Era E

15 Februari 2024 14:33

Iklan

Iklan

Era E

15 Februari 2024 14:33

Pertanyaan

tuliskan penyebab terjadinya primordialisme

tuliskan penyebab terjadinya primordialisme


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 22:25

Jawaban terverifikasi

<p>Primordialisme merujuk pada kecenderungan untuk menekankan atau mengutamakan faktor-faktor yang bersifat primordial atau turun-temurun, seperti suku, agama, atau etnisitas, dalam menentukan identitas dan hubungan sosial. Beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya primordialisme melibatkan aspek-aspek budaya, historis, dan sosial, antara lain:</p><p><strong>Warisan Budaya dan Tradisi:</strong></p><ul><li>Pengaruh kuat dari warisan budaya dan tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi dapat memperkuat rasa identitas dan solidaritas kelompok primordial.</li></ul><p><strong>Kondisi Sejarah yang Sulit:</strong></p><ul><li>Konflik atau kondisi sejarah yang sulit, seperti konflik etnis, perang, atau penjajahan, dapat meningkatkan kecenderungan primordialisme sebagai bentuk perlindungan diri atau kelompok.</li></ul><p><strong>Ketidakpastian dan Anakronisme:</strong></p><ul><li>Dalam situasi ketidakpastian atau perubahan cepat, individu atau kelompok dapat cenderung mencari identitas atau kestabilan dalam nilai-nilai primordial yang dianggap konstan dan tidak berubah.</li></ul><p><strong>Politik Identitas:</strong></p><ul><li>Penggunaan politik identitas oleh kelompok-kelompok tertentu, baik dalam bentuk pemanfaatan atau penekanannya, dapat memperkuat primordialisme untuk mencapai tujuan politik atau kepentingan tertentu.</li></ul><p><strong>Ketidaksetaraan dan Diskriminasi:</strong></p><ul><li>Ketidaksetaraan sosial atau diskriminasi terhadap suatu kelompok dapat memicu reaksi primordial sebagai upaya kelompok untuk melindungi kepentingan dan identitasnya.</li></ul><p><strong>Isolasi Geografis:</strong></p><ul><li>Isolasi geografis dapat memperkuat perasaan eksklusivitas dan keunikannya suatu kelompok, yang dapat mengarah pada pemahaman identitas yang bersifat primordial.</li></ul><p><strong>Ketidakpastian Ekonomi:</strong></p><ul><li>Dalam kondisi ketidakpastian ekonomi, individu atau kelompok dapat mencari kestabilan dalam identitas primordial sebagai cara untuk menjaga keamanan dan dukungan sosial.</li></ul><p><strong>Pendidikan dan Sosialisasi:</strong></p><ul><li>Pengajaran dan sosialisasi yang mementingkan perbedaan etnis atau agama dapat memperkuat pemahaman identitas primordial.</li></ul><p><strong>Manipulasi Politik:</strong></p><ul><li>Manipulasi politik yang sengaja memanfaatkan perbedaan primordial untuk menciptakan ketegangan atau memperoleh dukungan politik.</li></ul><p><strong>Media dan Propaganda:</strong></p><ul><li>Penggunaan media dan propaganda yang menekankan perbedaan primordial dapat memperkuat stereotip dan membangkitkan sentimen identitas kelompok.</li></ul>

Primordialisme merujuk pada kecenderungan untuk menekankan atau mengutamakan faktor-faktor yang bersifat primordial atau turun-temurun, seperti suku, agama, atau etnisitas, dalam menentukan identitas dan hubungan sosial. Beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya primordialisme melibatkan aspek-aspek budaya, historis, dan sosial, antara lain:

Warisan Budaya dan Tradisi:

  • Pengaruh kuat dari warisan budaya dan tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi dapat memperkuat rasa identitas dan solidaritas kelompok primordial.

Kondisi Sejarah yang Sulit:

  • Konflik atau kondisi sejarah yang sulit, seperti konflik etnis, perang, atau penjajahan, dapat meningkatkan kecenderungan primordialisme sebagai bentuk perlindungan diri atau kelompok.

Ketidakpastian dan Anakronisme:

  • Dalam situasi ketidakpastian atau perubahan cepat, individu atau kelompok dapat cenderung mencari identitas atau kestabilan dalam nilai-nilai primordial yang dianggap konstan dan tidak berubah.

Politik Identitas:

  • Penggunaan politik identitas oleh kelompok-kelompok tertentu, baik dalam bentuk pemanfaatan atau penekanannya, dapat memperkuat primordialisme untuk mencapai tujuan politik atau kepentingan tertentu.

Ketidaksetaraan dan Diskriminasi:

  • Ketidaksetaraan sosial atau diskriminasi terhadap suatu kelompok dapat memicu reaksi primordial sebagai upaya kelompok untuk melindungi kepentingan dan identitasnya.

Isolasi Geografis:

  • Isolasi geografis dapat memperkuat perasaan eksklusivitas dan keunikannya suatu kelompok, yang dapat mengarah pada pemahaman identitas yang bersifat primordial.

Ketidakpastian Ekonomi:

  • Dalam kondisi ketidakpastian ekonomi, individu atau kelompok dapat mencari kestabilan dalam identitas primordial sebagai cara untuk menjaga keamanan dan dukungan sosial.

Pendidikan dan Sosialisasi:

  • Pengajaran dan sosialisasi yang mementingkan perbedaan etnis atau agama dapat memperkuat pemahaman identitas primordial.

Manipulasi Politik:

  • Manipulasi politik yang sengaja memanfaatkan perbedaan primordial untuk menciptakan ketegangan atau memperoleh dukungan politik.

Media dan Propaganda:

  • Penggunaan media dan propaganda yang menekankan perbedaan primordial dapat memperkuat stereotip dan membangkitkan sentimen identitas kelompok.

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

16 Februari 2024 02:24

Jawaban terverifikasi

<p>Penyebab terjadinya primordialisme adalah adanya sesuatu yang dianggap istimewa dalam suatu kelompok, seperti agama, budaya, dan suku. Adanya sesuatu sikap untuk mempertahankan keutuhan suatu kelompok dari ancaman luar. Adanya nilai yang berkaitan dengan sistem keyakinan, seperti nilai-nilai agama.</p>

Penyebab terjadinya primordialisme adalah adanya sesuatu yang dianggap istimewa dalam suatu kelompok, seperti agama, budaya, dan suku. Adanya sesuatu sikap untuk mempertahankan keutuhan suatu kelompok dari ancaman luar. Adanya nilai yang berkaitan dengan sistem keyakinan, seperti nilai-nilai agama.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominal disebut uang....

0

5.0

Jawaban terverifikasi