Anisa W

08 Juli 2024 02:33

Iklan

Iklan

Anisa W

08 Juli 2024 02:33

Pertanyaan

Sebuah surat berantai dimulai ketika seseorang mengirim sebuah surat kepada 5 orang lainnya. Tiap orang yang menerima surat mengirimkan surat tersebut kepada 5 orang lain yang belum pernah menerima surat tersebut atau kepada orang belum pernah mengirimkannya ke orang lain. Misalkan ada 10.000 orang yang mengirimkan surat tersebut sebelum rantai berakhir. Berapa banyak orang yang menerima surat tersebut dan berapa banyak yang tidak mengirimkannya?


31

2


Iklan

Iklan

Daniel N

08 Juli 2024 03:41

<p><strong>Penyelesaian:</strong></p><p><strong>1. Analisis Awal:</strong></p><ul><li>Dalam surat berantai ini, setiap orang hanya dapat menerima surat <strong>satu kali</strong>.</li><li>Setiap orang yang menerima surat <strong>wajib</strong> untuk <strong>mengirimkan</strong> surat kepada <strong>5 orang lain</strong>.</li><li>Misalkan terdapat <strong>x</strong> orang yang <strong>menerima</strong> surat.</li><li>Berdasarkan aturan surat berantai, <strong>x</strong> orang ini akan <strong>mengirimkan</strong> surat kepada <strong>5x</strong> orang lain.</li></ul><p><strong>2. Menentukan Jumlah Penerima Surat:</strong></p><ul><li>Dari 10.000 orang yang <strong>mengirimkan</strong> surat, terdapat <strong>10.000/5 = 2.000</strong> orang yang merupakan <strong>penerima awal</strong>.</li><li><strong>2.000</strong> orang ini kemudian akan <strong>mengirimkan</strong> surat kepada <strong>10.000</strong> orang lain.</li><li>Dari <strong>10.000</strong> orang yang menerima surat dari <strong>2.000</strong> orang ini, hanya <strong>8.000</strong> orang yang <strong>belum pernah menerima</strong> surat sebelumnya.</li><li><strong>8.000</strong> orang ini kemudian akan <strong>mengirimkan</strong> surat kepada <strong>40.000</strong> orang lain.</li><li>Dari <strong>40.000</strong> orang yang menerima surat dari <strong>8.000</strong> orang ini, hanya <strong>32.000</strong> orang yang <strong>belum pernah menerima</strong> surat sebelumnya.</li></ul><p><strong>Pola:</strong></p><ul><li>Dari setiap <strong>2.000</strong> orang <strong>penerima awal</strong>, terdapat <strong>8.000</strong> orang <strong>penerima baru</strong>.</li><li>Jumlah <strong>penerima baru</strong> pada setiap iterasi <strong>dikalikan dengan 4</strong>.</li></ul><p><strong>3. Menghitung Total Penerima Surat:</strong></p><p><strong>Total penerima surat</strong> dapat dihitung dengan menjumlahkan <strong>penerima awal</strong> dan <strong>penerima baru</strong> pada setiap iterasi.</p><p>Jumlah iterasi dapat dihitung dengan rumus:</p><ul><li>iterasi = log(jumlah surat terkirim) / log(5)</li><li>iterasi = log(10.000) / log(5) ≈ 6.64</li></ul><p><strong>Total penerima awal:</strong> 2.000 orang</p><p><strong>Total penerima baru:</strong></p><ul><li>Iterasi 1: 8.000 orang</li><li>Iterasi 2: 8.000 * 4 = 32.000 orang</li><li>Iterasi 3: 32.000 * 4 = 128.000 orang</li><li>Iterasi 4: 128.000 * 4 = 512.000 orang</li><li>Iterasi 5: 512.000 * 4 = 2.048.000 orang</li><li>Iterasi 6: 2.048.000 * 4 = 8.192.000 orang</li></ul><p><strong>Total penerima surat:</strong> 2.000 + 8.000 + 32.000 + 128.000 + 512.000 + 2.048.000 + 8.192.000 = <strong>10.912.000 orang</strong></p><p><strong>4. Menentukan Jumlah Orang yang Tidak Menerima Surat:</strong></p><ul><li><strong>Jumlah orang</strong> di Indonesia <strong>tidak diketahui</strong> dalam soal ini.</li><li><strong>Oleh karena itu, tidak dapat ditentukan dengan pasti berapa banyak orang yang tidak menerima surat.</strong></li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><ul><li>Dalam skenario soal ini, terdapat <strong>10.912.000</strong> orang yang <strong>menerima</strong> surat berantai.</li><li><strong>Jumlah orang yang tidak menerima surat</strong> tidak dapat ditentukan karena <strong>informasi tentang jumlah populasi</strong> tidak tersedia.</li></ul><p><strong>Catatan:</strong></p><ul><li>Soal ini mengasumsikan bahwa <strong>semua orang</strong> yang menerima surat <strong>akan</strong> <strong>mengirimkannya</strong> kepada <strong>5 orang lain</strong>.</li><li>Dalam kenyataannya, <strong>mungkin tidak semua orang</strong> yang menerima surat <strong>bersedia</strong> <strong>mengirimkannya</strong>.</li><li>&nbsp;</li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>tuneshare</p><p>&nbsp;</p><p>more_vert<strong>Penyelesaian:</strong></p><p><strong>1. Analisis Awal:</strong></p><ul><li>Dalam surat berantai ini, setiap orang hanya dapat menerima surat <strong>satu kali</strong>.</li><li>Setiap orang yang menerima surat <strong>wajib</strong> untuk <strong>mengirimkan</strong> surat kepada <strong>5 orang lain</strong>.</li><li>Misalkan terdapat <strong>x</strong> orang yang <strong>menerima</strong> surat.</li><li>Berdasarkan aturan surat berantai, <strong>x</strong> orang ini akan <strong>mengirimkan</strong> surat kepada <strong>5x</strong> orang lain.</li></ul><p><strong>2. Menentukan Jumlah Penerima Surat:</strong></p><ul><li>Dari 10.000 orang yang <strong>mengirimkan</strong> surat, terdapat <strong>10.000/5 = 2.000</strong> orang yang merupakan <strong>penerima awal</strong>.</li><li><strong>2.000</strong> orang ini kemudian akan <strong>mengirimkan</strong> surat kepada <strong>10.000</strong> orang lain.</li><li>Dari <strong>10.000</strong> orang yang menerima surat dari <strong>2.000</strong> orang ini, hanya <strong>8.000</strong> orang yang <strong>belum pernah menerima</strong> surat sebelumnya.</li><li><strong>8.000</strong> orang ini kemudian akan <strong>mengirimkan</strong> surat kepada <strong>40.000</strong> orang lain.</li><li>Dari <strong>40.000</strong> orang yang menerima surat dari <strong>8.000</strong> orang ini, hanya <strong>32.000</strong> orang yang <strong>belum pernah menerima</strong> surat sebelumnya.</li></ul><p><strong>Pola:</strong></p><ul><li>Dari setiap <strong>2.000</strong> orang <strong>penerima awal</strong>, terdapat <strong>8.000</strong> orang <strong>penerima baru</strong>.</li><li>Jumlah <strong>penerima baru</strong> pada setiap iterasi <strong>dikalikan dengan 4</strong>.</li></ul><p><strong>3. Menghitung Total Penerima Surat:</strong></p><p><strong>Total penerima surat</strong> dapat dihitung dengan menjumlahkan <strong>penerima awal</strong> dan <strong>penerima baru</strong> pada setiap iterasi.</p><p>Jumlah iterasi dapat dihitung dengan rumus:</p><ul><li>iterasi = log(jumlah surat terkirim) / log(5)</li><li>iterasi = log(10.000) / log(5) ≈ 6.64</li></ul><p><strong>Total penerima awal:</strong> 2.000 orang</p><p><strong>Total penerima baru:</strong></p><ul><li>Iterasi 1: 8.000 orang</li><li>Iterasi 2: 8.000 * 4 = 32.000 orang</li><li>Iterasi 3: 32.000 * 4 = 128.000 orang</li><li>Iterasi 4: 128.000 * 4 = 512.000 orang</li><li>Iterasi 5: 512.000 * 4 = 2.048.000 orang</li><li>Iterasi 6: 2.048.000 * 4 = 8.192.000 orang</li></ul><p><strong>Total penerima surat:</strong> 2.000 + 8.000 + 32.000 + 128.000 + 512.000 + 2.048.000 + 8.192.000 = <strong>10.912.000 orang</strong></p><p><strong>4. Menentukan Jumlah Orang yang Tidak Menerima Surat:</strong></p><ul><li><strong>Jumlah orang</strong> di Indonesia <strong>tidak diketahui</strong> dalam soal ini.</li><li><strong>Oleh karena itu, tidak dapat ditentukan dengan pasti berapa banyak orang yang tidak menerima surat.</strong></li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><ul><li>Dalam skenario soal ini, terdapat <strong>10.912.000</strong> orang yang <strong>menerima</strong> surat berantai.</li><li><strong>Jumlah orang yang tidak menerima surat</strong> tidak dapat ditentukan karena <strong>informasi tentang jumlah populasi</strong> tidak tersedia.</li></ul><p><strong>Catatan:</strong></p><ul><li>Soal ini mengasumsikan bahwa <strong>semua orang</strong> yang menerima surat <strong>akan</strong> <strong>mengirimkannya</strong> kepada <strong>5 orang lain</strong>.</li><li>Dalam kenyataannya, <strong>mungkin tidak semua orang</strong> yang menerima surat <strong>bersedia</strong> <strong>mengirimkannya</strong></li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Moga membantu kamu ya Anisa &lt;3</p>

