Siti N

11 Juni 2024 01:56

Iklan

Iklan

Siti N

11 Juni 2024 01:56

Pertanyaan

Sebutkan lima lembaga badan kerjasama international di dunia di mana Indonesia menjadi salah satu anggotanya


6

1


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 04:16

<p>Berikut adalah lima lembaga atau badan kerjasama internasional di dunia di mana Indonesia menjadi salah satu anggotanya:</p><p><strong>PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)</strong>: Indonesia adalah salah satu negara anggota PBB sejak 1950.</p><p><strong>ASEAN (Association of Southeast Asian Nations)</strong>: Indonesia adalah salah satu dari 10 negara anggota ASEAN.</p><p><strong>G20 (Group of Twenty)</strong>: Indonesia merupakan anggota G20, kelompok ekonomi maju dan berkembang terbesar di dunia.</p><p><strong>G77 (Group of 77)</strong>: Indonesia adalah anggota G77, kelompok negara berkembang yang berkomitmen untuk kerjasama ekonomi dan politik di PBB.</p><p><strong>OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries)</strong>: Indonesia pernah menjadi anggota OPEC sebelum mengundurkan diri pada 2016, namun masih menjalin kerja sama dengan organisasi ini.</p><p>Indonesia terlibat aktif dalam berbagai forum internasional ini untuk memperjuangkan kepentingan nasional dan bersama-sama dengan negara-negara anggota lainnya dalam mencari solusi atas tantangan global.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>3.5</p>

Berikut adalah lima lembaga atau badan kerjasama internasional di dunia di mana Indonesia menjadi salah satu anggotanya:

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa): Indonesia adalah salah satu negara anggota PBB sejak 1950.

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations): Indonesia adalah salah satu dari 10 negara anggota ASEAN.

G20 (Group of Twenty): Indonesia merupakan anggota G20, kelompok ekonomi maju dan berkembang terbesar di dunia.

G77 (Group of 77): Indonesia adalah anggota G77, kelompok negara berkembang yang berkomitmen untuk kerjasama ekonomi dan politik di PBB.

OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries): Indonesia pernah menjadi anggota OPEC sebelum mengundurkan diri pada 2016, namun masih menjalin kerja sama dengan organisasi ini.

Indonesia terlibat aktif dalam berbagai forum internasional ini untuk memperjuangkan kepentingan nasional dan bersama-sama dengan negara-negara anggota lainnya dalam mencari solusi atas tantangan global.

 

 

3.5


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kepulauan Banda merupakan salah satu penghasil pala terbaik dunia. Pada tahun 1621, VOC di bawah J.P. Coen membantai penduduk Banda. Salah satu dampak dari peristiwa tersebut adalah a. Penduduk Banda trauma dan tidak lagi menanam pala b. Berkurangnya petani yang memahami tentang budidaya pala c. VOC berhasil memonopoli komoditas pala di dunia d. Timbulnya berbagai perlawanan balas dendam rakyat Banda e. Meningkatnya produksi pala di kepulauan Banda tahun 1622

39

4.7

Jawaban terverifikasi