Azkiyah Z

28 Mei 2024 13:36

Iklan

Iklan

Azkiyah Z

28 Mei 2024 13:36

Pertanyaan

Nomor 6 Sistem kekebalam bawaan selalu ditemukan pada setiap individu yang sehat. Bioproses berikut yang bukan merupakan sistem kekebalan bawaan adalah a. Fagositosis bakteri dan patogen lainnya oleh sel darah putih b. Penghancuran mikroorganisme yang ikut tertelan oleh asam lambung c. Resistensi kulit terhadap invasi mikroorganisme patogen d. Penghancuran dinding sel bakteri oleh senyawa polisakarida mukolitik e. Penghancuran partikel atau zat asing oleh sel limfosit T teraktivasi


35

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dea K

28 Mei 2024 16:34

Jawaban terverifikasi

<p>Sistem kekebalan bawaan adalah sistem pertahanan tubuh yang kita miliki sejak lahir. Namun, proses <strong>e</strong>. <strong>Penghancuran partikel atau zat asing oleh sel limfosit T teraktivasi</strong> <u>bukan </u>bagian dari sistem kekebalan bawaan, dan termasuk bagian dari sistem kekebalan adaptif yang merupakan sistem pertahanan tubuh yang belajar dan beradaptasi sepanjang hidup kita. Sel limfosit T adalah bagian penting dari sistem ini, dan mereka membantu melawan infeksi dengan menghancurkan sel-sel yang terinfeksi atau abnormal.</p>

Sistem kekebalan bawaan adalah sistem pertahanan tubuh yang kita miliki sejak lahir. Namun, proses e. Penghancuran partikel atau zat asing oleh sel limfosit T teraktivasi bukan bagian dari sistem kekebalan bawaan, dan termasuk bagian dari sistem kekebalan adaptif yang merupakan sistem pertahanan tubuh yang belajar dan beradaptasi sepanjang hidup kita. Sel limfosit T adalah bagian penting dari sistem ini, dan mereka membantu melawan infeksi dengan menghancurkan sel-sel yang terinfeksi atau abnormal.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

30 Mei 2024 20:20

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk memahami mana dari opsi yang tidak termasuk dalam sistem kekebalan bawaan, kita perlu mengidentifikasi karakteristik dari masing-masing mekanisme yang disebutkan.</p><p><strong>Fagositosis bakteri dan patogen lainnya oleh sel darah putih</strong>:</p><ul><li>Ini adalah bagian dari sistem kekebalan bawaan. Sel darah putih seperti neutrofil dan makrofag terlibat dalam menelan dan menghancurkan patogen.</li></ul><p><strong>Penghancuran mikroorganisme yang ikut tertelan oleh asam lambung</strong>:</p><ul><li>Asam lambung adalah mekanisme pertahanan pertama yang membunuh banyak mikroorganisme yang masuk ke tubuh melalui makanan dan minuman, juga termasuk dalam sistem kekebalan bawaan.</li></ul><p><strong>Resistensi kulit terhadap invasi mikroorganisme patogen</strong>:</p><ul><li>Kulit berfungsi sebagai penghalang fisik yang mencegah masuknya mikroorganisme patogen, bagian dari sistem kekebalan bawaan.</li></ul><p><strong>Penghancuran dinding sel bakteri oleh senyawa polisakarida mukolitik</strong>:</p><ul><li>Mukus dan berbagai enzim dalam sekresi tubuh seperti lisozim (yang menghancurkan dinding sel bakteri) adalah bagian dari sistem kekebalan bawaan.</li></ul><p><strong>Penghancuran partikel atau zat asing oleh sel limfosit T teraktivasi</strong>:</p><ul><li>Ini adalah bagian dari sistem kekebalan adaptif. Limfosit T teraktivasi merupakan bagian dari respon imun yang spesifik dan membutuhkan proses pengenalan antigen terlebih dahulu.</li></ul><p>Jadi, <strong>bioproses yang bukan merupakan bagian dari sistem kekebalan bawaan adalah:</strong></p><p>e. Penghancuran partikel atau zat asing oleh sel limfosit T teraktivasi.</p>

Untuk memahami mana dari opsi yang tidak termasuk dalam sistem kekebalan bawaan, kita perlu mengidentifikasi karakteristik dari masing-masing mekanisme yang disebutkan.

Fagositosis bakteri dan patogen lainnya oleh sel darah putih:

  • Ini adalah bagian dari sistem kekebalan bawaan. Sel darah putih seperti neutrofil dan makrofag terlibat dalam menelan dan menghancurkan patogen.

Penghancuran mikroorganisme yang ikut tertelan oleh asam lambung:

  • Asam lambung adalah mekanisme pertahanan pertama yang membunuh banyak mikroorganisme yang masuk ke tubuh melalui makanan dan minuman, juga termasuk dalam sistem kekebalan bawaan.

Resistensi kulit terhadap invasi mikroorganisme patogen:

  • Kulit berfungsi sebagai penghalang fisik yang mencegah masuknya mikroorganisme patogen, bagian dari sistem kekebalan bawaan.

Penghancuran dinding sel bakteri oleh senyawa polisakarida mukolitik:

  • Mukus dan berbagai enzim dalam sekresi tubuh seperti lisozim (yang menghancurkan dinding sel bakteri) adalah bagian dari sistem kekebalan bawaan.

Penghancuran partikel atau zat asing oleh sel limfosit T teraktivasi:

  • Ini adalah bagian dari sistem kekebalan adaptif. Limfosit T teraktivasi merupakan bagian dari respon imun yang spesifik dan membutuhkan proses pengenalan antigen terlebih dahulu.

Jadi, bioproses yang bukan merupakan bagian dari sistem kekebalan bawaan adalah:

e. Penghancuran partikel atau zat asing oleh sel limfosit T teraktivasi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Fungsi sistem pertahanan tubuh adalah sebagai berikut, kecuali .... A. Pertahanan melawan invasi patogen (mikroorganisme penyebab penyakit) B. Melindungi tubuh terhadap suatu agen dari lingkungan eksternal dari tumbuhan dan hewan serta zat kimia C. Membuka jalan untuk penyembuhan luka dan perbaikan jaringan D. Mengidentifikasi dan menghancurkan sel-sel abnormal yang berasal dari dalam tubuh E. Mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh

2

0.0

Jawaban terverifikasi