Nur A

03 Juni 2024 12:27

Iklan

Iklan

Nur A

03 Juni 2024 12:27

Pertanyaan

Salah satu ukuran yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan mufakat/konsensus adalah?

Salah satu ukuran yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan mufakat/konsensus adalah? 


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

05 Juni 2024 05:08

Jawaban terverifikasi

<p>menyebutkan 5 dasar (basis) dalam pengambilan keputusan, yaitu: (1) intuisi; (2) pengalaman; (3) fakta; (4) wewenang; dan (5) rasional.</p>

menyebutkan 5 dasar (basis) dalam pengambilan keputusan, yaitu: (1) intuisi; (2) pengalaman; (3) fakta; (4) wewenang; dan (5) rasional.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 03:10

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu ukuran yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan mufakat atau konsensus adalah <strong>keterlibatan dan persetujuan mayoritas anggota</strong> yang terlibat dalam proses tersebut. Berikut adalah beberapa prinsip utama yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan mufakat/konsensus:</p><p><strong>Partisipasi Aktif</strong>: Semua anggota kelompok atau masyarakat yang berhak ikut serta dalam proses pengambilan keputusan harus memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dan mengemukakan pandangannya.</p><p><strong>Kesepakatan Bersama</strong>: Keputusan diambil berdasarkan kesepakatan yang dapat diterima oleh semua atau sebagian besar anggota kelompok. Hal ini berarti keputusan tersebut harus mencerminkan pandangan kolektif yang disepakati secara bersama-sama.</p><p><strong>Keterbukaan dan Transparansi</strong>: Proses pengambilan keputusan harus dilakukan secara terbuka dan transparan, sehingga semua anggota mengetahui bagaimana keputusan tersebut dibuat dan apa dasar pertimbangannya.</p><p><strong>Musyawarah</strong>: Diskusi yang mendalam dan musyawarah di antara anggota kelompok sangat penting untuk mencapai mufakat. Musyawarah melibatkan pertukaran ide, argumen, dan pandangan untuk menemukan solusi yang paling menguntungkan bagi semua pihak.</p><p><strong>Kepentingan Bersama</strong>: Keputusan yang diambil harus mempertimbangkan kepentingan bersama dan kesejahteraan seluruh anggota kelompok, bukan hanya kepentingan individu atau kelompok tertentu.</p>

Salah satu ukuran yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan mufakat atau konsensus adalah keterlibatan dan persetujuan mayoritas anggota yang terlibat dalam proses tersebut. Berikut adalah beberapa prinsip utama yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan mufakat/konsensus:

Partisipasi Aktif: Semua anggota kelompok atau masyarakat yang berhak ikut serta dalam proses pengambilan keputusan harus memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dan mengemukakan pandangannya.

Kesepakatan Bersama: Keputusan diambil berdasarkan kesepakatan yang dapat diterima oleh semua atau sebagian besar anggota kelompok. Hal ini berarti keputusan tersebut harus mencerminkan pandangan kolektif yang disepakati secara bersama-sama.

Keterbukaan dan Transparansi: Proses pengambilan keputusan harus dilakukan secara terbuka dan transparan, sehingga semua anggota mengetahui bagaimana keputusan tersebut dibuat dan apa dasar pertimbangannya.

Musyawarah: Diskusi yang mendalam dan musyawarah di antara anggota kelompok sangat penting untuk mencapai mufakat. Musyawarah melibatkan pertukaran ide, argumen, dan pandangan untuk menemukan solusi yang paling menguntungkan bagi semua pihak.

Kepentingan Bersama: Keputusan yang diambil harus mempertimbangkan kepentingan bersama dan kesejahteraan seluruh anggota kelompok, bukan hanya kepentingan individu atau kelompok tertentu.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perubahan muka Bumi yang terjadi karenatenaga endogen diikuti dengan gempa. Inilahsalah satu bukti adanya tenaga-tenaga dari dalam Bumi. Bahkan dalam aktivitas vulkanisme, frekuensiterjadinya gempa menjadi indikator tingkat keaktifan suatu gunung api. Hal tersebut terjadikarena A.Adanya gerakan ekplosif B.adanya intrusi magma C.adanya gerakan efusi D.proses ekstrusi magma

5

0.0

Jawaban terverifikasi