Intn I

31 Januari 2024 00:31

Iklan

Iklan

Intn I

31 Januari 2024 00:31

Pertanyaan

sebutkan beberapa tindakan manusia yang dapat mengancam kelestarian hewan migran beserta upaya untuk menjaga kelestariannya!


5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

20 Februari 2024 15:01

Jawaban terverifikasi

<p>Hewan migran sering kali mengalami ancaman dari berbagai aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian mereka. Berikut adalah beberapa tindakan manusia yang dapat mengancam kelestarian hewan migran, beserta upaya untuk menjaga kelestarian mereka:</p><p><strong>Ancaman terhadap Hewan Migran:</strong></p><p><strong>Hilangnya Habitat Alami:</strong></p><ul><li>Deforestasi, perubahan penggunaan lahan, dan pembangunan infrastruktur dapat menyebabkan hilangnya habitat yang diperlukan oleh hewan migran.</li></ul><p><strong>Polusi Lingkungan:</strong></p><ul><li>Polusi udara, air, dan tanah dapat merusak kualitas habitat serta dapat membahayakan kesehatan hewan migran.</li></ul><p><strong>Perubahan Iklim:</strong></p><ul><li>Perubahan iklim dapat memengaruhi pola migrasi dan ketersediaan sumber daya yang diperlukan oleh hewan migran.</li></ul><p><strong>Perturbasi Manusia:</strong></p><ul><li>Gangguan oleh aktivitas manusia seperti pembangunan, kebisingan, dan kegiatan rekreasi dapat mengganggu perilaku dan pola migrasi hewan.</li></ul><p><strong>Perburuan dan Perdagangan:</strong></p><ul><li>Perburuan ilegal dan perdagangan hewan liar dapat mengancam populasi hewan migran.</li></ul><p><strong>Upaya untuk Menjaga Kelestarian Hewan Migran:</strong></p><p><strong>Konservasi Habitat:</strong></p><ul><li>Melindungi dan mempertahankan habitat alami yang diperlukan oleh hewan migran, seperti kawasan lindung, taman nasional, dan konservasi lahan.</li></ul><p><strong>Pengelolaan Sumber Daya Alam:</strong></p><ul><li>Mengimplementasikan praktik-praktik pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan untuk memastikan ketersediaan sumber daya yang diperlukan oleh hewan migran.</li></ul><p><strong>Pengendalian Perubahan Iklim:</strong></p><ul><li>Mengurangi emisi gas rumah kaca dan berpartisipasi dalam upaya internasional untuk mengatasi perubahan iklim.</li></ul><p><strong>Pengelolaan Konflik dengan Manusia:</strong></p><ul><li>Mengembangkan kebijakan dan praktik yang mengurangi konflik antara hewan migran dan manusia, seperti pengelolaan konflik manusia-hewan.</li></ul><p><strong>Pencegahan Perburuan dan Perdagangan Ilegal:</strong></p><ul><li>Memperketat pengawasan dan penegakan hukum terhadap perburuan dan perdagangan ilegal hewan migran.</li></ul><p><strong>Penelitian dan Pemantauan:</strong></p><ul><li>Melakukan penelitian untuk memahami perilaku migrasi dan kebutuhan hewan migran, serta melakukan pemantauan terus-menerus untuk mengidentifikasi perubahan dan ancaman potensial.</li></ul><p><strong>Pendidikan dan Kesadaran Masyarakat:</strong></p><ul><li>Meningkatkan kesadaran masyarakat t</li></ul>

Hewan migran sering kali mengalami ancaman dari berbagai aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian mereka. Berikut adalah beberapa tindakan manusia yang dapat mengancam kelestarian hewan migran, beserta upaya untuk menjaga kelestarian mereka:

Ancaman terhadap Hewan Migran:

Hilangnya Habitat Alami:

  • Deforestasi, perubahan penggunaan lahan, dan pembangunan infrastruktur dapat menyebabkan hilangnya habitat yang diperlukan oleh hewan migran.

Polusi Lingkungan:

  • Polusi udara, air, dan tanah dapat merusak kualitas habitat serta dapat membahayakan kesehatan hewan migran.

Perubahan Iklim:

  • Perubahan iklim dapat memengaruhi pola migrasi dan ketersediaan sumber daya yang diperlukan oleh hewan migran.

Perturbasi Manusia:

  • Gangguan oleh aktivitas manusia seperti pembangunan, kebisingan, dan kegiatan rekreasi dapat mengganggu perilaku dan pola migrasi hewan.

Perburuan dan Perdagangan:

  • Perburuan ilegal dan perdagangan hewan liar dapat mengancam populasi hewan migran.

Upaya untuk Menjaga Kelestarian Hewan Migran:

Konservasi Habitat:

  • Melindungi dan mempertahankan habitat alami yang diperlukan oleh hewan migran, seperti kawasan lindung, taman nasional, dan konservasi lahan.

Pengelolaan Sumber Daya Alam:

  • Mengimplementasikan praktik-praktik pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan untuk memastikan ketersediaan sumber daya yang diperlukan oleh hewan migran.

Pengendalian Perubahan Iklim:

  • Mengurangi emisi gas rumah kaca dan berpartisipasi dalam upaya internasional untuk mengatasi perubahan iklim.

Pengelolaan Konflik dengan Manusia:

  • Mengembangkan kebijakan dan praktik yang mengurangi konflik antara hewan migran dan manusia, seperti pengelolaan konflik manusia-hewan.

Pencegahan Perburuan dan Perdagangan Ilegal:

  • Memperketat pengawasan dan penegakan hukum terhadap perburuan dan perdagangan ilegal hewan migran.

Penelitian dan Pemantauan:

  • Melakukan penelitian untuk memahami perilaku migrasi dan kebutuhan hewan migran, serta melakukan pemantauan terus-menerus untuk mengidentifikasi perubahan dan ancaman potensial.

Pendidikan dan Kesadaran Masyarakat:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat t

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tanaman cendana sudah sangat langka, sehingga diperlukan teknik reproduksi tertentu untuk pembudidayaannya. apabila pembudidaya ingin memperoleh bibit dalam jumlah yang banyak dapat dilakukan dengan cara ... A. stek B. iradiasi C. cangkok D. kultur jaringan

4

0.0

Jawaban terverifikasi