Layla A

Ditanya 6 hari yang lalu

Iklan

Iklan

Layla A

Ditanya 6 hari yang lalu

Pertanyaan

Kisi kisi b Indonesia : 1. Orang yang menangkap ikan di sebut ... 2. Arti ada udang di blik batu ... 3. Contoh sampah anorganik... 4. Pengertian origami.... 5. Cerita zaman dahulu d ceritakan secara lisan di sebut... 6. Pengertian ecobrick... 7. Cerita rakyat timun mas... 8. Berat sama d pikul ringan sama di jinjing artinya... 9. Contoh sampah organik dan anorganik.... 10. Buatlah kalimat ajakan dari kata ayo dan mari... 11. Buatlah 3 kalimat menggunakan kata " dan ".....


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

Dijawab 6 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>1. orang yang menangkap ikan disebut (nelayan)</p><p>2. arti ada udang di balik batu<br>mengandung makna bahwa ada sesuatu yang tersembunyi atau ada rahasia tertentu yang belum terungkap. Secara harfiah, gambarannya adalah seperti menemukan sesuatu yang tersembunyi di balik batu yang mungkin tidak terlihat atau diketahui sebelumnya.</p><p>3. contoh sampah anorganik (botol plastik, kertas, kantong plastik, kaleng bekas)</p><p>4. pengertian origami<br>Origami merupakan sebuah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas yang disebut kertas origami atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Hasil origami merupakan hasil keterampilan tangan yang sangat teliti dan menarik untuk dipandang.</p><p>5. cerita zaman dahulu diceritakan secara lisan disebut (cerita rakyat)<br>Cerita-cerita yang berkembang di zaman dahulu tersebut dapat dikatakan sebagai cerita rakyat. Hal itu dikarenakan cerita rakyat adalah cerita dari masa lampau yang diwariskan secara turun temurun kepada generasi selanjutnya.</p><p>6. pengertian ecobrik<br>Ecobrick adalah botol PET yang dikemas padat dengan plastik bekas yang bersih dan kering. Plastik bekas dimasukkan ke dalam botol dan ditekan hingga padat menggunakan tongkat. Ecobrick dapat dimanfaatkan untuk membuat blok bangunan, membuat kursi atau meja dan masih banyak kerajinan yang lain.</p><p>7. cerita rakyat timun mas<br>Dalam konteks sumber lisan itu, maka cerita rakyat termasuk salah satu yang bisa dijadikan sumber sejarah.</p><p>8. berat sama dipikul ringan sama dijinjing artinya<br>“Seberat apapun tugas yang diberikan apabila dilakukan dengan senang, maka kebahagiaan akan selalu hadir untuk kita” begitulah kiranya kata-kata yang diungkapkan Indera apabila dirangkai menjadi sebuat kalimat, untuk memberi motivasi kepada seluruh pegawai.</p><p>9. contoh sampah organik dan anorganik (organik - daun kering, ranting kering, bunga kering, sisa sisa sayuran, bonggol sayuran) (anorganik - kaleng bekas, botol plastik, kantong plastik, botol kaca, karet ban)</p><p>10. buatlah kata ajakan dari kata ayo dan mari (ayo!! rawat dan jaga keberhasilan lingkungan sekolah agar suasana belajar lebih nyaman) (mari!!! gotong royong bekerja bakti untuk membuat pos ronda)</p><p>11. buatlah tiga kalimat menggunakan kata" dan?&nbsp;<br>(aku *dan* mita suka sekali berkebun di taman rumah)&nbsp;<br>(ayah dan aku selalu mampir ke toko kue saat ulang tahunku)<br>(ibuku dan kakakku gemar sekali membaca buku)</p>

1. orang yang menangkap ikan disebut (nelayan)

2. arti ada udang di balik batu
mengandung makna bahwa ada sesuatu yang tersembunyi atau ada rahasia tertentu yang belum terungkap. Secara harfiah, gambarannya adalah seperti menemukan sesuatu yang tersembunyi di balik batu yang mungkin tidak terlihat atau diketahui sebelumnya.

