CALLYSTA H

20 Februari 2024 01:25

Iklan

Iklan

CALLYSTA H

20 Februari 2024 01:25

Pertanyaan

potensi sumber daya alam adalah

potensi sumber daya alam adalah


16

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

20 Februari 2024 04:30

Jawaban terverifikasi

<p><br>Potensi sumber daya alam adalah kekayaan alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya alam ini dapat berupa:</p><ul><li><strong>Sumber daya alam hayati:</strong> seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme</li><li><strong>Sumber daya alam non-hayati:</strong> seperti air, udara, mineral, dan bahan bakar fosil.</li></ul><p>Sumber daya alam dapat diklasifikasikan sebagai:</p><ul><li><strong>Sumber daya alam yang dapat diperbarui:</strong> seperti air, udara, dan tumbuhan.</li><li><strong>Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui:</strong> seperti mineral dan bahan bakar fosil.</li></ul><p>Potensi sumber daya alam suatu negara tergantung pada:</p><ul><li><strong>Lokasi geografis:</strong> Negara yang terletak di daerah tropis umumnya memiliki lebih banyak sumber daya alam hayati dibandingkan dengan negara yang terletak di daerah kutub.</li><li><strong>Kondisi geologi:</strong> Negara yang memiliki banyak gunung dan mineral memiliki potensi sumber daya alam non-hayati yang lebih besar.</li><li><strong>Tingkat teknologi:</strong> Negara yang memiliki teknologi yang lebih maju dapat memanfaatkan sumber daya alamnya dengan lebih efisien.</li></ul><p>Penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya alam ini dapat terus digunakan oleh generasi mendatang.</p><p>Berikut adalah beberapa contoh penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan:</p><ul><li><strong>Penggunaan energi terbarukan:</strong> seperti energi matahari, angin, dan air.</li><li><strong>Penggunaan kembali dan daur ulang:</strong> untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan.</li><li><strong>Pengelolaan hutan yang berkelanjutan:</strong> untuk memastikan bahwa hutan terus tumbuh dan berkembang.</li></ul><p>Dengan menggunakan sumber daya alam secara berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa sumber daya alam ini akan terus tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia di masa depan.</p>


Potensi sumber daya alam adalah kekayaan alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya alam ini dapat berupa:

  • Sumber daya alam hayati: seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme
  • Sumber daya alam non-hayati: seperti air, udara, mineral, dan bahan bakar fosil.

Sumber daya alam dapat diklasifikasikan sebagai:

  • Sumber daya alam yang dapat diperbarui: seperti air, udara, dan tumbuhan.
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: seperti mineral dan bahan bakar fosil.

Potensi sumber daya alam suatu negara tergantung pada:

  • Lokasi geografis: Negara yang terletak di daerah tropis umumnya memiliki lebih banyak sumber daya alam hayati dibandingkan dengan negara yang terletak di daerah kutub.
  • Kondisi geologi: Negara yang memiliki banyak gunung dan mineral memiliki potensi sumber daya alam non-hayati yang lebih besar.
  • Tingkat teknologi: Negara yang memiliki teknologi yang lebih maju dapat memanfaatkan sumber daya alamnya dengan lebih efisien.

Penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya alam ini dapat terus digunakan oleh generasi mendatang.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan:

  • Penggunaan energi terbarukan: seperti energi matahari, angin, dan air.
  • Penggunaan kembali dan daur ulang: untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan.
  • Pengelolaan hutan yang berkelanjutan: untuk memastikan bahwa hutan terus tumbuh dan berkembang.

Dengan menggunakan sumber daya alam secara berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa sumber daya alam ini akan terus tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia di masa depan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

20 Februari 2024 10:12

Jawaban terverifikasi

<p>Potensi sumber daya alam meliputi berbagai aset seperti mineral, hutan, air, udara, dan energi. Keberagaman ini memberikan kesempatan untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, namun juga menuntut pengelolaan yang berkelanjutan untuk mencegah degradasi lingkungan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Potensi sumber daya alam meliputi berbagai aset seperti mineral, hutan, air, udara, dan energi. Keberagaman ini memberikan kesempatan untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, namun juga menuntut pengelolaan yang berkelanjutan untuk mencegah degradasi lingkungan.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

yang perlu di perhatikan dalam mempersiapkan pergelaran adalah

0

5.0

Jawaban terverifikasi