Era E

20 Februari 2024 11:02

Iklan

Iklan

Era E

20 Februari 2024 11:02

Pertanyaan

Tolong ya

Tolong ya 

alt

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

20 Februari 2024 16:19

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah C.</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan faktor penyebab lamanya waktu untuk menumpas pemberontakan DI/TII berdasarkan pernyataan adalah sebagai berikut:</p><p>(1) Medannya berupa daerah pegunungan: Topografi pegunungan memungkinkan pasukan DI/TII untuk bergerilya dan bersembunyi, membuat tugas pemerintah sulit untuk memadamkan pemberontakan.</p><p>(3) Pasukan DI/TII mendapat bantuan dari beberapa orang Belanda: Dukungan dari sebagian orang Belanda, termasuk pemilik perkebunan, dapat meningkatkan daya tahan dan sumber daya pasukan DI/TII.</p><p>(4) Suasana politik yang tidak stabil: Keadaan politik yang tidak stabil dan sikap beberapa kalangan partai politik yang tidak mendukung upaya pemerintah untuk mengatasi pemberontakan membuat usaha pemulihan keamanan menjadi lebih sulit.</p><p>(5) Suasana politik yang stabil: Dalam konteks pemberontakan, suasana politik yang stabil dapat mempercepat upaya penumpasan pemberontakan. Namun, pernyataan ini mungkin tidak sesuai dengan konteks pertanyaan, karena pernyataan (5) tidak sepenuhnya relevan dengan faktor penyebab lamanya waktu.</p>

jawabannya adalah C.

 

Penjelasan faktor penyebab lamanya waktu untuk menumpas pemberontakan DI/TII berdasarkan pernyataan adalah sebagai berikut:

(1) Medannya berupa daerah pegunungan: Topografi pegunungan memungkinkan pasukan DI/TII untuk bergerilya dan bersembunyi, membuat tugas pemerintah sulit untuk memadamkan pemberontakan.

(3) Pasukan DI/TII mendapat bantuan dari beberapa orang Belanda: Dukungan dari sebagian orang Belanda, termasuk pemilik perkebunan, dapat meningkatkan daya tahan dan sumber daya pasukan DI/TII.

(4) Suasana politik yang tidak stabil: Keadaan politik yang tidak stabil dan sikap beberapa kalangan partai politik yang tidak mendukung upaya pemerintah untuk mengatasi pemberontakan membuat usaha pemulihan keamanan menjadi lebih sulit.

(5) Suasana politik yang stabil: Dalam konteks pemberontakan, suasana politik yang stabil dapat mempercepat upaya penumpasan pemberontakan. Namun, pernyataan ini mungkin tidak sesuai dengan konteks pertanyaan, karena pernyataan (5) tidak sepenuhnya relevan dengan faktor penyebab lamanya waktu.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

03 Maret 2024 00:58

Jawaban terverifikasi

Kabinet Natsir yang berlangsung pada tahun 1950-1951 memiliki program kerja yang mencakup beberapa aspek utama: 1. **Menggiatkan usaha keamanan dan ketentraman:** Fokus pada meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam negeri untuk memastikan stabilitas yang penting bagi pembangunan nasional. 2. **Mencapai konsolidasi dan penyempurnaan susunan pemerintahan:** Berusaha memperkuat dan menyempurnakan struktur pemerintahan, termasuk merampingkan birokrasi untuk efisiensi administratif. 3. **Mengembangkan dan memperkuat ekonomi rakyat:** Dorongan untuk pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan masyarakat secara ekonomi dan menekankan pembangunan yang inklusif. Oleh karena itu, pernyataan 1, 2, dan 6 mencerminkan program kerja Kabinet Natsir. Jawaban yang benar adalah C: (1), (2), dan (6).


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan seni patung

0

0.0

Jawaban terverifikasi