3. contoh sampah anorganik (botol plastik, kertas, kantong plastik, kaleng bekas)

4. pengertian origami
Origami merupakan sebuah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas yang disebut kertas origami atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Hasil origami merupakan hasil keterampilan tangan yang sangat teliti dan menarik untuk dipandang.

5. cerita zaman dahulu diceritakan secara lisan disebut (cerita rakyat)
Cerita-cerita yang berkembang di zaman dahulu tersebut dapat dikatakan sebagai cerita rakyat. Hal itu dikarenakan cerita rakyat adalah cerita dari masa lampau yang diwariskan secara turun temurun kepada generasi selanjutnya.

6. pengertian ecobrik
Ecobrick adalah botol PET yang dikemas padat dengan plastik bekas yang bersih dan kering. Plastik bekas dimasukkan ke dalam botol dan ditekan hingga padat menggunakan tongkat. Ecobrick dapat dimanfaatkan untuk membuat blok bangunan, membuat kursi atau meja dan masih banyak kerajinan yang lain.

7. cerita rakyat timun mas
Dalam konteks sumber lisan itu, maka cerita rakyat termasuk salah satu yang bisa dijadikan sumber sejarah.

8. berat sama dipikul ringan sama dijinjing artinya
“Seberat apapun tugas yang diberikan apabila dilakukan dengan senang, maka kebahagiaan akan selalu hadir untuk kita” begitulah kiranya kata-kata yang diungkapkan Indera apabila dirangkai menjadi sebuat kalimat, untuk memberi motivasi kepada seluruh pegawai.

9. contoh sampah organik dan anorganik (organik - daun kering, ranting kering, bunga kering, sisa sisa sayuran, bonggol sayuran) (anorganik - kaleng bekas, botol plastik, kantong plastik, botol kaca, karet ban)

10. buatlah kata ajakan dari kata ayo dan mari (ayo!! rawat dan jaga keberhasilan lingkungan sekolah agar suasana belajar lebih nyaman) (mari!!! gotong royong bekerja bakti untuk membuat pos ronda)

11. buatlah tiga kalimat menggunakan kata" dan? 
(aku *dan* mita suka sekali berkebun di taman rumah) 
(ayah dan aku selalu mampir ke toko kue saat ulang tahunku)
(ibuku dan kakakku gemar sekali membaca buku)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan kedua kutipan berikut! Kutipan 1 Pada tahun 1942 Asrul Sani pindah ke SMP Taman Siswa, Jakarta. Di sekolah ini Asrul berkenalan dengan Pramoedya Ananta Toer dan bersama-sama menjadi anggota kelompok “Penggemar Sastra”. Setelah tamat SMP, Asrul masuk ke Sekolah Kedokteran Hewan, Bogor dan melanjukan ke Perguruan Tinggi Kedokteran. Kutipan 2 S. Sinansari Ecip merupakan nama samaran dari Sution yang terkenal sebagai pengarang novel, puisi, cerpen dan cerita anak. Dia pernah memimpin redaksi majalah Almamater yang diterbitkan oleh Dewan Mahasiswa UI. Dia juga aktif menulis dalam Harian Kami edisi Jakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Dia bekerja sebagai penulis dan dosen. Seabagai seorang penulis, ia beberapa kali memperoleh penghargaan atas hasil karyanya. Perbedaan penggunaan kaidah kebahasaan kedua kutipan tersebut adalah ..... * Kutipan 1 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti orang/pronomina persona Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi antarkalimat Kutipan 2 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 1 : Mengguanakan kata ganti orang/pronomina Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi antar kalimat Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi koordinatif Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti pronomina penunjuk Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi subordinatif Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi korelatif

10

5.0

Jawaban terverifikasi

TAUFAN DI ATAS ASIA Oleh Abu Hanifah lnderawati duduk bersimpuh di dipan dengan kotak jahitan di sebelahnya, sedang menjahit baju anak kecil, serta menyanyi-nyanyi kecil. Kemudian, terdengar bunyi ketukan di luar, lalu tampak Mohd. Saman di pintu. lnderawati berdiri. Mohd. Saman : Mengapa begini lengang rumahmu, Nak. Sendiri saja di rumah? Mana ayah dan ibumu? (Masuk ke dalam kamar) lnderawati : lbu dan ayah pergi kemarin ke Sukabumi, Abah. Yang selebihnya, saudara-saudaraku berdua turut juga. Mereka besok kembali lagi. Mau minum apa, Abah? Mohd. Saman : Aneh benar, apa mau cari tempat evakuasi atau bagaimana? Kan bukan waktunya sekarang beristirahat di bungalo? Tidak, aku tidak mau minum. (Melihat lnderawati yang akan menekan Lonceng untuk memanggil jongos*) Inderawati : Bukan, Abah, malahan ibu mau mengangkut barang-barang yang berharga ke Jakarta. Takut kalau-kalau dalam zaman genting ini, sipenjaga rumah lari karena takut dan meninggalkan rumah begitu saja. Mohd. Saman : (Duduk di atas kursi) Begitulah halnya. Baik juga pendapat ibumu itu. Sebelum hujan sediakan payung. Kau masih batuk? Inderawati : (Tersenyum) Tidak, Abah. (Diam sebentar). Kalau aku pikir- pikir, lain benar masih sopan- santun orang-orang tua dengan pemuda-pemuda sekarang. Mohd. Saman : (Heron) Mengapa begitu katamu, Nak? lnderawati : (Tersenyum) Pada zaman sekarang, pemuda-pemuda tidak begitu banyak lagi sopan-santunnya terhadap puteri. Malahan, terhadap yang tua pun agak *kasar adatnya. Tentu ada kecualinya. Tetapi, umumnya begitu. Mohd. Saman : (Tertawa) Ah, apa akan dikata, kami satria cap lama ini masih terlalu banyak basa-basi, dari kecil dididik secara kesopanan Timur. Tetapi, kami dan saudaramu juga Nak, sekalipun pendidikan kamu Barat sekali. lnderawati : Benar itu, Abah. Di mana gerangan salahnya? Mohd. Saman : Menurut pikiranku, mungkin di rumah, pemuda-pemuda kita didikannya bercap Barat, sebab ibu-bapak meniru-niru Barat dalam pergaulannya. Bukan tidak sedikit aku dengar anak-anak mengatakan "kamu" pada orang-orang tua, malahan juga pada ibu-bapaknya sendiri. lnderawati : Ya, Abah, benar kata Abah itu. Mudah-mudahan saja bisa berubah keadaan itu. Kalau terus-menerus begini, tentu bangsa kita, Timur tidak, Barat tidak, dan demikian pula kedudukannya. Mohd. Saman : (Tertawa) Aduh, kau betul-betul sudah murid suamimu yang setia. Sudah ada kabar dari Azas dalam minggu ini? lnderawati : (Agak sedih) Ya, Abah, semenjak aku meninggalkan Singapur, paling kurang sekali seminggu, aku terima surat, kadang-kadang dengan kapal terbang, kadang-kadang dengan kapal api. Mohd. Saman : (Tersenyum pada lnderawati) Aduh, betul ia *beranak *tiri *beranak kandung, sebab dalam dua bulan itu, aku baru dua kali dikirimi surat. Tetapi, bila ia akan datang? lnderawati : Menurut surat paling belakang dalam seminggu dua minggu ini, dan suratnya itu bertanggal pertengahan bulan Februari (Sedih). Aku takut ia tidak bisa Lagi menyingkirkan diri, sebab menurut surat kabar beberapa hari yang Lalu, bala tentara Nippon sudah di Johor, jadi di muka Singapur, sesudah itu aku tidak suka membaca surat kabar Lagi. Mohd. Saman : (Menyabar-nyabarkan) Tentu dia Lekas datang. Abdul Azas seorang yang cukup memiliki keberanian hati dan pandai memakai akalnya buat segala sesuatu, asal saja kita doakan bersama-sama ia selamat datang kemari. lnderawati : Ya, Abah, itulah doaku setiap waktu (Diam sebentar). Dik Hayati tidak turut kemari tadi, Abah? Mohd. Saman : (Berdiri ke meja sebelah) Tadi ia turut dengan Abah, tetapi tengah jalan bertemu dengan kawan-kawannya yang mengajaknya ke Pasar Baru. Ia datang kemari nanti. lnderawati : Abah, bagaimana kabar Adikusuma sekarang? Mohd. Saman : (Duduk Lagi) Aku tidak tahu sedikit pun tentang hal itu. Ia berdiam-diam saja. Ketika ia tanggal 8 Desember ditangkap di rumahnya, dan akan dibawa ke kantor polisi, hampir aku tidak bertemu dengan dia. lnderawati : Ya, kebetulan hari usia Hayati berumur 20 tahun. Kalau aku ingat, sedih aku dibikinnya. Mohd. Saman : (Terharu dan berdiri) Ya, Nak, belum pernah aku ceritakan padamu, selain dari keyakinanku bahwa Hayati kasih pada Adi, dan rupanya kakakmu itu pun begitu juga pada Hayati (Diam sebentar, lalu mondar-mandir, berdiri lagi). Katanya, mereka kasih satu sama Lain, tetapi belum pernah sebut menyebut. Masyaallah, bagaimanakah tabiat pemuda-pemuda itu. Hampir aku tak mengerti. lnderawati : Aku tahu bahwa Adi, saudaraku, kasih pada Hayati, tetapi ia menunggu waktu yang baik untuk menyatakannya pada Hayati. Mohd. Saman : (Masih berdiri di muka lnderawati) Apakah kamu dengan Azas sudah nikah sekarang, kalau Azas terus menerus menanti waktu yang baik? lnderawati : (Tersenyum) Tidak, Abah, tetapi saya tidak begitu modern seperti Hayati kelihatan dari Luar. Mohd. Saman : Memang benar katamu itu, Nak. Dari luar saja, Hayati modern, di dalam hati sanubarinya, ia masih kuno, masih Timur. Kalau datang Adikusuma, ia pergi, atau bersenda-gurau seperti anak gadis Barat. Dan Adi, anak *bodoh itu, tidak mengerti. Betul apa tidak? lnderawati : (Tersenyum) Betul, Abah. Mohd. Saman : Tetapi, pada tanggal 8 Desember itu, hampir hancur hatiku itu, melihat kesedihan anakku Hayati. Kau tidak tahu, Nak. Waktu aku bertemu dengan Adikusuma ketika ia akan dibawa oleh polisi, diserahkannya padaku sebuah bungkusan kecil buat Hayati. Katanya, tanda peringatan hari usia Hayati, sedianya ia sendiri akan memberikannya. lnderawati : Aneh, tidak kutahu Bah, apakah isi bungkusan itu? Mohd. Saman : Aku berikan bungkusan itu kepada Hayati, dibukanya di hadapanku. lsinya surat kecil berbunyi, "Buat adikku dan kekasihku, Hayati, pusaka ibuku" dan satu cincin permata berlian, barang lama. lnderawati : (Heran) Ya, sekarang aku ingat. Tempo Adi baru maju, ibu memberi cincin pusaka, yang biasanya dipakai ibu ketika ada hari-hari yang penting. Masih ingat aku, ibu mengatakan padanya, "Adi, buat kamu, supaya kamu beri kelak pada istrimu.” Mohd. Saman : Benarlah rupanya. Hancur hatiku melihat kesedihan anakku. Nampak olehku senyata- nyatanya, betapa Hayati dalam sejam itu berubah sama sekali. Dalam sejam itu, berubah ia dari gadis yang tidak pernah susah jadi perempuan dewasa yang baru turun dari pelaminan pengantinnya. Belum pernah bagiku begitu cantik rupanya seperti hari itu lnderawati : Ya, Abah, aku pun merasakan perubahan pada Hayati. Dalam tabiatnya sehari-hari, dalam perbuatannya, sekali pun ia masih terus bersekolah. Mohd. Saman : (Duduk Lagi) Aku harap saja Nak, kamu sudi melimpahkan segala kasihmu pada adikmu itu, kekasih saudaramu, Adikusuma, anakku Hayati. lnderawati : Aku berjanji Abah. (Berbunyi lonceng sepeda di luar, kemudian nyanyi- nyanyi kecil, lalu suara gadis, dan tampak Hayati) Hayati : (Berdiri di pintu) Wati, sayang, boleh aku masuk? (Heron) He, mengapa Ayah dan kau begitu termenung (Tertawa). Seperti ayam dipukul kepalanya. (lnderowati dan Mohd. Saman tersenyum) lnderawati : (Tersenyum) Sedang memikirkan soal gelap Dik, masuklah, mari duduk dekatku di sini. (Hayati masuk, duduk dekat lnderawati) Hayati : Ayah, ada telepon tadi dari Tanjung Priuk buat Ayah. Mohd. Saman : (Heron) Dari Tanjung Priuk? Aku tidak banyak kenalan di situ. Tanggal berapa sekarang? lnderawati : 20 Februari, Abah. Mengapa? Mohd. Saman : Tidak apa-apa. Aku hanya ada janji perdagangan tanggal 23 Februari di Priuk. Satu blongkang besar dengan beras dari lndramayu buat gudang di Tanah Abang. Biarlah aku pergi menanyakan hal ini. (Berdiri) Mustahil, begitu Lekas, sudah datang. Aku pergi ya, Nak. Tinggal saja kamu di sini dulu, Hayati. lnderawati : Ya, Abah. (Mohd. Saman berangkat. Terdengar di Luar, ia memanggil taksi, kemudian tuter, dan tidak terdengar apa-apa lagi). 4a. Tuliskan unsur-unsur intrinsik beserta kutipannya dalam drama tersebut yang terdiri atas aspek-aspek berikut. (4) Latar tempat