Penyelesaian:

1. Analisis Awal:

  • Dalam surat berantai ini, setiap orang hanya dapat menerima surat satu kali.
  • Setiap orang yang menerima surat wajib untuk mengirimkan surat kepada 5 orang lain.
  • Misalkan terdapat x orang yang menerima surat.
  • Berdasarkan aturan surat berantai, x orang ini akan mengirimkan surat kepada 5x orang lain.

2. Menentukan Jumlah Penerima Surat:

  • Dari 10.000 orang yang mengirimkan surat, terdapat 10.000/5 = 2.000 orang yang merupakan penerima awal.
  • 2.000 orang ini kemudian akan mengirimkan surat kepada 10.000 orang lain.
  • Dari 10.000 orang yang menerima surat dari 2.000 orang ini, hanya 8.000 orang yang belum pernah menerima surat sebelumnya.
  • 8.000 orang ini kemudian akan mengirimkan surat kepada 40.000 orang lain.
  • Dari 40.000 orang yang menerima surat dari 8.000 orang ini, hanya 32.000 orang yang belum pernah menerima surat sebelumnya.

Pola:

  • Dari setiap 2.000 orang penerima awal, terdapat 8.000 orang penerima baru.
  • Jumlah penerima baru pada setiap iterasi dikalikan dengan 4.

3. Menghitung Total Penerima Surat:

Total penerima surat dapat dihitung dengan menjumlahkan penerima awal dan penerima baru pada setiap iterasi.

Jumlah iterasi dapat dihitung dengan rumus:

  • iterasi = log(jumlah surat terkirim) / log(5)
  • iterasi = log(10.000) / log(5) ≈ 6.64

Total penerima awal: 2.000 orang

Total penerima baru:

  • Iterasi 1: 8.000 orang
  • Iterasi 2: 8.000 * 4 = 32.000 orang
  • Iterasi 3: 32.000 * 4 = 128.000 orang
  • Iterasi 4: 128.000 * 4 = 512.000 orang
  • Iterasi 5: 512.000 * 4 = 2.048.000 orang
  • Iterasi 6: 2.048.000 * 4 = 8.192.000 orang

Total penerima surat: 2.000 + 8.000 + 32.000 + 128.000 + 512.000 + 2.048.000 + 8.192.000 = 10.912.000 orang

4. Menentukan Jumlah Orang yang Tidak Menerima Surat:

  • Jumlah orang di Indonesia tidak diketahui dalam soal ini.
  • Oleh karena itu, tidak dapat ditentukan dengan pasti berapa banyak orang yang tidak menerima surat.

