Angelica M

16 April 2024 15:43

Iklan

Iklan

Angelica M

16 April 2024 15:43

Pertanyaan

Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi pola curah hujan di Indonesia dan jelaskan pengaruhnya terhadap pertanian!


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Cahaya K

20 April 2024 03:16

Jawaban terverifikasi

•Faktor-faktor yang mempengaruhi pola curah hujan di Indonesia: 1. Letak geografis: - Indonesia terletak di daerah tropis, dekat dengan khatulistiwa, sehingga menerima radiasi matahari yang tinggi sepanjang tahun. - Posisi Indonesia di antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudera (Pasifik dan Hindia) menyebabkan adanya pergerakan massa udara yang mempengaruhi pola curah hujan. 2. Angin muson: - Angin muson barat laut (musim hujan) dan angin muson tenggara (musim kemarau) secara bergantian mempengaruhi pola curah hujan di Indonesia. - Perubahan arah angin muson ini menyebabkan adanya perbedaan musim hujan dan kemarau di berbagai wilayah Indonesia. 3. Topografi: - Bentuk permukaan bumi, seperti pegunungan, dataran tinggi, dan lembah, mempengaruhi distribusi curah hujan di suatu wilayah. - Daerah pegunungan cenderung memiliki curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan daerah dataran rendah. 4. Pengaruh lautan: - Keberadaan laut di sekitar Indonesia menyebabkan adanya penguapan yang tinggi, sehingga mempengaruhi pembentukan awan dan curah hujan. - Daerah-daerah yang dekat dengan laut cenderung memiliki curah hujan yang lebih tinggi. •Pengaruh pola curah hujan terhadap pertanian: 1. Musim hujan dan kemarau: - Perbedaan musim hujan dan kemarau mempengaruhi jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dan waktu tanam yang optimal. - Pada musim hujan, petani dapat menanam tanaman yang membutuhkan banyak air, seperti padi, sedangkan pada musim kemarau, petani dapat menanam tanaman yang lebih tahan kekeringan, seperti palawija. 2. Distribusi curah hujan: - Distribusi curah hujan yang tidak merata sepanjang tahun dapat menyebabkan kekurangan air pada saat-saat tertentu, sehingga mempengaruhi pertumbuhan tanaman. - Daerah dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun umumnya lebih cocok untuk pertanian, terutama untuk tanaman padi. 3. Intensitas curah hujan: - Curah hujan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menghambat pertumbuhan tanaman dan menurunkan produktivitas pertanian. - Curah hujan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan banjir dan erosi, sedangkan curah hujan yang terlalu rendah dapat menyebabkan kekeringan dan kekurangan air.


Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

23 April 2024 09:18

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1. Pegunungan</strong>: Adanya pegunungan yang berjajar di suatu wilayah memengaruhi curah hujan di tempat tersebut. Gunung-gunung ini menghalangi awan yang membawa air, sehingga daerah yang dekat dengan pegunungan akan memiliki curah hujan yang rendah.</p><p><strong>2. Angin Monsun</strong>: Angin monsun memiliki karakteristik berbeda antara Australia dan Asia. Angin monsun Asia akan berhembus ke Indonesia pada bulan Oktober hingga April, menyebabkan musim penghujan. Sedangkan angin monsun Australia akan bergerak ke arah Indonesia pada bulan April sampai Oktober, menyebabkan musim kemarau.</p><p><strong>3. Arah Angin</strong>: Meskipun bentuk angin tidak terlihat secara kasat mata, kehadirannya mempengaruhi curah hujan. Angin membawa awan yang mengandung air sebelum turun hujan ke suatu tempat. Wilayah dengan sedikit angin akan memiliki curah hujan yang rendah.</p><p><strong>4. Suhu Udara</strong>: Suhu udara juga berpengaruh terhadap curah hujan. Wilayah dengan suhu udara rendah cenderung memiliki curah hujan yang rendah, dan sebaliknya.</p><p><strong>5. Ketinggian Wilayah</strong>: Dataran tinggi dan dataran rendah memiliki curah hujan yang berbeda. Semakin tinggi tempat, semakin rendah suhu udara, sehingga curah hujan lebih rendah.</p><p><strong>6. Jarak Sumber Air</strong>: Tempat yang dekat dengan lautan akan lebih sering mengalami hujan daripada tempat yang jauh dari lautan.</p><p><strong>7. Suhu Daratan dan Suhu Lautan</strong>: Selain suhu udara, suhu daratan dan suhu lautan juga memengaruhi curah hujan. Wilayah dengan suhu udara tinggi dan dekat dengan lautan cenderung memiliki curah hujan yang tinggi.</p><p><strong>8. Luas Daratan</strong>: Luas daratan juga berperan dalam menentukan curah hujan.</p><p><strong>9. Garis Lintang</strong>: Indonesia berada dekat dengan garis khatulistiwa, yang merupakan daerah dengan intensitas radiasi matahari yang tinggi. Hal ini menyebabkan suhu udara di Indonesia cukup tinggi, sehingga memicu penguapan air dari permukaan laut dan daratan.</p>

1. Pegunungan: Adanya pegunungan yang berjajar di suatu wilayah memengaruhi curah hujan di tempat tersebut. Gunung-gunung ini menghalangi awan yang membawa air, sehingga daerah yang dekat dengan pegunungan akan memiliki curah hujan yang rendah.