11

3.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Bacalah teks berikut! Lidah Buaya Lidah buaya adalah satu dari sepuluh tipe tanaman terlaris di dunia yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan sebagai tanaman obat dan juga bahan baku industri. Tanaman ini sering dijadikan tanaman hias. Lidah buaya banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dan biasanya tumbuh pada tanah yang subur. Di seluruh dunia terdapat lebih dari 350 jenis tanaman lidah buaya, mulai dari yang beracun sampai yang bernilai ekonomis. Namun, Aloe vera yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Lidah buaya dapat tumbuh dengan tinggi bervariasi, mencapai 20 cm-1 m, tergantung jenis yang ditanam. Jika penanamannya tepat dan memperhatikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan, tidak menutup kemungkinan tingginya dapat mencapai tinggi 30 cm ke atas. Lidah buaya mempunyai akar serabut dengan batang yang sangat pendek atau bahkan tidak terlihat karena tertutup oteh daun. Daunnya berwarna hijau segar, tebal, berbintik putih pada permukaannya, serta memiliki duri lemas di bagian pinggirnya. Bentuk daunnya seperti pedang, ujungnya lancip, sedangkan bagian bawah permukaan daun lebih besar dan eembung. Tanaman ini tahan pada kekeringan karena di dalam daun banyak tersimpan cadangan air yang bisa digunakan pada saat kekurangan air. Di dalam daunnya terdapat jeli bening dengan tekstur kenyal yang berfungsi sebagai cadangan air pada musim kemarau. Jeli ini adalah bagian yang paling sering dimanfaatkan dari bagian tubuh lidah buaya. Untuk perawatan lidah buaya, hal yang dapat dilakukan adalah meletakkannya di tempat yang mudah terkena hujan. Dengan demikian, lidah buaya mempunyai asupan air yang cukup, sehingga tubuhnya tetap segar. Jika tanaman ini dibudidayakan pada musim kemarau, ada baiknya agar disiram setiap pagi dan sore. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekeringan pada daun akibat panas matahari berlebih dan untuk menjaga kesuburan daun. Meskipun tanaman lidah buaya dapat bertahan hidup di tempat kering, tidak ada salahnya untuk tetap memperhatikan asupan air bagi lidah buaya. Selain itu, nutrisi bagi lidah buaya juga harus diperhatikan. Setidaknya berikan pupuk organik pada lidah buaya setiap sebulan sekali untuk menghasilkan daun yang lebih panjang. Usahakan berikan pupuk alami, seperti kotoran sapi atau kotoran kambing. Alasan pemberian pupuk organik adalah karena harganya jauh lebih murah dibandingkan pupuk anorganik. Namun, keduanya memiliki dampak yang hampir sama terhadap pertumbuhan lidah buaya. Lidah buaya tid.ak hahya dapat digunakan sebagai tanaman penghias pekarangan rumah, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik alami, seperti penyubur rambut dan pembersih wajah. Jeli lidah buaya dapat dioleskan pada permukaan rambut sebelum keramas sebagai penambah nutrisi bagi rambut agar tetap terjaga kesuburannya. Jeli lidah buaya juga bisa dijadikan masker alami bagi wanita karier yang tidak sempat merawat wajah di salon. Jeli lidah buaya hanya perlu dioleskan pada permukaan wajah selama beberapa menit, kemudian basuh dengan air hangat. Jika rutin dilakukan, perawatan kosmetik alami menggunakan tanaman ini akan memberikan hasil yang diharapkan. Di samping dapat digunakan sebagai kosmetik alami, lidah buaya juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan luka ringan . Dalam pemakaian untuk perawatan kulit, lidah buaya dapat melembapkan wajah , menghilangkan jerawat pada wajah , serta menghapus bekas luka. Sumber: http://www. berbagaireviews. com/201 7!1 1 /contoh,teks-/aporan-hasil-observasi. html, dengan penyesuaian Yang termasuk ke dalam stuktur deskripsi manfaat dalam teks tersebut adalah .... A. paragraf pertama B. paragraf kedua C. paragraf ketiga D. paragraf keempat E. paragraf kelima