Kesimpulan:

  • Dalam skenario soal ini, terdapat 10.912.000 orang yang menerima surat berantai.
  • Jumlah orang yang tidak menerima surat tidak dapat ditentukan karena informasi tentang jumlah populasi tidak tersedia.

Catatan:

  • Soal ini mengasumsikan bahwa semua orang yang menerima surat akan mengirimkannya kepada 5 orang lain.
  • Dalam kenyataannya, mungkin tidak semua orang yang menerima surat bersedia mengirimkannya.
  •  

 

 

 

tuneshare

 

more_vertPenyelesaian:

1. Analisis Awal:

  • Dalam surat berantai ini, setiap orang hanya dapat menerima surat satu kali.
  • Setiap orang yang menerima surat wajib untuk mengirimkan surat kepada 5 orang lain.
  • Misalkan terdapat x orang yang menerima surat.
  • Berdasarkan aturan surat berantai, x orang ini akan mengirimkan surat kepada 5x orang lain.

2. Menentukan Jumlah Penerima Surat:

  • Dari 10.000 orang yang mengirimkan surat, terdapat 10.000/5 = 2.000 orang yang merupakan penerima awal.
  • 2.000 orang ini kemudian akan mengirimkan surat kepada 10.000 orang lain.
  • Dari 10.000 orang yang menerima surat dari 2.000 orang ini, hanya 8.000 orang yang belum pernah menerima surat sebelumnya.
  • 8.000 orang ini kemudian akan mengirimkan surat kepada 40.000 orang lain.
  • Dari 40.000 orang yang menerima surat dari 8.000 orang ini, hanya 32.000 orang yang belum pernah menerima surat sebelumnya.

Pola:

  • Dari setiap 2.000 orang penerima awal, terdapat 8.000 orang penerima baru.
  • Jumlah penerima baru pada setiap iterasi dikalikan dengan 4.

3. Menghitung Total Penerima Surat:

Total penerima surat dapat dihitung dengan menjumlahkan penerima awal dan penerima baru pada setiap iterasi.

Jumlah iterasi dapat dihitung dengan rumus:

  • iterasi = log(jumlah surat terkirim) / log(5)
  • iterasi = log(10.000) / log(5) ≈ 6.64

Total penerima awal: 2.000 orang

Total penerima baru:

  • Iterasi 1: 8.000 orang
  • Iterasi 2: 8.000 * 4 = 32.000 orang
  • Iterasi 3: 32.000 * 4 = 128.000 orang
  • Iterasi 4: 128.000 * 4 = 512.000 orang
  • Iterasi 5: 512.000 * 4 = 2.048.000 orang
  • Iterasi 6: 2.048.000 * 4 = 8.192.000 orang

Total penerima surat: 2.000 + 8.000 + 32.000 + 128.000 + 512.000 + 2.048.000 + 8.192.000 = 10.912.000 orang

4. Menentukan Jumlah Orang yang Tidak Menerima Surat:

  • Jumlah orang di Indonesia tidak diketahui dalam soal ini.
  • Oleh karena itu, tidak dapat ditentukan dengan pasti berapa banyak orang yang tidak menerima surat.

Kesimpulan:

  • Dalam skenario soal ini, terdapat 10.912.000 orang yang menerima surat berantai.
  • Jumlah orang yang tidak menerima surat tidak dapat ditentukan karena informasi tentang jumlah populasi tidak tersedia.

Catatan:

  • Soal ini mengasumsikan bahwa semua orang yang menerima surat akan mengirimkannya kepada 5 orang lain.
  • Dalam kenyataannya, mungkin tidak semua orang yang menerima surat bersedia mengirimkannya

 

 

 

Moga membantu kamu ya Anisa <3


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

08 Juli 2024 07:28

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita dapat menggunakan konsep rantai surat berantai. Pertama, orang pertama mengirimkan surat kepada 5 orang lainnya. Jadi, ada 5 orang yang menerima surat tersebut. Kemudian, setiap orang yang menerima surat tersebut mengirimkannya kepada 5 orang lainnya. Jadi, setiap orang yang menerima surat akan mengirimkannya kepada 5 orang lainnya. Jika kita mengulangi proses ini, kita dapat menghitung jumlah orang yang menerima surat setelah setiap langkah. Langkah 1: 5 orang menerima surat Langkah 2: 5 x 5 = 25 orang menerima surat Langkah 3: 25 x 5 = 125 orang menerima surat Langkah 4: 125 x 5 = 625 orang menerima surat Langkah 5: 625 x 5 = 3125 orang menerima surat Langkah 6: 3125 x 5 = 15625 orang menerima surat Jadi, setelah 6 langkah, total 15625 orang akan menerima surat tersebut. Jumlah orang yang tidak mengirimkan surat adalah 10000 - 15625 = 4375 orang. Jadi, ada 15625 orang yang menerima surat tersebut dan 4375 orang yang tidak mengirimkannya