2. Angin Monsun: Angin monsun memiliki karakteristik berbeda antara Australia dan Asia. Angin monsun Asia akan berhembus ke Indonesia pada bulan Oktober hingga April, menyebabkan musim penghujan. Sedangkan angin monsun Australia akan bergerak ke arah Indonesia pada bulan April sampai Oktober, menyebabkan musim kemarau.

3. Arah Angin: Meskipun bentuk angin tidak terlihat secara kasat mata, kehadirannya mempengaruhi curah hujan. Angin membawa awan yang mengandung air sebelum turun hujan ke suatu tempat. Wilayah dengan sedikit angin akan memiliki curah hujan yang rendah.

4. Suhu Udara: Suhu udara juga berpengaruh terhadap curah hujan. Wilayah dengan suhu udara rendah cenderung memiliki curah hujan yang rendah, dan sebaliknya.

5. Ketinggian Wilayah: Dataran tinggi dan dataran rendah memiliki curah hujan yang berbeda. Semakin tinggi tempat, semakin rendah suhu udara, sehingga curah hujan lebih rendah.

6. Jarak Sumber Air: Tempat yang dekat dengan lautan akan lebih sering mengalami hujan daripada tempat yang jauh dari lautan.

7. Suhu Daratan dan Suhu Lautan: Selain suhu udara, suhu daratan dan suhu lautan juga memengaruhi curah hujan. Wilayah dengan suhu udara tinggi dan dekat dengan lautan cenderung memiliki curah hujan yang tinggi.

8. Luas Daratan: Luas daratan juga berperan dalam menentukan curah hujan.

9. Garis Lintang: Indonesia berada dekat dengan garis khatulistiwa, yang merupakan daerah dengan intensitas radiasi matahari yang tinggi. Hal ini menyebabkan suhu udara di Indonesia cukup tinggi, sehingga memicu penguapan air dari permukaan laut dan daratan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

17

0.0

Jawaban terverifikasi

1.Berikut ini merupakan salah satu wujud program CSR, kecuali a. pemberian subsidi b. pemberian beasiswa C. dana untuk pemeliharaan fasilitas umum d. sumbangan untuk fasilitas umum 2.Suatu konsep yang dilakukan perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun, lingkungan sekitar perusahaan disebut... a. Company Social Responsibility b. Corporate Social Responsibility c. Company Social Responsible d. Corporate Social Responsible 3.Tokoh dari Belanda yang menerapkan sistem pemerintahan modern yang terkenal dengan sistem perpajakannya adalah a. Daendels C. Van Mook b. Raffles d. M.J. Mose 4.Tokoh yang mendirikan sekolah kebangsaan Taman Siswa adalah... a.Moh. Syafei b. Budi Utomo C Wahidin Sudirohusodo d. Ki Hajar Dewantara 5.Berikut faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia menjadi penting bagi perdagangan dan pelayaran antara Asia dan Eropa, kecuali .... a. kondisi geografis b. kepadatan penduduk C. faktor keamanan d. penghasil rempah-rempah 6.Untuk mengatasi kas Belanda yang kosong, maka Belanda menerapkan strategi..... a. monopoli perdagangan b. pelayaran hongi c. pembentukan VOC d. Culture Stelsel 7.Salah satu program pemerintah pemberian jaminan akses kebutuhan dasar bagi rakyat bawah, kecuali .... a. Bantuan Langsung Tunai (BLT) b. Bantuan Tunai Bersyarat (BTB) c. Program Keluarga Harapan (PKH) d. Kredit Usaha Rakyat (KUR) 8.Berikut ini yang bukan merupakan aturan tanam paksa adalah .... a. petani harus menyediakan seperempat dari tanahnya untuk ditanami tanaman wajib b. tanah yang ditanami tanaman wajib merupakan tanah bebas pajak C. hasil tanaman harus dijual kepada Belanda dengan harga yang sudah ditentukan d. waktu tanam tidak boleh melebihi waktu menanam padi 9. Raja Kerajaan Banten yang bersahabat dengan VOC dan menjalin kerja sama adalah .... a. Sultan Ageng Tirtayasa b. Sultan Iskandar Muda C. Sultan Haji d. Sultan Hairun

13

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan