Irhamduwila I

30 Januari 2024 04:26

Iklan

Iklan

Irhamduwila I

30 Januari 2024 04:26

Pertanyaan

Pembentukan lbb-bi sebagai perang Dunia -liga bangsa bangsa ( lbb) - Perserikatan Bangsa bangsa( PBB) di jwb yh kk sekarang


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 06:54

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Liga Bangsa-Bangsa (LBB):</strong></p><p><strong>Pembentukan:</strong></p><ul><li>Liga Bangsa-Bangsa didirikan pada 10 Januari 1920, sebagai hasil dari Perjanjian Versailles setelah berakhirnya Perang Dunia I.</li></ul><p><strong>Tujuan Utama:</strong></p><ul><li>Tujuan LBB adalah mencegah terjadinya konflik internasional dan menjaga perdamaian dunia. Liga ini juga bertujuan untuk menyelesaikan sengketa antara negara anggota melalui diplomasi.</li></ul><p><strong>Struktur:</strong></p><ul><li>Liga ini memiliki Sekretariat dan Majelis Umum. Negara-negara anggota memiliki hak untuk menyampaikan sengketa dan membahas masalah di Majelis Umum.</li></ul><p><strong>Kelemahan:</strong></p><ul><li>Meskipun memiliki tujuan mulia, LBB mengalami kelemahan signifikan, terutama ketidakpartisipan beberapa negara besar seperti Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Jerman. Kelemahan ini menyebabkan ketidakmampuan liga dalam mengatasi krisis dan mencegah pecahnya Perang Dunia II.</li></ul><p><strong>Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB):</strong></p><p><strong>Pembentukan:</strong></p><ul><li>Perserikatan Bangsa-Bangsa didirikan pada 24 Oktober 1945, setelah berakhirnya Perang Dunia II. Deklarasi PBB disahkan melalui Piagam PBB di San Francisco.</li></ul><p><strong>Tujuan Utama:</strong></p><ul><li>PBB memiliki tujuan yang serupa dengan LBB, yaitu mencegah terjadinya konflik internasional, memelihara perdamaian dan keamanan dunia, dan bekerja sama dalam pengembangan sosial dan ekonomi.</li></ul><p><strong>Struktur:</strong></p><ul><li>PBB terdiri dari Majelis Umum, Dewan Keamanan, Sekretariat, Mahkamah Internasional, dan lembaga-lembaga khusus seperti UNESCO dan UNICEF. Dewan Keamanan bertanggung jawab atas pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional.</li></ul><p><strong>Perbedaan:</strong></p><ul><li>Salah satu perbedaan utama antara LBB dan PBB adalah keterlibatan lebih luas dan kuat PBB dengan dukungan dari sebagian besar negara di dunia, termasuk keanggotaan yang lebih luas dan partisipasi aktif dalam menjaga perdamaian dan keamanan dunia.</li></ul>

Liga Bangsa-Bangsa (LBB):

Pembentukan:

  • Liga Bangsa-Bangsa didirikan pada 10 Januari 1920, sebagai hasil dari Perjanjian Versailles setelah berakhirnya Perang Dunia I.

Tujuan Utama:

  • Tujuan LBB adalah mencegah terjadinya konflik internasional dan menjaga perdamaian dunia. Liga ini juga bertujuan untuk menyelesaikan sengketa antara negara anggota melalui diplomasi.

Struktur:

  • Liga ini memiliki Sekretariat dan Majelis Umum. Negara-negara anggota memiliki hak untuk menyampaikan sengketa dan membahas masalah di Majelis Umum.

Kelemahan:

  • Meskipun memiliki tujuan mulia, LBB mengalami kelemahan signifikan, terutama ketidakpartisipan beberapa negara besar seperti Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Jerman. Kelemahan ini menyebabkan ketidakmampuan liga dalam mengatasi krisis dan mencegah pecahnya Perang Dunia II.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB):

Pembentukan:

  • Perserikatan Bangsa-Bangsa didirikan pada 24 Oktober 1945, setelah berakhirnya Perang Dunia II. Deklarasi PBB disahkan melalui Piagam PBB di San Francisco.

Tujuan Utama:

  • PBB memiliki tujuan yang serupa dengan LBB, yaitu mencegah terjadinya konflik internasional, memelihara perdamaian dan keamanan dunia, dan bekerja sama dalam pengembangan sosial dan ekonomi.

Struktur:

  • PBB terdiri dari Majelis Umum, Dewan Keamanan, Sekretariat, Mahkamah Internasional, dan lembaga-lembaga khusus seperti UNESCO dan UNICEF. Dewan Keamanan bertanggung jawab atas pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional.

Perbedaan:

  • Salah satu perbedaan utama antara LBB dan PBB adalah keterlibatan lebih luas dan kuat PBB dengan dukungan dari sebagian besar negara di dunia, termasuk keanggotaan yang lebih luas dan partisipasi aktif dalam menjaga perdamaian dan keamanan dunia.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

16 Februari 2024 12:49

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan kamu berkaitan dengan sejarah, khususnya pembentukan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penjelasan: 1. Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dibentuk setelah berakhirnya Perang Dunia I pada tahun 1919. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah perang dan konflik internasional. Namun, LBB tidak berhasil mencegah terjadinya Perang Dunia II. 2. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, muncul kebutuhan untuk membentuk organisasi internasional baru yang lebih efektif. Maka, pada tanggal 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) resmi dibentuk. Piagam PBB menjadi cikal bakal lahirnya organisasi ini. Dalam piagam tersebut ditetapkan instrumen yang membentuk organisasi, mulai dari hak dan kewajiban negara anggota, hingga prosedur perserikatan bangsa-bangsa. Kesimpulan: Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dibentuk setelah Perang Dunia I dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dibentuk setelah Perang Dunia II. Piagam PBB menjadi cikal bakal lahirnya PBB. Semoga penjelasan ini membantu kamu πŸ™‚.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

ASEAN merupakan organisasi kerja sama antar negara. Pembentukan ASEAN disebabkan adanya kesamaan latar belakang negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Analisislah berbagai persamaan latar belakang pembentukan ASEAN!

11

0.0

Jawaban terverifikasi