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1.Bacalah kutipan drama berikut! Abah: "Kalau cari suami harus yang jelas masa depannya, jangan seperti si Kabayan!" Iteung: "Tapi Kang Kabayan mah baik nyaah sama Iteung." Abah: "Baik? Baik apanya? Kalau memang baik pasti suka ngirim uang, paling sedikit ngirim ikan kesenangan Abah. Ikan gurame!" Ambu: "Abah teh kumaha. Apa-apa selalu saja diukur pakai uang." Tokoh Iteung pada kutipan drama tersebut akan lebih menarik jika menggunakan kostum a. celana panjang dan kaos dengan rambut panjang dibiarkan terurai b. celana panjang dan kaos dengan rambut dikepang dua c. kebaya dan celana panjang dengan rambut dibiarkan terurai d. kebaya dan kain dengan rambut di kepang dua 2.Jo : "Hey, jalan yang bener dong!" (keluar dari mobil) Yuda: (tampak terkejut dan menguasai diri) "Maaf Pak." Jo: (melotot) "Maaf, maaf!" (1) Bapak: "Sudahlah Jo, dia sudah minta maaf kok, lagi pula ayah buru- buru nanti terlambat ke kantor." (cepat menyusul keluar dari mobil) Jo : "Tidak bisa, dia harus diberi pela- jaran!" (nyaris melayangkan tinju) (2) Bapak : "Sabar Jo. (melihat kasihan pada Yuda) "Kau pergilah, Nak!" Yuda : "Terima kasih, Pak!" (3) Bapak "Hey, apa yang kau bawa, Nak?" (heran) "Kamu jual lukisan?" Yuda : "lya Pak, ini lukisan kaca." (4) Bapak: "Sungguh baru kali ini aku melihat lukisan kaca, biasanya saya di rumah memajang lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan bulu, dan lain-lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kamu menjual ini?" Yuda: "Yang mana Pak?" (5) Bapak: "Semuanya. Ah sudah jangan bingung, gini aja gimana kalau lukisan itu saya beli lima juta rupiah." Yuda : "Apa? Lima juta!" (6) Bapak: "Apa kurang?" Yuda : "Cu... kup, Pak." Bukti latar waktu dalam kutipan drama tersebut terdapat pada dialog nomor .... a. (1) b. (3) c. (4) d. (6) 3.Perhatikan penggalan drama berikut! "Dari mana saja kau, Badar? Hari sudah petang tapi kau baru pulang," tanya ayah sambil berkacak pinggang. Dialog tersebut diucapkan dengan nada a. keras sambil bercanda b. marah dan serius c. rendah dan penuh tanya d. penuh kasih sayang 4.Cermati kutipan bacaan berikut! "Mohammad-san inilah rumahku." Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, "Ibu! Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?" Bacaan tersebut termasuk teks fiksi karena a. memiliki unsur tema dan tokoh b. bersifat sistematis berdasarkan fakta yang ada c. narasi dan dialog menggunakan ragam bahasa baku d. menggunakan peribahasa untuk membandingkan suatu hal 5.Perhatikan teks berikut! Perkembangan teknologi informatika dalam satu dekade terakhir mengalami lonjakan luar biasa. Munculnya internet memudahkan setiap orang mendapat akses informasi. Tidak hanya sekadar berita, melalui internet orang bisa ber- jualan, memasang iklan, menikmati musik, dan memungkinkan individu mengetahui berbagai peristiwa secara intensif. Berdasarkan wacana tersebut, istilah yang dapat dideretkan dalam indeks dengan tepat adalah a. akses-individu-informatika-informasi- teknologi b. akses-iklan-individu-intensif-internet C. iklan-individu-informasi-intensif-internet d. individu-informasi-intensif-internet-iklan 6.Perhatikan kutipan indeks berikut! Gaib 8 Ilmu Fisika 7 Ilustrasi 57 Imajinasi 59 Implikasi 54 Magnetis 65 Pengetahuan eksakta 46 Pengetahuan keras 47 Pengetahuan lunak 48 Pengetahuan non-eksakta 45 Berikut ini pernyataan yang tidak benar berdasarkan indeks tersebut adalah a. Di halaman 46, kita dapat mempelajari materi pengetahuan keras. b. Materi tentang implikasi dapat kita jumpai di halaman 54. C. Di halaman 45 kita dapat mempelajari pengetahuan non-eksakta d. Pengetahuan eksakta dapat kita pelajari di halaman 46. *kutipan teks drama berikut untuk soal nomor 7 - 9* (1) Mayor: "Berapa lama lagi aku harus menunggu? Lihat semburat matahari sudah terlihat." (sambil menggebrak meja) (2) Kopral: "Sabarlah sedikit, Pak." (3) Mayor "Jangan ditawar lagi." (4) Kopral: "Apanya, Pak?" (5) Mayor: "Kesabarannya! Sejak kemarin kesabaran saya habis. Sabar itu prinsip. Tidak bisa ditawar- tawar, ngerti?" (6) Kopral: "Kalau begitu kuralat ucapanku tadi." (7) Mayor: "Ya, tapi pertanyaanku belum Bung jawab. Berapa lama lagi? Semburat matahari sudah terlihat tu!" 7.Dialog pada kutipan teks drama tersebut yang berisi kramagung ditandai dengan nomor a. (1) b. (3) c. (4) d. (5) 8.Latar disertai bukti nomor pada kutipan drama tersebut adalah .... a.. siang hari, bukti pada dialog nomor (7) b. menjelang maghrib, bukti pada dialog nomor (5) c.pagi hari, bukti pada dialog nomor (7) d. sore hari, bukti pada dialog nomor (1) 9.Amanat yang sesuai dengan kutipan teks drama tersebut adalah .... a. Kemarahan bukanlah cara penyelesaian masalah yang bijak. b. Seorang bawahan tidak sepatutnya melawan atasan sekalipun untuk membela kebenaran. c. Kita harus lebih banyak bersabar menghadapi apa pun. d. Kita harus mengikuti keinginan atasan walaupun tidak sejalan dengannya. *kutipan drama berikut untuk soal nomor 10-13* Fikri: "Hai sobat. Lho ada apa ini? Kamu kok kelihatan sedih?" Bayu: "Enggak. Perasaan kamu saja." Fikri: "Ayolah... Aku kenal kamu dari kecil. Aku bisa tahu kamu sedih, senang, malas, atau marah? Ayo katakan padaku siapa tahu aku bisa membantu." Bayu: "Kamu ini tau aja. Hari ini hari terakhir aku harus membayar SPP. Bapakku masih di luar kota. Ibuku sakit. Aku bingung harus bagaimana." Fikri :"Kenapa harus bingung. Aku bisa membantumu." Bayu: "Maksudmu?" Fikri: "Ya... membantumu. Aku punya uang tabungan dan cukup untuk membayar SPP mu." Bayu: "Wah... enggak ... enggak ... enggak aku tidak bisa menggunakan uang tabunganmu." Fikri: "Ayolah teman... aku tulus... kapan-kapan kamu dapat mengembalikannya." 10. Tema yang digambarkan pada kutipan drama tersebut adalah a. persahabatan antara kedua orang b. tolong-menolong antarteman yang mem- butuhkan c. persahabatan yang didukung oleh kedua orang tua d. masalah ekonomi keluarga yang tak kunjung reda 11.Tokoh Fikri dalam kutipan drama tersebut memiliki watak a. rendah hati b. tinggi hati c. baik hati d. kecil hati 12. Kutipan drama suasana tersebut menceritakan a. haru b. kaget c. kecewa d. sedih 13.(sambil terpogoh-pogoh masuk kamar tamu, Naja menangis) Naja: "Bu, aku sudah tidak kuat lagi kalau begini." Ibu: "Percayalah, Nak, masalah ini akan segera teratasi. Tuhan Maha Pengatur dan Mahabaik." Naja: "Tapi kapan? Kapan? Aku bosan sudah!" Ibu: "Bersabarlah, Nak. Jika sabar, masalah akan terurai satu per satu." (sambil membelai rambut Naja dengan penuh Kesabaran). Dalam struktur teks drama, kutipan tersebut merupakan bagian .... a. orientasi b. resolusi c. komplikasi d. epilog *kutipan buku berikut untuk soal nomor 14 dan 15* Bumi adalah tempat di mana kita, manusia, dan makhluk hidup lainnya berada. Bumi sering disebut juga sebagai planet biru. Kenapa? Karena bumi kalau dilihat dari luar angkasa terlihat dengan warna dominan biru. Tahukah kamu warna biru bumi yang terlihat dari angkasa raya itu? Itu adalah lautan. Karena sekitar 70% permukaan bumi merupakan lautan yang sangat luas. Sisanya 30% merupakan daratan yang tersusun atas dataran, gunung, dan lembah. Bumi juga dikelilingi oleh lapisan atmosfer yang merupakan pelindung bumi. 14. Teks tersebut tergolong sebagai karya nonfiksi karena .... a. berisi cerita karangan manusia b. bersifat informatif dan berisi kenyataan c. berasal dari imajinasi pengarang d. memiliki makna ganda 15. Inti dari kutipan buku tersebut adalah .... a. memaparkan tentang alam dan kerusakannya b. memaparkan secara detail tentang bumi c. menggambarkan tentang jenis-jenis atmosfer d. menjelaskan jenis-jenis planet 16.Bacalah kutipan teks fiksi berikut! Kehidupan keluarga ini sangat sederhana. Ayah dan Ibu setiap hari membanting tulang di ladang, seolah-olah kepala jadi betis, betis jadi kepala demi beberapa mulut yang harus dipenuhi. Orang tua ini ikhlas bekerja dengan tanggung jawab demi keluarga dan anak-anaknya kelak supaya jadi orang. Tak ada rotan akar pun jadi, begitulah kata orang tua itu. Daya tarik cuplikan teks fiksi tersebut tampak pada..... a. konflik dalam cerita b. latar cerita c. gaya bahasa penulis d. tema cerita 17.Perhatikan cuplikan teks berikut! Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. Darah memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. Apabila si ibu mengalami anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian saat melahirkan. Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan. Topik untuk diskusi berdasarkan bacaan tersebut adalah a. manfaat zat besi bagi bayi b. kesehatan ibu dan janin C. anemia sebagai penyakit berbahaya bagi perempuan d. sebab-sebab tingginya kernatian bayi dan anak di Indonesia *indeks berikut untuk soal nomor 18 dan 19* Aliterasi, 89, 93 Amanat, 5, 70 Arbitrer, 3, 65 Artikel, 8, 90 Balada, 25, 75 Drama, 89, 99 Epilog, 34, 36, 74 Fiksi, 3, 25, 90 18. Berdasarkan indeks buku nonfiksi tersebut, kita dapat menemukan istilah epilog di halaman.... a. 3,65 b. 25,75 c. 34, 36, dan 74 d. 3, 25, dan 90 19. Berdasarkan indeks buku tersebut, saat membuka halaman 25 kita dapat menemukan kata .... a. balada dan epilog b. balada dan fiksi c. balada dan drama d. balada

52

1.0

Jawaban terverifikasi

1. Jong Minahasa merupakan organisasi kepemudaan yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Organisasi ini bergerak dibidang a. politik dan pendidikan b. agama dan politik c. kesenian, olahraga, dan budaya d. politik, pendidikan, dan agama 2.Salah satu nilai perjuangan 1945 yang harus dihayati dan dilaksanakan oleh generasi muda adalah...... a. suka berdiskusi b. anti pada orang asing c. rela berkorban d. mempertahankan diri 3. Upaya nyata pembelaan negara bagi para pemuda Indonesia adalah.... a. memperingati sumpah pemuda b. membantu orang tua c. mempertahankan kemerdekaan d. mendirikan organisasi pemuda 4. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah... a. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri b. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air c. melakukan demonstrasi kepada petinggi negara d. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri 5.Dalam rangka untuk pembelaan negara, setiap warga negara memenuhi syarat- syarat tertentu dan dilarang untuk a. mengutamakan kepentingan pribadi dengan mengorbankan negara b. menggunakan hak pribadi dalam menentukan pemilihan pekerjaan c. menolak mobilisasi pada saat negara mendapat ancaman musuh d. memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan 6.Equality before the law mengandung makna a. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang lebih tinggi b. setiap warga negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum c. hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat d. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku 7. Tindakan bela negara yang bisa dilakukan di lingkungan negara adalah a. patuh terhadap nasihat orang tua b. menjadi anggota militer c. mengajak teman mengikuti kegiatan ekstrakurikuler d. menjaga lingkungan sekitar 8.Soetomo seorang tokoh yang penuh dedikasi, berjuang demi bangsa dan negara dengan cara yang damai dan modern. Cara yang dipakai tidak lagi melalui perjuangan fisik. Perjuangannya diubah dari yang sifatnya lokal kedaerahan menjadi terorganisasi. Dikemudian hari terbukti cukup ampuh bahwa dengan kesadaran rasa kebersamaan sebagai satu bangsa, pergerakan kebangsaan ini dapat berhasil. Peran Soetomo dalam membangun semangat dan komitmen kebangsaan adalah a. mengembangkan sifat kesukuan b. mengambangkan sifat individualisme c. mengutamakan kepentingan golongan d. mengutamakan persatuan dan kesatuan 9.Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam rangka bela negara dan bangsa. Hal ini adalah pandangan Indonesia sebagai satu kesatuan a. wilayah b. politik c. pertahanan dan keamanan d. kesatuan ekonomi 10.Menjaga nama baik bangsa dan negara merupakan perwujudan pembelaan bang- sa dan negara yang dapat kita lihat dalam tindakan a. selalu menggunakan produk luar negeri b. selalu mengadakan wisata ke luar negeri c. berkompetisi di bidang olahraga d. mau menjadi warga negara asing 11. Wujud partisipasi siswa dalam usaha bela negara dapat dilakukan melalui a. Milsuk, Wamil, dan Organisasi Pertahanan Wilayah b. Satpam, Satgas, dan Milsuk c. Hansip, Satpam, dan preman d. PMR, PMI dan Tim SAR 12.Salah satu hal yang menjadi alasan demografis tentang pentingnya usaha pembelaan negara adalah.... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia terletak pada posisi silang dunia c. wilayah Indonesia sangat strategis d. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah 13. Alasan historis pentingnya usaha pembelaan negara seperti berikut, kecuali .... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing lebih kurang tiga setengah abad lamanya c. kemerdekaan Indonesia berkat kegigihan perjuangan seluruh rakyatnya d. sejak dahulu banyak negara yang ingin menguasai Indonesia 14. Ancaman terhadap keutuhan Negara Ke- satuan Republik Indonesia yang berasal dari luar negeri seperti berikut, kecuali a. agresi berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara b. pemberontakan bersenjata c. aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh teroris internasional d. disintegrasi bangsa, melalui gerakan- gerakan separatis 15.Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila, Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan UUD 1945 merupakan nilai dasar dari jiwa dan semangat 45. Nilai-nilai 45 lahir dan berkembang dalam perjuangan bangsa Indonesia dan merupakan daya dorong mental spiritual yang kuat untuk mencapai kemerdekaan adalah a. nasionalisme b. chauvinisme c. mudah menyerah d. diskriminasi 16.Generasi muda adalah generasi penerus enbangsa yang memiliki semangat, penuh rasa ingin tahu dan senantiasa menggebu- gebu untuk berjuang karena kelak. melanjutkan cita-cita bangsanya. Namun, semangat generasi muda juga dapat luntur dan hancur. Salah satu faktor penyebab lunturnya semangat kebangsaan generasi muda adalah a. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur b. kurangnya keteladanan dari para pejabat negara di masyarakat c. tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi d. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya

7

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

B. Jawablah soal-soal di bawah ini! Bacalah teks cerita inspiratif di bawah ini dan jawablah pertanyaannya! RAJA DAN KOTA MEGAHYA Alkisah, hiduplah seorang rata yang kaya raya. Pada suatu hari ia memanggil seluruh pakar bangunan, insinyur, dan desainer kita yang ada di dunia. Kepada mereka ia meminta untuk dibuatkan sebuah kota yang paling megah dan paling pindah di seluruh dunia. Pekerjaan pun dimulai. Semua dikerjakan dengan sangat teliti untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Rata tidak menawar harga. Berapa pun biaya yang dibutuhkan ia siap membayarnya. Setelah sekian lama dikerjakan, akhirnya semuanya selesai. Sebuah kota yang teramat megah dan pindah hasil karya para pakar dunia pun tercipta. Memasuki kota itu seperti masuk surga. Raja mengadakan pesta dan mengundang rakyatnya dan tamu-tamu negara. Setiap orang yang datang pasti berdetak kagum menyaksikan karya jagung yang dahsyat dan sempurna itu. Rata pun sangat bangga dan puas karena semua itu berkat kecemerlangan idenya. Rata memerintahkan kepada penjaga agar menandai setiap tamu yang datang tentang celah kekurangan kota yang dibangunnya. Tiba-tiba ada seorang pengunjung rakyat bisa berseloroh. "Ah, seindah apa pun kota ini, tetap tidak sempurna". Mendengar kalimat itu rata tersinggung. Apa lagi yang mengatakannya adalah orang desa yang tidak tahu sama sekali tentang arsitektur kota. “Hai, memang dirimu siapa? Apa maksudmu kota ini tidak sempurna? Coba katakan, apa yang kurang dari karya hebat ini?" "Maafkan, tuan raja. Benar, memang kota yang Anda bangun sangat pindah. Tapi tetap saja mengandung dua cacat". "Apa itu? Sebutkan!" "Pertama, suatu ketika kota ini akan pudar keindahannya, akan rusak, bahkan boleh jadi musnah. Yang kedua, pemilik kota ini juga akan musnah, suatu saat kematian akan menjemputnya. Apakah hal ini bisa dibilang sempurna?" "Aha, memangnya ada yang tak akan rusak dan pemiliknya tak akan mati? Tentu saja ada, Tuan Rata. Yang tak akan rusak adalah kota pindah surganya Allah, dan pemiliknya yaitu Allah, yang tak akan pernah mati. Itulah tempat yang sempurna". "Kau benar, saudaraku. Hamper saja kemewahan dan kemegahan dunia melarikan dan menjerumuskanku. Terima kasih kau telah menyadarkanku". Selanjutnya yang rata memeluk orang yang memberikan usul tersebut. Pertanyaan : 1. Apa ide sang raja itu? 2. Mengapa ia mewujudkan ide tersebut? 3. Apa yang dilakukan raja agar idenya bisa dilaksanakan? 4. Apa yang dilakukan raja setelah idenya terwujud? 5. Apa yang diperintahkan raja kepada setiap tamu yang datang? 6. Mengapa raja melakukan hal tersebut? 7. Siapakah yang memberikan usul? 8. Apakah usulnya tersebut? 9. Siapa saja yang diundang? 10. Di manakah pesta itu diadakan? 11. Kapankah pesta itu dilaksanakan? 12. Bagaimana reaksi raja setelah mendengar salah satu rakyatnya memberikan usul?

2

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah cerita berikut! Mengapa Harus Adil? Aku masih mengingat dengan baik masa kecilku di kampung halaman. Meskipun terlahir dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, aku memiliki begitu banyak kenangan masa kecil yang menggembirakan. Dibesarkan dalam lingkungan Islam tradisional, aku menghabiskan sebagian besar masa kecilku bermain bersama-sama dengan teman-teman sebaya. Aku memiliki 2 orang saudara, seorang adik laki-laki dan seorang lagi adik perempuan. Adik laki-laki meninggal tahun 2000 dalam usia 10 tahun karena bencana banjir. Kami terlahir dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan. Namun, aku cukup bersyukur, karena meskipun bekerja sebagai pegawai biasa dan ibu berdagang, kami bertiga di sekolahkan hingga tingkat atas. Aku bersyukur karena bisa menyelesaikan kuliah sarjana, meskipun ayahku tidak sempat menyaksikan aku berhasil lulus sarjana, karena harus menghadap sang pencipta dalam usia yang masih cukup muda. Semasa hidup, ayahku selalu berpesan untuk selalu berlaku adil, sebagaimana dia memperlakukan dengan adil kami bertiga sejak kecil. Pesannya sederhana yaitu berbuat adil kepada orang lain, maka kamu akan diperlakukan dengan adil oleh orang lain. Ayahku selalu mengajarkan berbuat adil kepada siapa saja, tanpa melihat siapa orang itu. Karena berbuat adil itu kewajiban kita, seperti yang agama kita ajarkan. Berbuat adil, adalah salah satu bentuk kebajikan. Apa sebenarnya adil itu? Lantas, mengapa orang harus berbuat adil? Baik adil kepada diri sendiri, maupun adil kepada orang lain. Ada yang mengatakan bahwa adil berarti sama atau seimbang. Adil berarti memberikan 2 orang jumlah yang sama. Jika misalnya ada 2 orang bersaudara, yang satunya berusia 10 tahun masih duduk di bangku sekolah dasar, sementara yang satunya berusia 20 tahun dan duduk di bangku kuliah, apakah adil jika orang tuanya memberikan uang saku dalam jumlah yang sama? Tentu tidak adil. Mengapa? Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, keperluan yang berbeda, sehingga tidak mungkin menyamakan pemberian kepada setiap orang dikarenakan perbedaan kebutuhan tersebut. Jika ingin berbuat adil, maka sepatutnya kita memberikan sesuatu kepada orang lain sesuai dengan kadar kebutuhannya. Mengapa kita harus adil? Karena adil itu lebih dekat dengan kebajikan, dan ketidakadilan dekat dengan kebatilan. Kita pernah menyaksikan beberapa kasus hukum di negeri ini, di mana hukum bekerja dengan tidak adil. Keadilan menjadi semacam paradoks. Banyak kasus hukum di negeri ini yang justru menjatuhkan hukum kepada orang yang tidak sepatutnya menerima hukuman tersebut. Hukum kemudian menjadi kebatilan bagi orang lain. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks diatas!! 1. Apa pesan yang disampaikan oleh ayah pada cerita di atas? 2. Bagaimana sikap tokoh pada cerita di atas? 3. Bagaimana berlaku adil pada cerita di atas? 4. Mengapa kita harus selalu bersikap adil di mana saja berada dan pada siapa saja? 5. Apa pesan yang terkandung dalam cerita di atas? 6. Apakah hasil dari bersikap adil?

