Era E

12 Februari 2024 07:17

Iklan

Iklan

Era E

12 Februari 2024 07:17

Pertanyaan

sebutkan dan jelaskan mengenai manfaat ekonomi kreatif

sebutkan dan jelaskan mengenai manfaat ekonomi kreatif


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

12 Februari 2024 10:50

Jawaban terverifikasi

Ekonomi kreatif adalah konsep baru dalam ekonomi yang menjadikan ide dan kreativitas manusia sebagai faktor utama dalam menjalankan produktivitas kerja. Manfaat ekonomi kreatif antara lain: 1. Inovasi Baru Berkembang Cepat: Dengan adanya ekonomi kreatif, banyak ide-ide baru yang bermunculan yang tentunya membuat masyarakat semakin mudah dalam memenuhi kebutuhan. 2. Membuka Lapangan Kerja: Inovasi baru menciptakan produk baru yang memerlukan ahli untuk memproduksi dan memasarkannya. 3. Manusia Semakin Kreatif: Ekonomi kreatif menuntut manusia sebagai pelaku ekonomi menjadi lebih kreatif dan inovatif. 4. Persaingan yang Kompetitif: Semakin berkembangnya ekonomi, maka semakin banyak pula pebisnis baru yang terjun dalam dunia ekonomi. 5. Kualitas Produk Semakin Bagus: Ekonomi kreatif berkontribusi pada peningkatan kualitas produk. 6. Pertumbuhan Ekonomi: Ekonomi kreatif banyak memunculkan usaha baru, membuat pertumbuhan ekonomi juga semakin baik karena semua mata rantai ekonomi dapat terpenuhi. Kesimpulan: Ekonomi kreatif memiliki banyak manfaat, mulai dari mendorong inovasi, membuka lapangan kerja, meningkatkan kreativitas manusia, mendorong persaingan yang kompetitif, meningkatkan kualitas produk, hingga mendorong pertumbuhan ekonomi. Semoga penjelasan ini membantu Anda 🙂.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

12 Februari 2024 18:21

Jawaban terverifikasi

<p>Manfaat Ekonomi Kreatif</p><p><strong>1.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Membuka lapangan pekerjaan baru</strong></p><p>Hadirnya ekonomi kreatif tidak hanya berpengaruh terhadap perkembangan inovasi dan segi kreativitas masyarakat saja, namun juga menjadi pembuka jalan untuk lapangan pekerjaan baru. Semakin banyaknya inovasi dan kreativitas dari orang-orang yang membuka bisnis, maka akan semakin banyak juga produk-produk baru yang akan dihasilkan, dengan begitu maka semakin banyak juga tenaga kerja yang diperlukan dalam proses pembuatannya.</p><p><strong>&nbsp;</strong></p><p><strong>2.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Mendorong masyarakat jadi lebih kreatif</strong></p><p>Kreativitas seseorang akan semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Dengan adanya perkembangan tersebut, maka seseorang juga akan merasa dituntut menjadi lebih kreatif sehingga memiliki ide-ide baru yang unik dan belum ada sebelumnya. Dorongan tersebut nantinya akan membentuk masyarakat menjadi pribadi yang lebih kreatif.</p><p><strong>&nbsp;</strong></p><p><strong>3.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Meningkatkan inovasi di berbagai bidang</strong></p><p>Dengan munculnya ide-ide yang baru dan tidak terbatas, masyarakat juga akan semakin mudah dalam memenuhi kebutuhannya dengan terus meningkatkan inovasi di berbagai bidang. Peningkatan inovasi di berbagai bidang industri juga secara tidak langsung akan meningkatkan pemerataan ekonomi di berbagai bidang.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>4.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Menciptakan kompetisi bisnis yang sehat</strong></p><p>Terciptanya kompetisi bisnis yang sehat merupakan salah satu manfaat dari hadirnya ekonomi kreatif. Dampak positif ini hadir karena dengan munculnya inovasi-inovasi yang beragam tersebut, manusia akan saling tolong-menolong serta membagikan kiat-kiatnya dalam melaksanakan ide tersebut, hal inilah yang dinamakan bisnis yang sehat.</p><p><strong>&nbsp;</strong></p><p><strong>5.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Mengurangi angka pengangguran</strong></p><p>Bidang ekonomi kreatif dapat mengurangi angka pengangguran karena seiring berjalannya waktu, sektor-sektor industri ekonomi kreatif juga akan terus berkembang dan akan semakin banyak membutuhkan sumber daya manusia, hal itu yang nantinya dapat mengurangi angka pengangguran.</p>

Manfaat Ekonomi Kreatif

1.    Membuka lapangan pekerjaan baru

Hadirnya ekonomi kreatif tidak hanya berpengaruh terhadap perkembangan inovasi dan segi kreativitas masyarakat saja, namun juga menjadi pembuka jalan untuk lapangan pekerjaan baru. Semakin banyaknya inovasi dan kreativitas dari orang-orang yang membuka bisnis, maka akan semakin banyak juga produk-produk baru yang akan dihasilkan, dengan begitu maka semakin banyak juga tenaga kerja yang diperlukan dalam proses pembuatannya.

 

2.    Mendorong masyarakat jadi lebih kreatif

Kreativitas seseorang akan semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Dengan adanya perkembangan tersebut, maka seseorang juga akan merasa dituntut menjadi lebih kreatif sehingga memiliki ide-ide baru yang unik dan belum ada sebelumnya. Dorongan tersebut nantinya akan membentuk masyarakat menjadi pribadi yang lebih kreatif.

 

3.    Meningkatkan inovasi di berbagai bidang

Dengan munculnya ide-ide yang baru dan tidak terbatas, masyarakat juga akan semakin mudah dalam memenuhi kebutuhannya dengan terus meningkatkan inovasi di berbagai bidang. Peningkatan inovasi di berbagai bidang industri juga secara tidak langsung akan meningkatkan pemerataan ekonomi di berbagai bidang.

 

4.    Menciptakan kompetisi bisnis yang sehat

Terciptanya kompetisi bisnis yang sehat merupakan salah satu manfaat dari hadirnya ekonomi kreatif. Dampak positif ini hadir karena dengan munculnya inovasi-inovasi yang beragam tersebut, manusia akan saling tolong-menolong serta membagikan kiat-kiatnya dalam melaksanakan ide tersebut, hal inilah yang dinamakan bisnis yang sehat.

 

5.    Mengurangi angka pengangguran

Bidang ekonomi kreatif dapat mengurangi angka pengangguran karena seiring berjalannya waktu, sektor-sektor industri ekonomi kreatif juga akan terus berkembang dan akan semakin banyak membutuhkan sumber daya manusia, hal itu yang nantinya dapat mengurangi angka pengangguran.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tono sedang pengen ke rumah Supri make sepeda merek Atlantis model mahal YGY jarak yg di tempuh tono adalah 16 km dan dengan waktu 50 menitan kecepatan tono ke rumah Supri adalah .... JAWABAN

9

5.0

Jawaban terverifikasi