Era E

18 Februari 2024 13:34

Iklan

Iklan

Era E

18 Februari 2024 13:34

Pertanyaan

Tolong ya

Tolong ya 

alt

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

19 Februari 2024 01:11

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah A</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan :</p><p><strong>Pusat Keunggulan Ekonomi di Indonesia &nbsp;</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pusat keunggulan iklim dan tanah</strong></p><p>Keunggulan ekonomi dalam hal ini terlaksana karena keunggulan iklim dan tanah akan menghasilkan produksi pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Indonesia yang merupakan negara agraris menyebabkan sebagian penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani.</p><p>&nbsp;</p><p>Komoditas yang dihasilkan dalam sektor ini adalah beras, sayur mayur, buah-buahan dan rempah-rempah. Sedangkan pusat pertanian di Indonesia terdapat di Pulau Jawa.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pusat keunggulan geostrategis</strong></p><p>Keunggulan ekonomi dalam sektor ini disebabkan oleh wilayah yang strategis yang menyebabkan suatu negara dapat melakukan hubungan dengan negara lain. Indonesia diketahui juga memiliki akses langsung ke pasar terbebas di dunia, yaitu Selat Malaka.</p><p>&nbsp;</p><p>Mengacu pada data United Nations Environment Programme (UNEP), terdapat 64 wilayah perairan Large Marine Ecosystem (LME). Hebatnya, Indonesia memiliki enam akses wilayah LME secara langsung yang memiliki potensi kelautan yang besar. Hal ini menyebabkan keunggulan ekonomi Indonesia juga dimiliki karena letak wilayahnya.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pusat keunggulan sumber daya alam</strong></p><p>Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat tinggi baik dalam bentuk sumber daya terbarukan maupun tidak terbarukan. Pengelolaan sumber daya dengan baik dan berkelanjutan dapat menambah keunggulan ekonomi negara ini.</p><p>&nbsp;</p><p>Komoditas sumber daya Indonesia yang unggul dalam kancah global antara lain kakao, kelapa sawit, tiimah, nikel dan bauksit. Namun, Indonesia juga memiliki komoditas unggulan lainnya yaitu emas, besi, tembaga, karet, perikanan dan juga memiliki cadangan energi yang besar, yaitu batu bara, panas bumi dan gas alam.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pusat keunggulan sumber daya manusia</strong></p><p>Indonesia juga memiliki kekayaan dalam sektor sumber daya manusia karena populasi jumlah penduduk Indonesia menempati peringkat keempat di dunia. Sayangnya saat ini Indonesia tengah berada pada periode transisi struktur penduduk usia produktif</p><p>&nbsp;</p><p>Jumlah penduduk yang besar jika diimbangi dengan daya beli yang tinggi akan menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial. Hal tersebut akan menyebabkan semakin banyak investor yang menanamkan modalnya.</p>

Jawaban yang tepat adalah A

 

Penjelasan :

Pusat Keunggulan Ekonomi di Indonesia  

 

Pusat keunggulan iklim dan tanah

Keunggulan ekonomi dalam hal ini terlaksana karena keunggulan iklim dan tanah akan menghasilkan produksi pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Indonesia yang merupakan negara agraris menyebabkan sebagian penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani.

 

Komoditas yang dihasilkan dalam sektor ini adalah beras, sayur mayur, buah-buahan dan rempah-rempah. Sedangkan pusat pertanian di Indonesia terdapat di Pulau Jawa.

 

Pusat keunggulan geostrategis

Keunggulan ekonomi dalam sektor ini disebabkan oleh wilayah yang strategis yang menyebabkan suatu negara dapat melakukan hubungan dengan negara lain. Indonesia diketahui juga memiliki akses langsung ke pasar terbebas di dunia, yaitu Selat Malaka.

 

Mengacu pada data United Nations Environment Programme (UNEP), terdapat 64 wilayah perairan Large Marine Ecosystem (LME). Hebatnya, Indonesia memiliki enam akses wilayah LME secara langsung yang memiliki potensi kelautan yang besar. Hal ini menyebabkan keunggulan ekonomi Indonesia juga dimiliki karena letak wilayahnya.

 

Pusat keunggulan sumber daya alam

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat tinggi baik dalam bentuk sumber daya terbarukan maupun tidak terbarukan. Pengelolaan sumber daya dengan baik dan berkelanjutan dapat menambah keunggulan ekonomi negara ini.

 

Komoditas sumber daya Indonesia yang unggul dalam kancah global antara lain kakao, kelapa sawit, tiimah, nikel dan bauksit. Namun, Indonesia juga memiliki komoditas unggulan lainnya yaitu emas, besi, tembaga, karet, perikanan dan juga memiliki cadangan energi yang besar, yaitu batu bara, panas bumi dan gas alam.

 

Pusat keunggulan sumber daya manusia

Indonesia juga memiliki kekayaan dalam sektor sumber daya manusia karena populasi jumlah penduduk Indonesia menempati peringkat keempat di dunia. Sayangnya saat ini Indonesia tengah berada pada periode transisi struktur penduduk usia produktif

 

Jumlah penduduk yang besar jika diimbangi dengan daya beli yang tinggi akan menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial. Hal tersebut akan menyebabkan semakin banyak investor yang menanamkan modalnya.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

19 Februari 2024 04:34

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>Pusat-pusat keunggulan ekonomi cenderung berkaitan dengan faktor-faktor yang memberikan keunggulan komparatif suatu wilayah dalam suatu bidang tertentu. Berdasarkan pernyataan di atas, pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi adalah:</p><p>A. (1) dan (2)</p><p>Penjelasan:</p><ul><li>(1) Pengaruh keunggulan tanah dapat berkaitan dengan pertanian atau sumber daya alam lainnya.</li><li>(2) Pengaruh keunggulan iklim dapat berkontribusi pada sektor pertanian, pariwisata, atau kegiatan ekonomi lainnya.</li></ul>

jawabannya adalah A.

 

Pusat-pusat keunggulan ekonomi cenderung berkaitan dengan faktor-faktor yang memberikan keunggulan komparatif suatu wilayah dalam suatu bidang tertentu. Berdasarkan pernyataan di atas, pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi adalah:

A. (1) dan (2)

Penjelasan:

  • (1) Pengaruh keunggulan tanah dapat berkaitan dengan pertanian atau sumber daya alam lainnya.
  • (2) Pengaruh keunggulan iklim dapat berkontribusi pada sektor pertanian, pariwisata, atau kegiatan ekonomi lainnya.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

cara membedakan norma folkways dan usage serta mores. jelasin tiap poinnya jangan contohnya aja

0

0.0

Jawaban terverifikasi