Daphne B

04 Mei 2022 14:18

Iklan

Iklan

Daphne B

04 Mei 2022 14:18

Pertanyaan

Cermati kutipan novel berikut! Ya Tuhan. Anakku polio? L-u-m-p-u-h? Seperti petir kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini dokter menatapku dengan iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena leukimia. Keterbatasan persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu makin memperburuk keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, aku sudah merasa waktunya hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike akhirnya meninggal walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar. Irwan baru bisa datang setelah dia meninggal. Kemudian, Irwan dinyatakan gagal menjadi dokter dan ditarik kembali ke kota. Di sana dia tidak boleh menjadi dokter sehingga mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita menjadi guru bahasa Inggris. Akhirnya, aku dan Mas Irwan mengangkat anak bernama Nita. Sesungguhnya, matahari hidup kami memang masih di batas cakrawala. Tapi, bukan matahari yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang hampir menyingsing. (Matahari di Batas Cakrawala, Mira W.) Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut adalah … A. Tokoh dalam cerita kurang terfokus sehingga alur cerita tidak begitu jelas. B. Pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan cerita kurang tergambar. C. Amanat dalam cerita disampaikan terlalu gamblang oleh pengarang. D. Tidak terdapat keterpaduan antara latar suasana, waktu, dan tempat. E. Sajian permasalahan yang menimpa tokoh terlalu berlebihan.


24

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Siregar

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

06 September 2022 15:15

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>Perhatikan penjelasan berikut, ya.</p><p>&nbsp;</p><p>Kalimat komentar adalah tangapan berupa penilaian terhadap suatu masalah yang dibahas.</p><p>&nbsp;</p><p>Hal-hal yang perlut diperhatikan saat memberikan komentar adalah sebagai berikut.</p><p>1. Komentar tersusun dalam urutan yang sistematis, kalimatnya jelas, padat, dan kata-katanya mudah dipahami.</p><p>2. Komentar langsung diarahkan pada sasaran yang diinginkan, tidak berbelit-belit.</p><p>3. Komentar menjelaskan sesuatu yang ingin dijelaskan dan meyakinkan.</p><p>4. Komentar hendaknya didukung oleh kebenaran fakta, kemukakan bukti, contoh, gambar, dan lain-lain.</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut adalah "Tokoh dalam cerita kurang terfokus sehingga alur cerita tidak begitu jelas." Hal ini karena di dalam teks tersebut tidak menunjukkan arah alur yang jelas untuk mengantarkan kisah yang dialami tokoh satu dengan lainnya (tidak fokus).&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.</p>

Jawaban yang tepat adalah A.

 

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

 

Kalimat komentar adalah tangapan berupa penilaian terhadap suatu masalah yang dibahas.

 

Hal-hal yang perlut diperhatikan saat memberikan komentar adalah sebagai berikut.

1. Komentar tersusun dalam urutan yang sistematis, kalimatnya jelas, padat, dan kata-katanya mudah dipahami.

2. Komentar langsung diarahkan pada sasaran yang diinginkan, tidak berbelit-belit.

3. Komentar menjelaskan sesuatu yang ingin dijelaskan dan meyakinkan.

4. Komentar hendaknya didukung oleh kebenaran fakta, kemukakan bukti, contoh, gambar, dan lain-lain.

 

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut adalah "Tokoh dalam cerita kurang terfokus sehingga alur cerita tidak begitu jelas." Hal ini karena di dalam teks tersebut tidak menunjukkan arah alur yang jelas untuk mengantarkan kisah yang dialami tokoh satu dengan lainnya (tidak fokus). 

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.


Iklan

Iklan

Muhammad M

13 Maret 2023 03:25

Hai


Pejuang R

14 Maret 2023 04:21

Perhatikan paragrap berikut! (1) Olahraga ringan yang dilakukan ibu hamil dapat memberikan manfaat, baik bagi bayi yang dikandungannya maupun bagi dirinya.(2) Hanya dengan melakukan olahraga sedang selama dua puluh menit dan dilakukan tiga kali dalam sepekan mampu mendorong perkembangan otak bayi yang dikandungnya.(3) Menurut peneliti dari Universitas Montreal, perkembangan otak bayi di awal ini akan memiliki dampak dalam kehidupan anak.(4) Banyak rumah sakit yang memberikan fasilitas olahraga kepada pasiennya.(5)Hasil penelitiannya menunjukan bahwa perkembangan otak bayi yang lahir dari ibu yang berolahraga saat hami lebih baik daripada yang dilahirkan oleh ibu yang tidak berolahraga saat hamil.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. A. salam pembuka B. ucapan terima kasih C. pengenalan topik D. tema E. judul

915

0.0

Jawaban terverifikasi