Fahmi A

18 Maret 2024 12:07

Iklan

Iklan

Fahmi A

18 Maret 2024 12:07

Pertanyaan

sebutkan tiga contoh dari keberagaman budaya di indonesia yang anda anggap paling mencerminkan identitas dan kekayaan budaya bangsa. Jelaskan mengapa anda memilih contoh-conton tersebut.

sebutkan tiga contoh dari keberagaman budaya di indonesia yang anda anggap paling mencerminkan identitas dan kekayaan budaya bangsa. Jelaskan mengapa anda memilih contoh-conton tersebut.


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 02:35

Jawaban terverifikasi

<p>Tiga contoh dari keberagaman budaya di Indonesia yang saya anggap paling mencerminkan identitas dan kekayaan budaya bangsa adalah:</p><p><strong>Tari Kecak dari Bali</strong>: Tari Kecak adalah salah satu tarian tradisional dari Pulau Bali yang sangat terkenal. Tarian ini menampilkan gerakan yang dinamis dan energik, diiringi oleh paduan suara laki-laki yang menghasilkan pola vokal "cak-cak-cak". Tari Kecak tidak hanya mencerminkan keindahan gerakan tari Bali, tetapi juga menceritakan kisah-kisah epik Hindu, seperti Ramayana. Tari Kecak menggambarkan keberagaman budaya Indonesia karena mencakup unsur-unsur seni pertunjukan, agama, dan tradisi lokal yang khas.</p><p><strong>Kerajinan Tenun Ikat dari Nusa Tenggara Timur</strong>: Tenun ikat merupakan tradisi kerajinan tangan yang sangat kaya dan beragam di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur. Setiap motif dan pola pada kain tenun ikat memiliki makna dan simbol tertentu yang berasal dari kepercayaan dan tradisi masyarakat setempat. Kerajinan tenun ikat mencerminkan kekayaan budaya Indonesia melalui keindahan desainnya, serta proses pembuatannya yang memerlukan keahlian dan ketelatenan tinggi.</p><p><strong>Pantun Betawi dari Jakarta</strong>: Pantun Betawi adalah salah satu bentuk sastra lisan yang berasal dari masyarakat Betawi di Jakarta. Pantun Betawi sering kali digunakan dalam berbagai acara tradisional, seperti pernikahan, khitanan, atau acara adat lainnya. Pantun Betawi mencerminkan keberagaman budaya Indonesia karena menggabungkan unsur bahasa Melayu, Islam, dan budaya Betawi. Pantun ini tidak hanya memperkaya warisan sastra lisan Indonesia, tetapi juga menjadi sarana untuk mempertahankan identitas budaya Betawi.</p><p><br>&nbsp;</p>

Tiga contoh dari keberagaman budaya di Indonesia yang saya anggap paling mencerminkan identitas dan kekayaan budaya bangsa adalah:

Tari Kecak dari Bali: Tari Kecak adalah salah satu tarian tradisional dari Pulau Bali yang sangat terkenal. Tarian ini menampilkan gerakan yang dinamis dan energik, diiringi oleh paduan suara laki-laki yang menghasilkan pola vokal "cak-cak-cak". Tari Kecak tidak hanya mencerminkan keindahan gerakan tari Bali, tetapi juga menceritakan kisah-kisah epik Hindu, seperti Ramayana. Tari Kecak menggambarkan keberagaman budaya Indonesia karena mencakup unsur-unsur seni pertunjukan, agama, dan tradisi lokal yang khas.

Kerajinan Tenun Ikat dari Nusa Tenggara Timur: Tenun ikat merupakan tradisi kerajinan tangan yang sangat kaya dan beragam di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur. Setiap motif dan pola pada kain tenun ikat memiliki makna dan simbol tertentu yang berasal dari kepercayaan dan tradisi masyarakat setempat. Kerajinan tenun ikat mencerminkan kekayaan budaya Indonesia melalui keindahan desainnya, serta proses pembuatannya yang memerlukan keahlian dan ketelatenan tinggi.

Pantun Betawi dari Jakarta: Pantun Betawi adalah salah satu bentuk sastra lisan yang berasal dari masyarakat Betawi di Jakarta. Pantun Betawi sering kali digunakan dalam berbagai acara tradisional, seperti pernikahan, khitanan, atau acara adat lainnya. Pantun Betawi mencerminkan keberagaman budaya Indonesia karena menggabungkan unsur bahasa Melayu, Islam, dan budaya Betawi. Pantun ini tidak hanya memperkaya warisan sastra lisan Indonesia, tetapi juga menjadi sarana untuk mempertahankan identitas budaya Betawi.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Maret 2024 12:50

