Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) “Apa kau bilang? Jodoh? Saya tidak rela kau berjodoh dengan Azrial. Akan saya carikan kau jodoh yang lebih bermartabat!” (2) “Apa dia salah kalau ayahnya hanya juru masak?” (3) “Jatuh martabat keluarga kita bila laki-laki itu jadi suamimu. Paham kau?” (4) “Derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu, seperti sawah tak berpematang, tak ada yang bisa diandalkan.” (5) Tetapi, tidak patut rasanya, Mangkudun memandang Azrial dengan sebelah mata. (6) Maka, dengan berat hati Azrial melupakan Renggogeni. (7) Ia hengkang dari kampung, pergi membawa luka hati. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut yang tepat adalah ...

(1) “Apa kau bilang? Jodoh? Saya tidak rela kau berjodoh dengan Azrial. Akan saya carikan kau jodoh yang lebih bermartabat!” (2) “Apa dia salah kalau ayahnya hanya juru masak?” (3) “Jatuh martabat keluarga kita bila laki-laki itu jadi suamimu. Paham kau?”  (4) “Derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu, seperti sawah tak berpematang, tak ada yang bisa diandalkan.” (5) Tetapi, tidak patut rasanya, Mangkudun memandang Azrial dengan sebelah mata. (6) Maka, dengan berat hati Azrial melupakan Renggogeni. (7) Ia hengkang dari kampung, pergi membawa luka hati.

Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut yang tepat adalah ...

  1. Janganlalh merendahkan orang lain!

  2. Bersabarlah jika kita dihina!

  3. Janganlah memiliki kekasih orang kaya!

  4. Lupakan orang yang bukan jodoh kita!

  5. Bersemangatlah untuk meraih kesuksesan!

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Amanat merupakan pesan yang dapat diambil dari sebuah karya sastra. Dalam sebuah karya, baik berupa puisi, prosa, maupun drama pasti terdapat sebuah amanat. Setelah membaca cerita dalam teks tersebut, amanat yang dapat dipetik adalah jangan merendahkan orang lain. Hal ini tercermin dari kalimat (5) Tetapi, tidak patut rasanya Mangkudun memandang Azrial sebelah mata. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Amanat merupakan pesan yang dapat diambil dari sebuah karya sastra. Dalam sebuah karya, baik berupa puisi, prosa, maupun drama pasti terdapat sebuah amanat. Setelah membaca cerita dalam teks tersebut, amanat yang dapat dipetik adalah jangan merendahkan orang lain. Hal ini tercermin dari kalimat (5) Tetapi, tidak patut rasanya Mangkudun memandang Azrial sebelah mata. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

36

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hal yang diperoleh setelah membaca cuplikan cerita di atas adalah ....

24

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia