Toni K

26 Maret 2022 14:28

Iklan

Iklan

Toni K

26 Maret 2022 14:28

Pertanyaan

Ending novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sangat mengesankan. Alur cerita novel tersebut bagus dan menarik. Tema cerita sederhana, tetapi terbungkus kalimat-kalimat yang penuh makna. Tapi sayangnya ini kurang ada sinergi dengan buku pertama. Yang namanya tetralogi seharusnya empat buku, harus berkesinambungan satu dengan yang lain. Memang, Laskar Pelangi masih sedikit disebut-sebut, tetapi belum mewakili kesinambungan yang bagus. Berhubung sudah terebuai sosok Arai, Ikal dan Jimbron, pembaca menikmati novel tersebut tanpa mempertimbangkan kesinambungan itu. Dikutip dari: http.//blog.its.ac.id/ruktin/tulismenulis/sang-pemimpi Resensi yang menyatakan keunggulan novel terdapat dalam paragraf . . . A. Andrea Hirata dapat menghipnotis pembaca. Andrea menghipnotis dengan karakter tokoh-tokoh cerita, seperti Ikal, Arai, dan Jimbron. Tokoh-tokoh cerita itu memiliki karakter yang kuat. B. Andrea Hirata merupakan penulis muda berbakat. Salah atau karyanya adalah novel Sang Pemimpi. Novel tersebut menggunakan alur yang sangat menarik. C. Andrea Hirata menggambarkan dunia pendidikan Indonesia yang masih di bawah standar, Cerita tersebut saling berkesinambungan antara keempat buku karya Andrea. D. Andrea Hirata menggunakan ending cerita dan alur yang menarik. Tema cerita yang digunakan Andrea sederhana. Tema sederhana, tetapi disampaikan dengan kata-kata yang penuh makna. E. Andrea Hirata sebagai penulis yang berpengalaman dapat menghidupkan cerita. Andrea dapat membangun suasana haru dalam cerita. Hal tersebut membuat pembaca tertarik membaca karya Andrea.


1rb+

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

T. Tania

08 Maret 2023 04:26

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban: D</p><p>Keunggulan suatu novel dapat dilihat dari alur cerita yang disajikan maupun kebahasaannya. Berdasarkan kutipan di atas, terdapat beberapa keunggulan yang disebutkan, yaitu ending yang sangat mengesankan, alur yang bagus&nbsp; dan menarik, serta tema sederhana yang menggunakan kalimat penuh makna. Di antara opsi jawaban yang ada, hanya opsi D yang memuat seluruh keunggulan yang terdapat dalam kutipan.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.</p>

Jawaban: D

Keunggulan suatu novel dapat dilihat dari alur cerita yang disajikan maupun kebahasaannya. Berdasarkan kutipan di atas, terdapat beberapa keunggulan yang disebutkan, yaitu ending yang sangat mengesankan, alur yang bagus  dan menarik, serta tema sederhana yang menggunakan kalimat penuh makna. Di antara opsi jawaban yang ada, hanya opsi D yang memuat seluruh keunggulan yang terdapat dalam kutipan.

 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.


Iklan

Iklan

Muhammad D

05 Juni 2023 00:45

Cermatilah kerangka proposal berikut! (1) Pengaruh lingkungan (2) Sebab-sebab penyalahgunaan narkoba (3) Ingin mencoba narkoba (4) Depresi dalam keluarga Urutan yang benar agar menjadi proposal yang baik ditandai kalimat nomor...


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

585

5.0

Jawaban terverifikasi