Aditya N

25 Maret 2024 01:38

Iklan

Iklan

Aditya N

25 Maret 2024 01:38

Pertanyaan

Mengapa sistem komunikasi data dalam jaringan dipecah dalam beberapa fungsi dan bagian sesuai dengan standar protokol OSI? Jelaskan!

Mengapa sistem komunikasi data dalam jaringan dipecah dalam beberapa fungsi dan bagian sesuai dengan standar protokol OSI? Jelaskan!


11

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:35

Jawaban terverifikasi

<p><br>Sistem komunikasi data dalam jaringan dipecah menjadi beberapa fungsi dan bagian sesuai dengan standar protokol OSI (Open Systems Interconnection) karena pendekatan ini membantu dalam mengatur dan memahami proses komunikasi data dalam jaringan secara terstruktur dan terstandarisasi. Beberapa alasan mengapa sistem komunikasi data dipecah menjadi berbagai lapisan atau fungsi sesuai dengan model OSI adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Pemisahan Fungsi</strong>: Model OSI memisahkan fungsi-fungsi komunikasi data menjadi tujuh lapisan yang berbeda. Setiap lapisan bertanggung jawab atas fungsi-fungsi tertentu dalam proses komunikasi data, seperti enkapsulasi data, pengelolaan aliran data, dan manajemen koneksi. Pemisahan ini memungkinkan untuk pengembangan, pemeliharaan, dan pemecahan masalah yang lebih efisien karena setiap lapisan dapat dikembangkan secara independen.</p><p><strong>Interoperabilitas</strong>: Model OSI membantu dalam mencapai interoperabilitas antarperangkat dan antarprotokol. Dengan menetapkan fungsi-fungsi yang jelas dan spesifikasi yang terstandarisasi untuk setiap lapisan, perangkat keras dan perangkat lunak dari berbagai vendor dapat bekerja sama dalam jaringan yang kompleks.</p><p><strong>Sederhana dan Moduler</strong>: Model OSI memecah sistem komunikasi data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih terkelola. Hal ini membuat sistem menjadi lebih sederhana dan lebih mudah dimengerti, serta memungkinkan untuk modularitas yang lebih besar dalam pengembangan dan perawatan sistem.</p><p><strong>Memudahkan Pengembangan dan Inovasi</strong>: Dengan memisahkan fungsi-fungsi komunikasi data ke dalam lapisan-lapisan yang terpisah, model OSI memungkinkan pengembang untuk berkonsentrasi pada pengembangan teknologi dan inovasi baru pada setiap lapisan tanpa harus memikirkan implikasi pada lapisan-lapisan lainnya.</p><p><strong>Kesesuaian dengan Standar Industri</strong>: Model OSI telah diterima secara luas sebagai standar industri untuk komunikasi data dalam jaringan. Dengan mengikuti model OSI, produsen perangkat keras dan perangkat lunak dapat memastikan bahwa produk mereka sesuai dengan standar yang diterima secara internasional.</p><p><br>&nbsp;</p>


Sistem komunikasi data dalam jaringan dipecah menjadi beberapa fungsi dan bagian sesuai dengan standar protokol OSI (Open Systems Interconnection) karena pendekatan ini membantu dalam mengatur dan memahami proses komunikasi data dalam jaringan secara terstruktur dan terstandarisasi. Beberapa alasan mengapa sistem komunikasi data dipecah menjadi berbagai lapisan atau fungsi sesuai dengan model OSI adalah sebagai berikut:

Pemisahan Fungsi: Model OSI memisahkan fungsi-fungsi komunikasi data menjadi tujuh lapisan yang berbeda. Setiap lapisan bertanggung jawab atas fungsi-fungsi tertentu dalam proses komunikasi data, seperti enkapsulasi data, pengelolaan aliran data, dan manajemen koneksi. Pemisahan ini memungkinkan untuk pengembangan, pemeliharaan, dan pemecahan masalah yang lebih efisien karena setiap lapisan dapat dikembangkan secara independen.

Interoperabilitas: Model OSI membantu dalam mencapai interoperabilitas antarperangkat dan antarprotokol. Dengan menetapkan fungsi-fungsi yang jelas dan spesifikasi yang terstandarisasi untuk setiap lapisan, perangkat keras dan perangkat lunak dari berbagai vendor dapat bekerja sama dalam jaringan yang kompleks.

Sederhana dan Moduler: Model OSI memecah sistem komunikasi data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih terkelola. Hal ini membuat sistem menjadi lebih sederhana dan lebih mudah dimengerti, serta memungkinkan untuk modularitas yang lebih besar dalam pengembangan dan perawatan sistem.

Memudahkan Pengembangan dan Inovasi: Dengan memisahkan fungsi-fungsi komunikasi data ke dalam lapisan-lapisan yang terpisah, model OSI memungkinkan pengembang untuk berkonsentrasi pada pengembangan teknologi dan inovasi baru pada setiap lapisan tanpa harus memikirkan implikasi pada lapisan-lapisan lainnya.

Kesesuaian dengan Standar Industri: Model OSI telah diterima secara luas sebagai standar industri untuk komunikasi data dalam jaringan. Dengan mengikuti model OSI, produsen perangkat keras dan perangkat lunak dapat memastikan bahwa produk mereka sesuai dengan standar yang diterima secara internasional.


 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

17

0.0

Jawaban terverifikasi