Elshanum E

29 Januari 2024 20:29

Iklan

Iklan

Elshanum E

29 Januari 2024 20:29

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat pengetahuan sebagai ilmu!

Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat pengetahuan sebagai ilmu!


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 20:37

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah</p><p>Berikut sifat-sifat pengetahuan sebagai ilmu.<br>1) Rasional<br>Ilmu pengetahuan didasarkan atas kegiatan berpikir secara logis menggunakan rasa (nalar) yang hasilnya dapat diterima olen nalar manusia.<br>2) Empiris<br>Kesimpulan yang diambil harus dapat dibuktikan melalui pemeriksaan dan pembuktian panca indra, serta dapat diuji kebenarannya dengan fakta. Hal inilah yang membedakan antara ilmu pengetahuan dan agama. Ilmu pengetahuan bukanlah agama, meskipun dalam ajaran agama termuat adanya nilai-nilai pengetahuan dan nilai-nilai kebenaran yang dapat dibuktikan secara ilmiah.<br>3) Objektif<br>Kebenaran yang dihasilkan suatu ilmu merupakan kebenaran pengetahuan yang jujur apa adanya sesuai dengan kenyataan objeknya, serta tidak bergantung pada suasana hati, prasangka, atau pertimbangan nilai pribadi. Objek dan metode ilmu tersebut dapat dipelajari dan diikuti secara umum. Kebenaran itu dapat diselidiki dan dibenarkan oleh ahli lain dalam bidang ilmu tersebut melalui pengujian secara terbuka yang dilakukan dan pengamatan dan penalaran fenomena sehingga kebenaran objektif juga memiliki nilai universal dan tidak subjektif.<br>4) Akumulatif.<br>Ilmu dirumuskan berdasarkan teori lama yang disempurnakan, ditambah, dan diperbaiki sehingga semakin sempurna Ilmu yang dikenal sekarang merupakan kelanjutan dari ilmu yang dikembangkan sebelumnya. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan bersifat relatif dan temporal, serta tidak pernah mutlak dan final. Dengan demikian, ilmu pengetahuan bersifat dinamis dan terbuka.<br>5. Andal dan Dirancang.<br>Ilmu pengetahuan dapat diuji kembali secara terbuka menurut persyaratan dengan hasil yang dapat diandalkan. Selain itu, ilmu pengetahuan dikembangkan berdasarkan suatu rancangan yang menerapkan metode ilmiah</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah

Berikut sifat-sifat pengetahuan sebagai ilmu.
1) Rasional
Ilmu pengetahuan didasarkan atas kegiatan berpikir secara logis menggunakan rasa (nalar) yang hasilnya dapat diterima olen nalar manusia.
2) Empiris
Kesimpulan yang diambil harus dapat dibuktikan melalui pemeriksaan dan pembuktian panca indra, serta dapat diuji kebenarannya dengan fakta. Hal inilah yang membedakan antara ilmu pengetahuan dan agama. Ilmu pengetahuan bukanlah agama, meskipun dalam ajaran agama termuat adanya nilai-nilai pengetahuan dan nilai-nilai kebenaran yang dapat dibuktikan secara ilmiah.
3) Objektif
Kebenaran yang dihasilkan suatu ilmu merupakan kebenaran pengetahuan yang jujur apa adanya sesuai dengan kenyataan objeknya, serta tidak bergantung pada suasana hati, prasangka, atau pertimbangan nilai pribadi. Objek dan metode ilmu tersebut dapat dipelajari dan diikuti secara umum. Kebenaran itu dapat diselidiki dan dibenarkan oleh ahli lain dalam bidang ilmu tersebut melalui pengujian secara terbuka yang dilakukan dan pengamatan dan penalaran fenomena sehingga kebenaran objektif juga memiliki nilai universal dan tidak subjektif.
4) Akumulatif.
Ilmu dirumuskan berdasarkan teori lama yang disempurnakan, ditambah, dan diperbaiki sehingga semakin sempurna Ilmu yang dikenal sekarang merupakan kelanjutan dari ilmu yang dikembangkan sebelumnya. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan bersifat relatif dan temporal, serta tidak pernah mutlak dan final. Dengan demikian, ilmu pengetahuan bersifat dinamis dan terbuka.
5. Andal dan Dirancang.
Ilmu pengetahuan dapat diuji kembali secara terbuka menurut persyaratan dengan hasil yang dapat diandalkan. Selain itu, ilmu pengetahuan dikembangkan berdasarkan suatu rancangan yang menerapkan metode ilmiah


Iklan

Iklan

Ekha R

01 Februari 2024 14:29

1.rasional,2empiris,3.objectif,4.akumulatif,5.andal dan dapat di percaya


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan tentang penjelajahan samudra

4

5.0

Jawaban terverifikasi