4

5.0

Jawaban terverifikasi

Pilihlah Jawaban Yang Paling Benar 1. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangannya lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi organiasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1928 - 20 Mei 1908 - 2 Mei 1928 2. Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta pada tanggal* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1908 - 5 Oktober 1908 - 28 Oktober 1908 3. Perjuangan melawan penjajah selalu mengalami kegagalan, penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah adalah* - bangsa Indonesia kekurangan pejuang - kuranganya persatuan dan kesatuan - penjajah terlalu banyak jumlahnya - banyak orang Indonesia yang ikut penjajah 4. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah* - W.R. Soepratman - C. Simanjuntak - Muhammad Tabrani - M.H. Thamrin 5. Salah satu pendiri Budi Utomo adalah* - Jokowi - Bung Karno - Dr. Sutomo - Soeharto 6. Sikap positif yang perlu diwujudkan dalam rangka mengisi dan mempertahkan proklamasi Kemerdekaan RI adalah* - Semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk - Semangat tahan derita dan tahan uji - Semangat persatuan dan kesatuan - Semangat opportunitasi yang selalu mementingkan diri sendiri. 7. Setiap tanggal 20 Mei bagi bangsa Indonesia diperingati sebagai hari* - Sumpah pemuda - Kebangkitan nasional - Kemerdekaan Indonesia - Pendidikan Nasional 8. Bentuk penghargaan terhadap para pahlawan bangsa diwujudkan dengan cara* - diteruskan cita-citanya untuk kepentingan bangsa dan Negara - dibuat monumen atau patung pahlawan yang megah - dijadikan nama tempat yang bersejarah - diperingati setiap tahun secara meriah. 9. Contoh sikap patriotisme berbangsa dan bernegara adalah* - bersedia bertugas di daerah terpencil dengan baik - selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa - menyumbangkan harta benda untuk pembangunan - membeli barang barang mewah 10. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena* - Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika - Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat 11. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk* - Menanamkan nasionalisme - Menanamkan kebiasaan baik - Mengenal penciptanya - Agar hafal syair lagunya 12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu* - Bekerja keras - Bekerja cerdas - Menorehkan prestasi di berbagai bidang - Tiada mengenal putus asa 13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta* - Dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain - Dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju - Dapat menjadi negara yang kompetitif - Dapat melawan ketidakadilan dunia 14. Rasa cinta terhadap tanah air disebut juga dengan* - Sukuisme - Nasionalisme - Imprealisme - Rasisme 15. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah* - Cinta bangsa dan tanah air - Sikap rela berkorban - Aktualisasi diri - Bangga dengan produk luar negeri 16. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak* - Lembaran Negara - Surat Kabar Sin Po - Berita Negara - Surat Kabar Kompas 17. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama* - Moh. Hatta - Soeharto - Bung Tomo - Sutomo 18. Lahirnya organisasi kebangsaan di Indonesia mempunyai pengaruh terhadap perubahan bentuk perjuangan bangsa Indonesia yaitu* - Tidak tergantung pada satu pimpinan - Menggunakan persenjataan tradisional - Bersifat lokal kedaerahan - Kurang menggunakan siasat perjuangan diplomasi. 19. Semangat sumpah pemuda bukan hanya menggerakkan pada pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara yang mencapai puncaknya pada...* - 28 Oktober 1945 - 20 Mei 1908 - 17 Agustus 1945 - 18 Agustus 1945 20. Sumpah pemuda merupakan intisari putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia yang dikenal dengan kongres pemuda I dan kongres pemuda II melalui kongres itulah kita bisa mengenal istilah ...* - Bhineka tunggal ika berbeda-beda tetap satu jua - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Satu tanah air, bangsa dan bahasa 21. Awal kebangkitan semangat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa Indonesia ditandai dengan* - Lahirnya Budi Utomo - Tumbangnya Rezim Orde Baru - Dicetuskannya Sumpah Pemuda - Proklamasi Kemerdekaan 22. Peristiwa nasional yang mampu menggerakkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mewujudkan perasaan sebangsa, setanah air, dan berbahasa satu adalah* - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Pergerakan Nasional - Proklamasi Kemerdekaan 23. Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI demi terciptanya persatuan dan kesatuan, seluruh bangsa Indonesia hendaknya dapat menuunjung tinggi nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai tersebut merupakan cerminan nilai Pancasila yang terdapat pada sila* - I - II - III - V 24. Sikap berani dan pantang menyerah seseorang yang ditunjukkan dengan rela berkorban untuk bangsa dan negara demi keutuhan negara disebut sebagai* - Patriotisme - Chauvenisme - Imprealisme - kolonialisme 25. Dari sekian banyak negara yang menjajah bangsa Indonesia, negara mana yang paling lama menjajah Indonesia* - Jepang - Belanda - Portugal - Inggris 26. Berdasarkan hasil Kongres Pemuda I semua organisasi kepemudaan dilebur dalam satu wadah organisasi dengan nama...* - PPM - PPI - PIR - PI 27. Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena hal-hal berikut ini, kecuali...* - Perjuangan menggunakan senjata meriam dan rudal - Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia - Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih - Perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional 28. Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh para pemuda Indonesia memiliki tujuan utama...* - Membantu penduduk yang fakir dan miskin - Menjual hasil rempah rempah kepada belanda, dan keuntunganya untuk kesejahteraan penduduk - Pendidikan dan pengajaran - membantu pihak jepang untuk mengalahkan belanda 29. Hidup di jaman now yang sangat akrab dengan media sosial tentu kita sering membaca HOAX (berita palsu yang menyesatkan) bagaimana sikap anda, Sebagai pelajar yang memahami dan menerapkan nilai nilai Kebangkitan Nasional, harus bersikap* - Membiarkan saja dan ikut menyebarkan - berusaha mencari tahu kebenarannya dengan bertanya kepada guru atau orang tua - Membalas dengan membuat info lain yang menyesatkan - Berusaha menenangkan diri 30. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah* - Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu - Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia - Mempercepat proses kemerdekaan indonesia - Para pemuda makin berani melawan penjajah 31.Berikut ini merupakan katakteristik yang dimiliki oleh budaya Indonesia, kecuali...* - hasil dari budidaya individu - merupakan kebanggan nasional - hasil dari budidaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sebelum tahun 1945 - berasal dari budaya-budaya lokal daerah dan budaya nasional 32. Pembangunan nasional harus didasarkan pada pembangunan karakter dan semangat gotong royong. Hal tersebut merupakan contoh dari tujuan pemajuan budaya, yaitu...* - haluan pembangunan nasional - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - melestarikan warisan budaya Indonesia 33. Dalam pemajuan budaya, hendaknya kebudayaan dilaksanakan dengan semangat kerja sama yang tulus. Hal tersebut merupakan asas.... dalam pemajuan kebudayaan.* - keberlanjutan - kelokalan - keterpaduan - gotong royong 34. Investasi kebudayaan atau pencatatan kebudayaan merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan. Hasil dari pencatatan ini umumnya akan mengalami peningkatan, misalnya pada tahun 2016 tercatat ada 50 warisan budaya tak benda berupa adat istiadat dan ritual di seluruh Indonesia. Ternyata pada tahun 2018 ditemukan lebih banyak lagi yang jumlahnya mencapai 72. Oleh karena itu, dapat disimpulkan kebudayaan Indonesia makin berkembang tiap tahunnya. Hal sesuai dengan salah satu tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - menciptakan masyrakat yang sejahtera - meningkatkan citra bangsa di mata dunia 35. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing dari negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperteguh jati diri bangsa - mewujudkan masyarakat madani - mencerdaskan kehidupan bangsa - memperkaya keberagaman budaya 36. Pemajuan kebudayaan Indonesia harus dilakukan dengan memperhatikan karakteristik daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan penjabaran dari salah satu asas pemajuan kebudayaan, yaitu...* - keberagaman - kelokalan - kesederajatan - keselarasan 37. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemajuan kebudayaan adalah...* - memperteguh jati diri bangsa - mengembangkan nilai luhur bangsa - mewujudkan masyarakat madani - menerima kebudayaan asing sebagai kebudayaan bangsa 38. Anak-anak dari SMP Ruan Raya memainkan permainan tradisional bakiak. Permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi serta kerja sama tim sehingga dapat memupuk karakter anak. Ilustrasi tersebut sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa 39. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Merawat alat musik tradisional (2) Menulis penelitian seputar batik dan memublikasikannya (3) Menggelar lomba robotik (4) Menggeluti hobi fotograi Dari pernyataan tersebut, yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor ….* - 1 dan 2 - 1 dan 3 - 2 dan 3 - 2 dan 4 40. Setiap bangsa memiliki karakteristik budaya masing-masing, termasuk bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya nilai-nilai yang mendasari kebudayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dari - kebudayaanbangsa-bangsalain. Pernyataanyangsesuaidenganparagraf tersebut yaitu...* - budaya nasional memiliki persamaan dan perbedaan dengan budaya bangsa lain - gaya berpakaian dan berbahasa bukan merupakan bagian dari suatu budaya - budaya nasional menjadi identitas dan jati diri yang terdapat pada suatu bangsa budaya nasional dapat tersisih oleh budaya yang terdapat pada bangsa-bangsa lain

8

0.0

Jawaban terverifikasi