Mufid A

18 Mei 2024 06:49

Iklan

Iklan

Mufid A

18 Mei 2024 06:49

Pertanyaan

Mohon bantuannya

Mohon bantuannya

alt
alt

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Mei 2024 02:52

Jawaban terverifikasi

【Tips】 Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui sejarah Kerajaan Mataram Islam dan tindakan yang dilakukan oleh Sutawijaya (juga dikenal sebagai Panembahan Senopati) untuk memperluas kekuasaannya. 【Deskripsi】 1) Memperluas wilayah kekuasaan Mataram Islam ke timur seperti Surabaya dan Kedu: Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Sutawijaya untuk memperkuat kekuasaan Mataram Islam. Dengan menguasai wilayah-wilayah strategis seperti Surabaya dan Kedu, Mataram Islam dapat mengendalikan jalur perdagangan dan memperkuat posisinya di Jawa. 2) Memindahkan semua pusaka dari Pajang ke Mataram Islam: Pusaka adalah simbol kekuasaan dan keberlanjutan kerajaan. Dengan memindahkan pusaka dari Pajang, Sutawijaya menunjukkan bahwa Mataram Islam adalah penerus sah dari Kerajaan Pajang dan memiliki legitimasi untuk memerintah. 3) Menjadikan Banten sebagai kerajaan taklukan selanjutnya: Ini mungkin bukan prioritas utama Sutawijaya. Meskipun Banten adalah target ekspansi, namun fokus utama Sutawijaya adalah mengkonsolidasikan kekuasaannya di Jawa. 4) Menguasai perdagangan Nusantara yang selama ini dikuasai VOC dan Portugis: Ini adalah tujuan jangka panjang. Mengendalikan perdagangan Nusantara berarti mengendalikan sumber daya ekonomi dan kekayaan. Namun, menghadapi VOC dan Portugis bukanlah tugas yang mudah. Berdasarkan informasi di atas, tindakan yang dilakukan oleh Sutawijaya untuk menjadikan Kerajaan Mataram Islam menjadi kerajaan besar ditunjukkan oleh nomor 1 dan 2. Jawaban: 1 dan 2. 【Tips】 Dalam memahami sejarah, penting untuk memahami konteks dan prioritas pemimpin pada waktu itu. Sutawijaya, sebagai pendiri Mataram Islam, memiliki visi untuk memperkuat kerajaannya dan mengendalikan wilayah strategis di Jawa.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

Dijawab 4 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk menjadikan Kerajaan Mataram Islam menjadi kerajaan besar, Sutawijaya melakukan beberapa langkah strategis. Mari kita analisis pernyataan-pernyataan yang diberikan:</p><p><strong>Memperluas wilayah kekuasaan Mataram Islam ke timur seperti Surabaya dan Kedu</strong>: Langkah ini akan memperluas wilayah kekuasaan Mataram, sehingga wilayahnya semakin luas dan kuat.</p><p><strong>Memindahkan semua pusaka dari Pajang ke Kerajaan Mataram Islam</strong>: Dengan memindahkan pusaka dari Pajang ke Mataram, Sutawijaya mengkonsolidasikan kekuatan politik dan simbol kekuasaan di tangan Mataram.</p><p><strong>Menjadikan Banten sebagai kerajaan taklukkan selanjutnya</strong>: Memasukkan Banten ke dalam kekuasaan Mataram akan memperluas pengaruh dan sumber daya kerajaan.</p><p><strong>Mengusai perdagangan Nusantara yang selama ini dikuasai VOC dan Portugis</strong>: Mengendalikan perdagangan Nusantara akan memberikan sumber pendapatan yang besar dan kekuatan ekonomi bagi Mataram.</p><p>Berdasarkan analisis ini, langkah-langkah yang dilakukan oleh Sutawijaya untuk menjadikan Kerajaan Mataram Islam menjadi kerajaan besar adalah <strong>(1) dan (3)</strong>:</p><ul><li>(1) Memperluas wilayah kekuasaan Mataram Islam ke timur seperti Surabaya dan Kedu.</li><li>(3) Menjadikan Banten sebagai kerajaan taklukkan selanjutnya.</li></ul><p>Opsi yang sesuai dengan langkah-langkah ini adalah <strong>b. (1) dan (3)</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Untuk menjadikan Kerajaan Mataram Islam menjadi kerajaan besar, Sutawijaya melakukan beberapa langkah strategis. Mari kita analisis pernyataan-pernyataan yang diberikan:

Memperluas wilayah kekuasaan Mataram Islam ke timur seperti Surabaya dan Kedu: Langkah ini akan memperluas wilayah kekuasaan Mataram, sehingga wilayahnya semakin luas dan kuat.

Memindahkan semua pusaka dari Pajang ke Kerajaan Mataram Islam: Dengan memindahkan pusaka dari Pajang ke Mataram, Sutawijaya mengkonsolidasikan kekuatan politik dan simbol kekuasaan di tangan Mataram.

Menjadikan Banten sebagai kerajaan taklukkan selanjutnya: Memasukkan Banten ke dalam kekuasaan Mataram akan memperluas pengaruh dan sumber daya kerajaan.

Mengusai perdagangan Nusantara yang selama ini dikuasai VOC dan Portugis: Mengendalikan perdagangan Nusantara akan memberikan sumber pendapatan yang besar dan kekuatan ekonomi bagi Mataram.

Berdasarkan analisis ini, langkah-langkah yang dilakukan oleh Sutawijaya untuk menjadikan Kerajaan Mataram Islam menjadi kerajaan besar adalah (1) dan (3):

  • (1) Memperluas wilayah kekuasaan Mataram Islam ke timur seperti Surabaya dan Kedu.
  • (3) Menjadikan Banten sebagai kerajaan taklukkan selanjutnya.

Opsi yang sesuai dengan langkah-langkah ini adalah b. (1) dan (3).

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Alat musik tradisional dari Sumatra Barat adalah

4

5.0

Jawaban terverifikasi