135

0.0

Jawaban terverifikasi

Ending novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sangat mengesankan. Alur cerita novel tersebut bagus dan menarik. Tema cerita sederhana, tetapi terbungkus kalimat-kalimat yang penuh makna. Tapi sayangnya ini kurang ada sinergi dengan buku pertama. Yang namanya tetralogi seharusnya empat buku, harus berkesinambungan satu dengan yang lain. Memang, Laskar Pelangi masih sedikit disebut-sebut, tetapi belum mewakili kesinambungan yang bagus. Berhubung sudah terebuai sosok Arai, Ikal dan Jimbron, pembaca menikmati novel tersebut tanpa mempertimbangkan kesinambungan itu. Dikutip dari: http.//blog.its.ac.id/ruktin/tulismenulis/sang-pemimpi Resensi yang menyatakan keunggulan novel terdapat dalam paragraf . . . A. Andrea Hirata dapat menghipnotis pembaca. Andrea menghipnotis dengan karakter tokoh-tokoh cerita, seperti Ikal, Arai, dan Jimbron. Tokoh-tokoh cerita itu memiliki karakter yang kuat. B. Andrea Hirata merupakan penulis muda berbakat. Salah atau karyanya adalah novel Sang Pemimpi. Novel tersebut menggunakan alur yang sangat menarik. C. Andrea Hirata menggambarkan dunia pendidikan Indonesia yang masih di bawah standar, Cerita tersebut saling berkesinambungan antara keempat buku karya Andrea. D. Andrea Hirata menggunakan ending cerita dan alur yang menarik. Tema cerita yang digunakan Andrea sederhana. Tema sederhana, tetapi disampaikan dengan kata-kata yang penuh makna. E. Andrea Hirata sebagai penulis yang berpengalaman dapat menghidupkan cerita. Andrea dapat membangun suasana haru dalam cerita. Hal tersebut membuat pembaca tertarik membaca karya Andrea.

2rb+

3.0

Jawaban terverifikasi