Athiyaah S

20 Juni 2024 02:32

Iklan

Iklan

Athiyaah S

20 Juni 2024 02:32

Pertanyaan

Yang bukan termasuk perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari adalah

Yang bukan termasuk perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari adalah


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

20 Juni 2024 06:00

Jawaban terverifikasi

Perilaku yang tidak termasuk dalam prinsip atau praktik demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari adalah: 1. Otoritarianisme: Ini adalah sikap atau kecenderungan untuk mengendalikan atau memerintah orang lain tanpa memperhatikan pendapat atau hak mereka untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan. Demokrasi, di sisi lain, mendorong partisipasi aktif, pluralisme, penghargaan terhadap hak asasi manusia, dan keadilan dalam proses pembuatan keputusan. Oleh karena itu, sikap otoriter tidak sesuai dengan nilai-nilai demokrasi yang seharusnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Juni 2024 01:00

Jawaban terverifikasi

<p>Perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari umumnya meliputi:</p><p><strong>Partisipasi aktif:</strong> Mengikuti proses demokratis seperti pemilihan umum, memberikan suara, dan berpartisipasi dalam diskusi atau kegiatan yang mempengaruhi keputusan publik.</p><p><strong>Penghormatan terhadap hak asasi manusia:</strong> Mengakui dan menghormati hak-hak individu yang dijamin oleh konstitusi dan hukum.</p><p><strong>Penghargaan terhadap pluralisme:</strong> Menghargai keberagaman pendapat, budaya, dan kepercayaan dalam masyarakat.</p><p><strong>Toleransi dan dialog:</strong> Menerima perbedaan pendapat dengan terbuka dan berpartisipasi dalam dialog yang konstruktif.</p><p>Dengan demikian, perilaku yang tidak termasuk dalam konsep demokrasi yang perlu dikembangkan adalah perilaku otoriter atau tirani, yang bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi seperti partisipasi, penghormatan terhadap hak individu, pluralisme, dan toleransi.</p>

Perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari umumnya meliputi:

Partisipasi aktif: Mengikuti proses demokratis seperti pemilihan umum, memberikan suara, dan berpartisipasi dalam diskusi atau kegiatan yang mempengaruhi keputusan publik.

Penghormatan terhadap hak asasi manusia: Mengakui dan menghormati hak-hak individu yang dijamin oleh konstitusi dan hukum.

Penghargaan terhadap pluralisme: Menghargai keberagaman pendapat, budaya, dan kepercayaan dalam masyarakat.

Toleransi dan dialog: Menerima perbedaan pendapat dengan terbuka dan berpartisipasi dalam dialog yang konstruktif.

Dengan demikian, perilaku yang tidak termasuk dalam konsep demokrasi yang perlu dikembangkan adalah perilaku otoriter atau tirani, yang bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi seperti partisipasi, penghormatan terhadap hak individu, pluralisme, dan toleransi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

selain tempe, sebutkan 3 contoh makanan yang termasuk dalam perkembangan teknologi dibidang pangan!

25

5.0

Jawaban terverifikasi