Naufal K

02 Maret 2024 12:30

Iklan

Iklan

Naufal K

02 Maret 2024 12:30

Pertanyaan

Mengapa virus sering dimanfaatkan sebagai vektor dalam terapi gen?

Mengapa virus sering dimanfaatkan sebagai vektor dalam terapi gen?

 

alt

5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Caca C

07 Maret 2024 12:05

Jawaban terverifikasi

Virus sering digunakan sebagai vektor dalam terapi gen karena: 1. Kemampuan infeksi: Virus dapat menginfeksi sel manusia dan memasukkan materi genetik ke dalam sel inang. 2. Efisiensi pengiriman: Virus dapat mengirimkan materi genetik dengan efisiensi tinggi ke dalam sel manusia. 3. Kapasitas muatan genetik: Virus dapat membawa sejumlah besar informasi genetik yang diperlukan untuk terapi gen. 4. Reproduksi dalam sel inang: Virus dapat mereplikasi dan memproduksi salinan tambahan dari materi genetik yang diintroduksi. Namun, penggunaan virus sebagai vektor dalam terapi gen juga memiliki risiko potensial seperti reaksi imunologis yang tidak diinginkan atau integrasi acak materi genetik ke dalam genom sel manusia. Penelitian terus dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan efektivitas penggunaan virus dalam terapi gen.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

07 Maret 2024 12:27

Jawaban terverifikasi

<p><br>Virus sering dimanfaatkan sebagai vektor dalam terapi gen karena beberapa alasan utama:</p><p>Kemampuan Infeksi: Virus secara alami memiliki kemampuan untuk menginfeksi sel-sel hospes mereka. Ini memungkinkan mereka mengirimkan materi genetik ke dalam sel manusia atau organisme lainnya dengan efisien.</p><p>Kapasitas Memuat Materi Genetik: Virus dapat membawa dan menyampaikan potongan-potongan materi genetik yang dibutuhkan untuk terapi gen. Dalam konteks terapi gen, virus yang dimodifikasi genetik dibuat untuk membawa dan mengirimkan gen tertentu ke dalam sel target.</p><p>Pengenalan Sel Target: Beberapa virus memiliki kemampuan alami untuk mengenali dan berinteraksi dengan jenis sel tertentu. Dengan memanfaatkan sifat ini, virus dapat digunakan untuk mengirimkan gen ke sel target tertentu, seperti sel-sel yang membutuhkan perbaikan genetik.</p><p>Stabilitas Genetik: Virus cenderung stabil secara genetik, dan ini dapat menjadi keuntungan dalam menjaga integritas materi genetik yang diinjeksikan selama proses terapi gen.</p><p>Kemampuan Replikasi: Beberapa vektor virus dapat mereplikasi diri di dalam sel target, yang dapat meningkatkan jumlah gen yang diantarkan dan memperpanjang durasi efek terapi.</p><p><br>&nbsp;</p>


Virus sering dimanfaatkan sebagai vektor dalam terapi gen karena beberapa alasan utama:

Kemampuan Infeksi: Virus secara alami memiliki kemampuan untuk menginfeksi sel-sel hospes mereka. Ini memungkinkan mereka mengirimkan materi genetik ke dalam sel manusia atau organisme lainnya dengan efisien.

Kapasitas Memuat Materi Genetik: Virus dapat membawa dan menyampaikan potongan-potongan materi genetik yang dibutuhkan untuk terapi gen. Dalam konteks terapi gen, virus yang dimodifikasi genetik dibuat untuk membawa dan mengirimkan gen tertentu ke dalam sel target.

Pengenalan Sel Target: Beberapa virus memiliki kemampuan alami untuk mengenali dan berinteraksi dengan jenis sel tertentu. Dengan memanfaatkan sifat ini, virus dapat digunakan untuk mengirimkan gen ke sel target tertentu, seperti sel-sel yang membutuhkan perbaikan genetik.

Stabilitas Genetik: Virus cenderung stabil secara genetik, dan ini dapat menjadi keuntungan dalam menjaga integritas materi genetik yang diinjeksikan selama proses terapi gen.

Kemampuan Replikasi: Beberapa vektor virus dapat mereplikasi diri di dalam sel target, yang dapat meningkatkan jumlah gen yang diantarkan dan memperpanjang durasi efek terapi.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang menyebabkan eutrofikasi?

6

0.0

Jawaban terverifikasi