Patricia S

20 Maret 2024 02:47

Iklan

Iklan

Patricia S

20 Maret 2024 02:47

Pertanyaan

Sebutkan upaya dari pemerintah orde baru dalam usaha melakukan swasembada di bidang pangan

Sebutkan upaya dari pemerintah orde baru dalam usaha melakukan swasembada di bidang pangan


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kartika S

22 Maret 2024 00:53

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru adalah dengan menerapkan sistem Revolusi Hijau dalam bidang pertanian. Revolusi Hijau ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya produksi beras, dengan anggapan bahwa melimpahnya produksi beras maka dapat meningkatkan kesejahteraan petani.&nbsp;</p><p>Metode yang digunakan pada masa revolusi hijau ada 4 macam yaitu:&nbsp;</p><p>1. Eksrensifikasi pertanian---&gt; usaha peningkatan produksi pertanian dengan cara perluasan area pertanian.</p><p>2. Inrensifikasi pertanian----&gt; usaha peningkatan produksi pertanian melalui bibit unggul, pupuk kimia, perbaikan saluran irigasi, obat dan pestisida pemberantas hama.&nbsp;</p><p>3. Diversitifikasi pertanian-----&gt; usaha peningkatan produksi pertanian dengan cara penganekaragaman tanaman pertanian.</p><p>4. Mekanisasi pertanian----&gt; usaha peningkatan produksi pertanian dengan cara alat-alat modern &nbsp;dalam bidang pertanian.</p><p>Jadi upaya yang di lakukan pemerintah dalam orde baru adalah revolusi hijau.</p>

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru adalah dengan menerapkan sistem Revolusi Hijau dalam bidang pertanian. Revolusi Hijau ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya produksi beras, dengan anggapan bahwa melimpahnya produksi beras maka dapat meningkatkan kesejahteraan petani. 

Metode yang digunakan pada masa revolusi hijau ada 4 macam yaitu: 

1. Eksrensifikasi pertanian---> usaha peningkatan produksi pertanian dengan cara perluasan area pertanian.

2. Inrensifikasi pertanian----> usaha peningkatan produksi pertanian melalui bibit unggul, pupuk kimia, perbaikan saluran irigasi, obat dan pestisida pemberantas hama. 

3. Diversitifikasi pertanian-----> usaha peningkatan produksi pertanian dengan cara penganekaragaman tanaman pertanian.

4. Mekanisasi pertanian----> usaha peningkatan produksi pertanian dengan cara alat-alat modern  dalam bidang pertanian.

Jadi upaya yang di lakukan pemerintah dalam orde baru adalah revolusi hijau.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:18

Jawaban terverifikasi

<p>Selama masa pemerintahan Orde Baru di Indonesia, terutama di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, pemerintah melakukan beberapa upaya dalam usaha mencapai swasembada di bidang pangan. Beberapa di antaranya adalah:</p><p>Program Pembangunan Pertanian: Pemerintah Orde Baru meluncurkan berbagai program pembangunan pertanian untuk meningkatkan produksi pangan dalam negeri. Salah satu program yang terkenal adalah Program Intensifikasi, Ekstensifikasi, dan Diversifikasi (Inpex Divex), yang bertujuan untuk meningkatkan produksi padi, jagung, kedelai, dan berbagai komoditas pertanian lainnya.</p><p>Penyediaan Sarana dan Prasarana Pertanian: Pemerintah juga melakukan investasi besar-besaran dalam pembangunan sarana dan prasarana pertanian, seperti irigasi, jaringan irigasi, bendungan, jalan pertanian, dan lain-lain, guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam sektor pertanian.</p><p>Pemberian Subsidi Pertanian: Pemerintah memberikan berbagai jenis subsidi kepada petani, termasuk subsidi pupuk, benih, dan teknologi pertanian. Hal ini bertujuan untuk mendorong petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian.</p><p>Pengembangan Agribisnis: Pemerintah Orde Baru juga mendorong pengembangan agribisnis di Indonesia dengan membuka peluang investasi bagi perusahaan swasta dalam sektor pertanian. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi pangan.</p><p>Program Pemasyarakatan Pertanian: Pemerintah juga melaksanakan program pemasyarakatan pertanian, di mana masyarakat didorong untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pertanian dan diberikan dukungan teknis serta bantuan input pertanian.</p><p><br>&nbsp;</p>

Selama masa pemerintahan Orde Baru di Indonesia, terutama di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, pemerintah melakukan beberapa upaya dalam usaha mencapai swasembada di bidang pangan. Beberapa di antaranya adalah:

Program Pembangunan Pertanian: Pemerintah Orde Baru meluncurkan berbagai program pembangunan pertanian untuk meningkatkan produksi pangan dalam negeri. Salah satu program yang terkenal adalah Program Intensifikasi, Ekstensifikasi, dan Diversifikasi (Inpex Divex), yang bertujuan untuk meningkatkan produksi padi, jagung, kedelai, dan berbagai komoditas pertanian lainnya.

Penyediaan Sarana dan Prasarana Pertanian: Pemerintah juga melakukan investasi besar-besaran dalam pembangunan sarana dan prasarana pertanian, seperti irigasi, jaringan irigasi, bendungan, jalan pertanian, dan lain-lain, guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam sektor pertanian.

Pemberian Subsidi Pertanian: Pemerintah memberikan berbagai jenis subsidi kepada petani, termasuk subsidi pupuk, benih, dan teknologi pertanian. Hal ini bertujuan untuk mendorong petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian.

Pengembangan Agribisnis: Pemerintah Orde Baru juga mendorong pengembangan agribisnis di Indonesia dengan membuka peluang investasi bagi perusahaan swasta dalam sektor pertanian. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi pangan.

Program Pemasyarakatan Pertanian: Pemerintah juga melaksanakan program pemasyarakatan pertanian, di mana masyarakat didorong untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pertanian dan diberikan dukungan teknis serta bantuan input pertanian.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

17

0.0

Jawaban terverifikasi