Muhammad F

28 Mei 2024 11:14

Iklan

Muhammad F

28 Mei 2024 11:14

Pertanyaan

sporogonium pada tumbuhan paku berfungsi untuk?

sporogonium pada tumbuhan paku berfungsi untuk?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

02

:

20

:

23

:

25

Klaim

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Robin N

28 Mei 2024 12:15

Jawaban terverifikasi

<p>Jawab :&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Apa Itu Tumbuhan Paku Dan Sporogonium ?&nbsp;</p><p>Tumbuhan paku merupakan salah satu kelompok tumbuhan yang termasuk dalam divisi Pteridophyta. mereka memiliki akar, batang, dan daun seperti tumbuhan lainya, namun memiliki karakteristik khas yang membedakannya. salah satu hal yang membuat tumbuhan paku unik adalah adanya sporogonium. Sporogonium merupakan bagian dari tumbuhan paku yang berfungsi untuk reproduksi. Bagian ini menghasilkan Spora yang tumbuh menjadi individu baru. Sporogonium biasanya terletak di bagian bawah daun, dalam struktur yang disebut Sporangium. Sporangium bertanggung jawab untuk melindungi, melestarikan, dan melepaskan Spora ke lingkungan.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Apa Saja Jenis-Jenis Tumbuhan Paku Dengan Sporogonium ?</p><p>terdapat jenis-jenis tumbuhan paku yang memiliki sporogonium. beberapa contoh jenis tumbuhan paku yang memiliki sporogonium antara lain :&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><ul><li>Paku Tanduk ( Platycerium )</li><li>Paku Kawat (Cyathea )</li><li>Paku Ranting (Drynaria )</li><li>Paku Pedang (Nephrolepis )</li><li>Paku Ekor Pedang (Asplenium)</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Setiap jenis tumbuhan paku memiliki karakteristik sporogonium yang unik. Misalnya, paku tanduk memiliki sporogonium yang terlihat seperti tanduk, sementara paku kawat memiliki sporogonium yang menjulang tinggi seperti kawat.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Bagaimana Cara Sporogonium Berfungsi Untuk Reproduksi ?&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Sporogonium berperan penting dalam proses reproduksi tumbuhan paku. Dalam tahap awal, sporogonium berkembang di dalam sporangium di bagian bawah daun. setelah matang, sporogonium akan menhasilkan spora yang nantinya akan dilepaskan ke lingkungan&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Jawab : 

 

Apa Itu Tumbuhan Paku Dan Sporogonium ? 

Tumbuhan paku merupakan salah satu kelompok tumbuhan yang termasuk dalam divisi Pteridophyta. mereka memiliki akar, batang, dan daun seperti tumbuhan lainya, namun memiliki karakteristik khas yang membedakannya. salah satu hal yang membuat tumbuhan paku unik adalah adanya sporogonium. Sporogonium merupakan bagian dari tumbuhan paku yang berfungsi untuk reproduksi. Bagian ini menghasilkan Spora yang tumbuh menjadi individu baru. Sporogonium biasanya terletak di bagian bawah daun, dalam struktur yang disebut Sporangium. Sporangium bertanggung jawab untuk melindungi, melestarikan, dan melepaskan Spora ke lingkungan. 

 

Apa Saja Jenis-Jenis Tumbuhan Paku Dengan Sporogonium ?

terdapat jenis-jenis tumbuhan paku yang memiliki sporogonium. beberapa contoh jenis tumbuhan paku yang memiliki sporogonium antara lain : 

 

  • Paku Tanduk ( Platycerium )
  • Paku Kawat (Cyathea )
  • Paku Ranting (Drynaria )
  • Paku Pedang (Nephrolepis )
  • Paku Ekor Pedang (Asplenium)

 

Setiap jenis tumbuhan paku memiliki karakteristik sporogonium yang unik. Misalnya, paku tanduk memiliki sporogonium yang terlihat seperti tanduk, sementara paku kawat memiliki sporogonium yang menjulang tinggi seperti kawat. 

 

Bagaimana Cara Sporogonium Berfungsi Untuk Reproduksi ? 

 

Sporogonium berperan penting dalam proses reproduksi tumbuhan paku. Dalam tahap awal, sporogonium berkembang di dalam sporangium di bagian bawah daun. setelah matang, sporogonium akan menhasilkan spora yang nantinya akan dilepaskan ke lingkungan 

 

 


Robin N

28 Mei 2024 12:26

Maaf jika Saya salah ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ™

Iklan

Kevin L

Gold

28 Mei 2024 12:28

Jawaban terverifikasi

Tumbuhan paku, juga diken tumbuhan paku-pakuan, adalah kelompok tumbuhan yang termasuk dalam kategori tumbuhan berbunga. Mereka dikenal karena daun mereka yang berbentuk seperti paku, yang memberikan mereka nama mereka. Tumbuhan paku berkembang biak melalui proses yang disebut spora, yang merupakan bentuk reproduksi aseksual dari tumbuhan. Proses ini dimulai dengan pembentukan sporangium, yang merupakan struktur khusus yang menghasilkan spora. Sporangium biasanya terletak di bagian bawah daun tumbuhan paku, dan terdiri dari lapisan luar yang disebut peristomium, yang mengelilingi struktur di dalamnya yang disebut spora. Ketika spora matang, mereka dikeluarkan dari sporangium melalui proses yang disebut dehiscensi. Spora kemudian ditemukan di lingkungan dan dapat tumbuh menjadi tumbuhan paku baru jika kondisi lingkungan memungkinkannya. Secara ringkas, sporangium pada tumbuhan paku berfungsi untuk membentuk dan menyimpan spora, yang merupakan cara tumbuhan paku berkembang biak.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan