intan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa jalan Rubi akan memotong jalan Intan.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui △ ABC siku-siku di A, dan besar sudut B = 4 5 ∘ , panjang AC = 7 cm . Hitung a). panjang AB.

86

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia