Khalifahtul R

25 Juni 2024 08:34

Iklan

Iklan

Khalifahtul R

25 Juni 2024 08:34

Pertanyaan

Sebutkan contoh kegiatan kreatif yang dapat dilakukan di sekolah untuk mengembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air?

Sebutkan contoh kegiatan kreatif yang dapat dilakukan di sekolah untuk mengembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air?


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Juni 2024 12:47

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah beberapa contoh kegiatan kreatif yang dapat dilakukan di sekolah untuk mengembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air:</p><p><strong>Lomba Cipta Puisi dan Cerpen Bertema Nasionalisme:</strong> Siswa diajak menulis puisi atau cerpen yang menggambarkan kecintaan mereka terhadap tanah air, sejarah bangsa, atau tokoh-tokoh nasional.</p><p><strong>Pentas Seni dan Budaya Daerah:</strong> Mengadakan pertunjukan seni seperti tari, musik, dan drama yang menampilkan kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan apresiasi siswa terhadap keragaman budaya bangsa.</p><p><strong>Pameran Karya Seni dan Kerajinan:</strong> Siswa membuat karya seni atau kerajinan tangan yang mencerminkan keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia, kemudian dipamerkan di sekolah.</p><p><strong>Diskusi dan Debat Sejarah:</strong> Mengadakan diskusi atau debat tentang peristiwa sejarah penting Indonesia, peran pahlawan nasional, atau perkembangan politik dan sosial di negara ini. Ini bisa melibatkan riset dan presentasi dari siswa.</p><p><strong>Proyek Sosial Berbasis Komunitas:</strong> Mengajak siswa untuk terlibat dalam proyek sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, seperti kegiatan bakti sosial, bersih-bersih lingkungan, atau kampanye kesehatan. Kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa peduli dan tanggung jawab sosial.</p><p><strong>Hari Kebudayaan:</strong> Menyelenggarakan hari khusus di mana siswa mengenakan pakaian tradisional, menyajikan makanan khas daerah, dan belajar tentang adat istiadat serta tradisi dari berbagai suku bangsa di Indonesia.</p><p>&nbsp;</p>

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan kreatif yang dapat dilakukan di sekolah untuk mengembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air:

Lomba Cipta Puisi dan Cerpen Bertema Nasionalisme: Siswa diajak menulis puisi atau cerpen yang menggambarkan kecintaan mereka terhadap tanah air, sejarah bangsa, atau tokoh-tokoh nasional.

Pentas Seni dan Budaya Daerah: Mengadakan pertunjukan seni seperti tari, musik, dan drama yang menampilkan kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan apresiasi siswa terhadap keragaman budaya bangsa.

Pameran Karya Seni dan Kerajinan: Siswa membuat karya seni atau kerajinan tangan yang mencerminkan keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia, kemudian dipamerkan di sekolah.

Diskusi dan Debat Sejarah: Mengadakan diskusi atau debat tentang peristiwa sejarah penting Indonesia, peran pahlawan nasional, atau perkembangan politik dan sosial di negara ini. Ini bisa melibatkan riset dan presentasi dari siswa.

Proyek Sosial Berbasis Komunitas: Mengajak siswa untuk terlibat dalam proyek sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, seperti kegiatan bakti sosial, bersih-bersih lingkungan, atau kampanye kesehatan. Kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa peduli dan tanggung jawab sosial.

Hari Kebudayaan: Menyelenggarakan hari khusus di mana siswa mengenakan pakaian tradisional, menyajikan makanan khas daerah, dan belajar tentang adat istiadat serta tradisi dari berbagai suku bangsa di Indonesia.

 


Iklan

Iklan

Ranxyz R

26 Juni 2024 10:48

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut beberapa contoh kegiatan kreatif yang bisa dilakukan di sekolah untuk mengembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air:</p><p>1. Lomba Puisi atau Sajak tentang Indonesia: Mengajak siswa untuk menulis puisi atau sajak yang menggambarkan keindahan alam, budaya, atau sejarah Indonesia.</p><p>2. Pentas Seni Budaya: Menyelenggarakan acara seni seperti tarian tradisional, musik daerah, atau teater yang mengangkat tema-tema kebangsaan.</p><p>3. Diskusi Tematis: Mengadakan diskusi atau debat tentang nilai-nilai Pancasila, peran pahlawan nasional, atau isu-isu aktual yang berkaitan dengan Indonesia.</p><p>4. Karya Seni Visual: Mengajak siswa untuk membuat lukisan, patung, atau karya seni lain yang menggambarkan kekayaan alam atau keberagaman budaya Indonesia.</p><p>5. Kunjungan Edukatif: Mengatur kunjungan ke tempat-tempat bersejarah, museum, atau situs alam yang berhubungan dengan sejarah dan kebudayaan Indonesia.</p><p>6. Penulisan Artikel atau Esai: Mengadakan kompetisi menulis artikel atau esai tentang tokoh-tokoh inspiratif Indonesia atau masalah-masalah sosial yang relevan di tanah air.</p><p>7. Festival Makanan Tradisional: Mengadakan acara di mana siswa membawa makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia untuk dibagikan dan dinikmati bersama.</p><p>8. Upacara Bendera Kreatif: Mengadakan upacara bendera yang diisi dengan kegiatan-kegiatan kreatif seperti pembacaan puisi, penyanyian lagu patriotik, atau dramatisasi sejarah.</p>

Berikut beberapa contoh kegiatan kreatif yang bisa dilakukan di sekolah untuk mengembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air:

1. Lomba Puisi atau Sajak tentang Indonesia: Mengajak siswa untuk menulis puisi atau sajak yang menggambarkan keindahan alam, budaya, atau sejarah Indonesia.

2. Pentas Seni Budaya: Menyelenggarakan acara seni seperti tarian tradisional, musik daerah, atau teater yang mengangkat tema-tema kebangsaan.

3. Diskusi Tematis: Mengadakan diskusi atau debat tentang nilai-nilai Pancasila, peran pahlawan nasional, atau isu-isu aktual yang berkaitan dengan Indonesia.

4. Karya Seni Visual: Mengajak siswa untuk membuat lukisan, patung, atau karya seni lain yang menggambarkan kekayaan alam atau keberagaman budaya Indonesia.

5. Kunjungan Edukatif: Mengatur kunjungan ke tempat-tempat bersejarah, museum, atau situs alam yang berhubungan dengan sejarah dan kebudayaan Indonesia.

6. Penulisan Artikel atau Esai: Mengadakan kompetisi menulis artikel atau esai tentang tokoh-tokoh inspiratif Indonesia atau masalah-masalah sosial yang relevan di tanah air.

7. Festival Makanan Tradisional: Mengadakan acara di mana siswa membawa makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia untuk dibagikan dan dinikmati bersama.

8. Upacara Bendera Kreatif: Mengadakan upacara bendera yang diisi dengan kegiatan-kegiatan kreatif seperti pembacaan puisi, penyanyian lagu patriotik, atau dramatisasi sejarah.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Melihat kucing tiba-tiba mengonsumsi rumput menimbulkan rasa kekhawatiran. Tak jarang juga para pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput liar di sekitaran rumah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hal ini dilakukan karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit dengan memuntahkannya. https://bangka.sonora.id Pernyataan berikut yang akan MEMPERKUAT hasil penelitian adalah. * A. Oleh karena mudah dicerna, rumput menjadi makanan sehat bagi kucing B. Kucing yang memiliki usia yang lebih panjang adalah kucing yang muntah setelah memakan rumput C. Kucing memiliki cacing parasit dalam organ pencernaannya akibat memakan rumput D. Pemilik kucing pasti rajin memberikan rumput untuk membersihkan parasit pada kucing E. zemilik kucing mencegah kucingnya untuk memakan rumput karena rumput tidak dapat dicerna kucing

8

0.0

Jawaban terverifikasi

Sekarang kita telah memasuki tahun 1446 H tepatnya di bulan Muharram, bulan pertama yang mengawali penanganan Hijriyah. Ada yang wajib kita sadari bahwa penetapan tahun Hijriyah bukan sekedar memberikan kesan, perubahan dan tanggal. lebih daripada itu, penetapan komentum hijriyah nabi S.A.W dari Mekkah ke yatsrib yang kelak telah menjadi Madinah suatu kota yang menginspirasi, mencerahkan dan berkemajuan seakan memberikan kesan pada kita setiap. Kita melangkah kapanpun itu dan dimanapun itu umat Islam dalam petunjuk yang Allah berikan pada mereka. Kurikulum kehidupan yang dibentuk oleh Allah sempurna pasti memberikan warna-warna yang mencerahkan sehingga dapat merubah suatu yang tertinggal menjadi berkemajuan, merubah suatu yang cenderung jenuh, menjadi sesuatu yang terang dan mencerahkan, merubah suasana yang sulit menjadi lapang inilah ciri khas muslim dengan membawa tuntunan Islam. Hijriyah juga dipahami di hadis nabi S.A.W dalam meninggalkan sesuatu yang kurang baik menuju kepada setiap yang mulia, meninggalkan yang salah dan menuju yang sholeh maka segala yang dilakukan itu dinamakan Muharram, segala sikap negatif disebut Muharram hukumnya haram. Jika kita ingin menjadikan semua itu sebagai landasan dan waktu serta momentum untuk memulai meninggalkan segala yang dilarang maka, secepatnya tambah alif lam di depan Muharram yang jadinya Al Muharram (bulan pertama di tahun Hijriyah) kata Muharram yang bukan sekedar menunjukkan waktu berubah, mengganti bulan, mengganti waktunya tapi esensinya ini memberikan pelajaran yang dalam kepada kita semua. Jika kita ingin berhijrah maka mulailah meninggalkan segala sesuatu yang Allah dan rasulnya larang maka dengan itu akan terbuka peluang-peluang kebaikan yang mampu dilakukan oleh seluruh tubuh kita. tolong text tersebut dirangkum intinya

10

0.0

Jawaban terverifikasi