HIKMAL M

27 Juni 2024 13:22

Iklan

Iklan

HIKMAL M

27 Juni 2024 13:22

Pertanyaan

Munculnya aliansi militer baru yang diciptakan oleh negara-negara adidaya dimaksudkan untuk (A) sarana pamer kekuatan militer (B) alat penjajahan baru di Asia dan Afrika (C) antisipasi kemungkinan Perang Dunia III (D) balance of power policy (penyeimban kekuatan) (E) menekan sisa-sisa kekuatan NAZI yang masih ada

Munculnya aliansi militer baru yang diciptakan oleh negara-negara adidaya dimaksudkan untuk

(A) sarana pamer kekuatan militer

(B) alat penjajahan baru di Asia dan Afrika

(C) antisipasi kemungkinan Perang Dunia III 

(D) balance of power policy (penyeimban kekuatan) 

(E) menekan sisa-sisa kekuatan NAZI yang masih ada


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

28 Juni 2024 10:38

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang paling tepat adalah:</p><p>(D) balance of power policy (penyeimbangan kekuatan)</p><p>Aliansi militer sering kali dibentuk oleh negara-negara adidaya untuk menjaga keseimbangan kekuatan global dan mencegah dominasi oleh satu pihak tertentu.</p>

Jawaban yang paling tepat adalah:

(D) balance of power policy (penyeimbangan kekuatan)

Aliansi militer sering kali dibentuk oleh negara-negara adidaya untuk menjaga keseimbangan kekuatan global dan mencegah dominasi oleh satu pihak tertentu.


Iklan

Iklan

Raul I

01 Juli 2024 14:33

Jawaban terverifikasi

<p>Munculnya aliansi militer baru yang diciptakan oleh negara-negara adidaya biasanya bertujuan untuk <strong>D.balance of power policy</strong> (penyeimbang kekuatan). Aliansi semacam ini seringkali muncul sebagai respons terhadap perubahan geopolitik, ancaman bersama, atau kepentingan strategis. Dengan bekerja sama, negara-negara adidaya berusaha mempertahankan keseimbangan kekuatan di dunia internasional.</p><p>&nbsp;</p><p>Alasan-alasannya:</p><ul><li><strong>Sejarah:</strong> Aliansi militer seperti NATO dan Pakta Warsawa dibentuk selama Perang Dingin sebagai strategi <strong>keseimbangan kekuatan</strong> untuk melawan pengaruh dan kekuatan militer negara adidaya lainnya.</li><li><strong>Ketegangan geopolitik:</strong> Saat ini, ketegangan geopolitik antara negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat,China, dan Rusia mendorong pembentukan aliansi militer baru. Aliansi ini bertujuan untuk <strong>menyeimbangkan kekuatan</strong> dan melindungi kepentingan nasional mereka.</li><li><strong>Penanggulangan ancaman:</strong> Aliansi militer baru juga dapat dibentuk untuk <strong>menanggulangi ancaman bersama</strong>,seperti terorisme, proliferasi nuklir, atau agresi dari negara lain.</li><li><strong>Pencegahan konflik:</strong> Dengan menunjukkan kekuatan militer yang bersatu, aliansi militer baru dapat <strong>mencegah terjadinya konflik</strong> antar negara adidaya.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Pilihan jawaban lain <strong>kurang tepat</strong> karena:</p><ul><li><strong>(A) Sarana pamer kekuatan militer:</strong> Meskipun aliansi militer baru dapat menunjukkan kekuatan militer negara-negara adidaya, ini bukan tujuan utama pembentukannya.</li><li><strong>(B) Alat penjajahan baru di Asia dan Afrika:</strong> Aliansi militer baru umumnya tidak terkait dengan penjajahan.Fokusnya adalah pada <strong>keseimbangan kekuatan</strong> dan keamanan regional.</li><li><strong>(C) Antisipasi kemungkinan Perang Dunia III:</strong> Pembentukan aliansi militer baru tidak selalu berarti bahwa negara-negara adidaya sedang mempersiapkan Perang Dunia III.</li><li><strong>(E) Menekan sisa-sisa kekuatan NAZI:</strong> NAZI telah dikalahkan pada akhir Perang Dunia II dan tidak lagi menjadi ancaman.</li></ul>

Munculnya aliansi militer baru yang diciptakan oleh negara-negara adidaya biasanya bertujuan untuk D.balance of power policy (penyeimbang kekuatan). Aliansi semacam ini seringkali muncul sebagai respons terhadap perubahan geopolitik, ancaman bersama, atau kepentingan strategis. Dengan bekerja sama, negara-negara adidaya berusaha mempertahankan keseimbangan kekuatan di dunia internasional.

 

Alasan-alasannya:

  • Sejarah: Aliansi militer seperti NATO dan Pakta Warsawa dibentuk selama Perang Dingin sebagai strategi keseimbangan kekuatan untuk melawan pengaruh dan kekuatan militer negara adidaya lainnya.
  • Ketegangan geopolitik: Saat ini, ketegangan geopolitik antara negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat,China, dan Rusia mendorong pembentukan aliansi militer baru. Aliansi ini bertujuan untuk menyeimbangkan kekuatan dan melindungi kepentingan nasional mereka.
  • Penanggulangan ancaman: Aliansi militer baru juga dapat dibentuk untuk menanggulangi ancaman bersama,seperti terorisme, proliferasi nuklir, atau agresi dari negara lain.
  • Pencegahan konflik: Dengan menunjukkan kekuatan militer yang bersatu, aliansi militer baru dapat mencegah terjadinya konflik antar negara adidaya.

 

Pilihan jawaban lain kurang tepat karena:

  • (A) Sarana pamer kekuatan militer: Meskipun aliansi militer baru dapat menunjukkan kekuatan militer negara-negara adidaya, ini bukan tujuan utama pembentukannya.
  • (B) Alat penjajahan baru di Asia dan Afrika: Aliansi militer baru umumnya tidak terkait dengan penjajahan.Fokusnya adalah pada keseimbangan kekuatan dan keamanan regional.
  • (C) Antisipasi kemungkinan Perang Dunia III: Pembentukan aliansi militer baru tidak selalu berarti bahwa negara-negara adidaya sedang mempersiapkan Perang Dunia III.
  • (E) Menekan sisa-sisa kekuatan NAZI: NAZI telah dikalahkan pada akhir Perang Dunia II dan tidak lagi menjadi ancaman.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dominasi Amerika Serikat dan Uni Soviet pada masa Perang Dingin memicu munculnya aliansi-aliansi. Pembentukan aliansi tersebut bertujuan.... A.Mempermudah pengawasan negara anggota B.Meningkatkan hubungan diplomasi C.Memperluas daerah kekuasaan D.Memperkuat pertahanan militer E.Menyebarkan ideologi politik

3

5.0

Jawaban terverifikasi