Jawaban terverifikasi

<p><br>Berikut adalah tiga contoh dari keberagaman budaya di Indonesia yang mencerminkan identitas dan kekayaan budaya bangsa:</p><p><strong>Upacara Adat Toraja di Sulawesi Selatan</strong>:</p><ul><li>Upacara adat Toraja merupakan contoh yang khas dari keberagaman budaya di Indonesia. Upacara ini melibatkan berbagai ritual yang berkaitan dengan siklus kehidupan, seperti upacara kematian, perkawinan, dan pertanian.</li><li>Upacara adat Toraja mencerminkan kekayaan budaya bangsa karena menggabungkan berbagai unsur kepercayaan, seni, musik, tarian, dan arsitektur tradisional yang unik.</li><li>Sifatnya yang sakral dan beragam dalam pelaksanaannya menunjukkan kompleksitas dan keindahan budaya lokal di Indonesia.</li></ul><p><strong>Kerajinan Tenun Ikat Sumba di Nusa Tenggara Timur</strong>:</p><ul><li>Kerajinan tenun ikat Sumba adalah salah satu warisan budaya yang sangat penting di Indonesia. Tenun ikat merupakan teknik pembuatan kain tradisional dengan pola dan motif khas dari Sumba.</li><li>Kerajinan tenun ikat Sumba mencerminkan kekayaan budaya bangsa karena mewakili keunikan dan keindahan seni tradisional, serta memperlihatkan keahlian dan keterampilan masyarakat lokal dalam menjaga warisan budaya mereka.</li><li>Kain tenun ikat Sumba juga sering digunakan dalam berbagai upacara adat dan menjadi simbol identitas dan status sosial di masyarakat Sumba.</li></ul><p><strong>Festival Tari Reog Ponorogo di Jawa Timur</strong>:</p><ul><li>Festival tari Reog Ponorogo adalah acara budaya yang penuh warna dan meriah di Indonesia. Tarian ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, dan melibatkan berbagai elemen budaya seperti tarian, musik, kostum, dan pertunjukan hewan mitologis.</li><li>Festival tari Reog Ponorogo mencerminkan kekayaan budaya bangsa karena mewakili semangat kreativitas, keberanian, dan spiritualitas masyarakat Jawa Timur.</li><li>Tarian ini juga menjadi simbol keberanian dan kekuatan dalam menghadapi tantangan kehidupan, serta menggambarkan hubungan yang erat antara manusia dengan alam dan spiritualitas.</li></ul>


Berikut adalah tiga contoh dari keberagaman budaya di Indonesia yang mencerminkan identitas dan kekayaan budaya bangsa:

Upacara Adat Toraja di Sulawesi Selatan:

  • Upacara adat Toraja merupakan contoh yang khas dari keberagaman budaya di Indonesia. Upacara ini melibatkan berbagai ritual yang berkaitan dengan siklus kehidupan, seperti upacara kematian, perkawinan, dan pertanian.
  • Upacara adat Toraja mencerminkan kekayaan budaya bangsa karena menggabungkan berbagai unsur kepercayaan, seni, musik, tarian, dan arsitektur tradisional yang unik.
  • Sifatnya yang sakral dan beragam dalam pelaksanaannya menunjukkan kompleksitas dan keindahan budaya lokal di Indonesia.

Kerajinan Tenun Ikat Sumba di Nusa Tenggara Timur:

  • Kerajinan tenun ikat Sumba adalah salah satu warisan budaya yang sangat penting di Indonesia. Tenun ikat merupakan teknik pembuatan kain tradisional dengan pola dan motif khas dari Sumba.
  • Kerajinan tenun ikat Sumba mencerminkan kekayaan budaya bangsa karena mewakili keunikan dan keindahan seni tradisional, serta memperlihatkan keahlian dan keterampilan masyarakat lokal dalam menjaga warisan budaya mereka.
  • Kain tenun ikat Sumba juga sering digunakan dalam berbagai upacara adat dan menjadi simbol identitas dan status sosial di masyarakat Sumba.

Festival Tari Reog Ponorogo di Jawa Timur:

  • Festival tari Reog Ponorogo adalah acara budaya yang penuh warna dan meriah di Indonesia. Tarian ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, dan melibatkan berbagai elemen budaya seperti tarian, musik, kostum, dan pertunjukan hewan mitologis.
  • Festival tari Reog Ponorogo mencerminkan kekayaan budaya bangsa karena mewakili semangat kreativitas, keberanian, dan spiritualitas masyarakat Jawa Timur.
  • Tarian ini juga menjadi simbol keberanian dan kekuatan dalam menghadapi tantangan kehidupan, serta menggambarkan hubungan yang erat antara manusia dengan alam dan spiritualitas.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Keberadaan dan kekuasaan lembaga tinggi negara di Indonesia diatur oleh UUD 1945. Hal ini menunjukkan bahwa UUD 1945 merupakan … . A. Konstitusi tertulis Indonesia C. Hukum Dasar di Indonesia B. Hukum tertinggi di Indonesia D. Dasar Negara Indonesia

13

5.0

Jawaban terverifikasi