Nabilla S

26 Februari 2024 04:48

Iklan

Nabilla S

26 Februari 2024 04:48

Pertanyaan

Ke dalam ruangan yang volumenya 5 liter direaksikan 0,5 mol gas H, dan 0,1 mol gas N, hingga terjadi reaksi bolak-balik pada suhu 400 K. 3H2(g) + N2(g) <=> 2NH3(9) ∆H = -92 kJ Nilai K, pada 400 K adalah 100. a. Berapa nilai K, pada suhu 400 K? b. Apabila pada saat itu terdapat 0,4 mol gas H₂, berapa mol komposisi gas N₂ dan NH3? c. Apakah kondisi reaksi sudah dalam keadaan setimbang? d. Jika laju reaksi ke kanan adalah r, dan laju ke kiri adalah r₂, manakah laju reaksi yang lebih besar, r1 atau r2?

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

18

:

25

:

35

Klaim

92

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

07 Mei 2024 12:46

Jawaban terverifikasi

a. Menghitung nilai Kc pada suhu 400 K Diketahui: - Reaksi: 3H2(g) + N2(g) ⇌ 2NH3(g) - ΔH = -92 kJ - Kp = 100 pada suhu 400 K Untuk menghitung Kc, kita dapat menggunakan hubungan: Kc = Kp × (RT)^(Δn) Dimana: - R = konstanta gas ideal = 0,0821 L·atm/mol·K - T = suhu dalam Kelvin = 400 K - Δn = perubahan koefisien mol gas = (2) - (3 + 1) = -2 Menghitung Kc: Kc = Kp × (RT)^(Δn) Kc = 100 × (0,0821 × 400)^(-2) Kc ≈ 0,000152 mol/L Jadi, nilai Kc pada suhu 400 K adalah sekitar 0,000152 mol/L. b. Menghitung komposisi gas N2 dan NH3 saat terdapat 0,4 mol H2 Diketahui: - Reaksi: 3H2(g) + N2(g) ⇌ 2NH3(g) - Terdapat 0,4 mol H2 Berdasarkan perbandingan stoikiometri, kita dapat menghitung: - Mol N2 yang bereaksi = 0,4 mol H2 / 3 = 0,133 mol - Mol NH3 yang terbentuk = 2/3 × 0,4 mol = 0,267 mol Jadi, komposisi gas adalah: - N2: 0,1 mol - 0,133 mol = -0,033 mol (tidak mungkin, berarti N2 habis bereaksi) - NH3: 0,267 mol c. Menentukan apakah reaksi sudah dalam keadaan setimbang Untuk menentukan apakah reaksi sudah dalam keadaan setimbang, kita perlu mengetahui komposisi awal dan akhir dari semua gas yang terlibat. Namun, informasi yang diberikan tidak cukup untuk menentukan hal tersebut. d. Membandingkan laju reaksi ke kanan (r1) dan ke kiri (r2) Jika reaksi sudah dalam keadaan setimbang, maka laju reaksi ke kanan (r1) dan ke kiri (r2) akan sama besar. Jika reaksi belum dalam keadaan setimbang, maka laju reaksi yang lebih besar akan tergantung pada arah yang mendominasi reaksi. Namun, tanpa informasi tambahan tentang komposisi awal dan akhir, kita tidak dapat menentukan laju reaksi yang lebih besar. Kesimpulan: Dengan informasi yang diberikan, kita dapat menghitung nilai Kc pada suhu 400 K dan menentukan komposisi gas N2 dan NH3 saat terdapat 0,4 mol H2. Namun, kita tidak dapat menentukan apakah reaksi sudah dalam keadaan setimbang dan membandingkan laju reaksi ke kanan dan ke kiri.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

HOS Cokroaminoto, Yang Guru Bangsa Haji Tjokroaminoto adalah anak kedua dari 12 bersaudara dari ayah barname RM Tjokroamiseno, salah seorang pejabat pemerintahan pada saat itu. Kakaknya, RM. Adipati Tjokronegoro, pernah juga menjabat sebagai Bupati Ponorogo Tjokro lahir di Tegalsari, Ponorogo, Jawa Timur, pada tanggal 16 Agustus 1882. Awalnya kehidupan Tjokro terbilang biasa-basa saja. Semasa kecil ia dikenal sebagai anak yang nakal dan suka berkelahi. Setelah beberapa kali berpindah sekolah, akhirnya ia berhasil menyelesaikan sekolahnya di osvia (sekolah calon pegawai pervarintah atau pamong praja di Magelang pada tahun 1902. Setelah menamatkan osvia, Tjokro bekerja sebagai seorang juru tulis di Ngawi, Jawa Timur Tiga tahun kemudian ia bekerja di perusahaan dagang di Surajaya. Keindahannya ke Surajaya membawanya terjun ke dunia politik. Di kota pahlawan itu Tjokro kemudian bergabung dalam Sarekat Dagang Islam (sdi pimpinan H. Samanhudi, la menyarankan agar SDI diubah menjadi partai politik. SDI kemudian resmi diubah menjadi Sarekat Islam (50) dan Tjokro menjadi Ketua SI pada tanggal 10 Sepetember 1912. Tjokroaminoto dipercaya untuk memangiku jabatan ketua setelah sebelumnya menjabat sebagai komisaris Sl. Di bawah kepemimpinannya, Sl mengalami kemajuan pesat dan berkembang menjadi partai massa sehingga menimbulkan kekhawatiran pemerintah Belanda. Pemerintah Hindia Belanda berupaya menghalangi St yang termasuk organisasi Islam terbesar pa anak tu. Pemerintah kolonial sangat membatasi kekuasaan pengurus pusat Si agar mudah di dipengaruhi pangreh praja setempat. Situasi itu menjadikan Sl menghadapi kesenjangan antara p dan daerah yang menyebabkan kesulitan dalam mobilisasi para anggotanya. G 57 tahap Thidangka ke by Iharaar magedi inspire smu generasi muda Pada periode tahun 1912-1916, Tjokroaminoto dan para pemimpin Si lainnya sedikit bersikap moderat terhadap pamarntah Belancia. Mereka memperjuangkan penegakan hak-hak manusia sewa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tapi sejak tahun 1916, menghadapi pembentukan Dewan Rakyat 8. sana m jadi hangat. Dalam kongres kongres 51, Tjokroaminoto mulai melancarkan ide pembentukan kation (bangsa) dan pemerintahan sendiri. Sebagai reaksi terhadap seni Novembar (November beloftemt, Gubernur Jenderal dan Limburgh Stanum, Tjokroaminoto selaku wakil SI delam Volksraad bersama sastrawan, aktivis, jurnalis Adul Kuis, Cipto Mangunkusumo mengajukan mosi yang kemudian dikenal dengan Mosi Tjokroaminoto pada tanggal 25 November 1918. Mereka menuntut Pertama, pembentukan Dewan Negara di mana penduduk semua wakil dari kerajaan. Kedua, pertanggungjawaban departemen/pemerintah Hindia Belanda terhadap perwakilan rakyat. Tiga, pertanggungjawaban terhadap perwakilan rakyat. Keempat, reformasi pemerintahan dan desentralisasi. Intinya, mereka menuntut pemerintah Belanda membentuk parlemen yang anggotama dipilih dari rakyat dan oleh rakyat Pemerintah sendiri dituntut bertanggung jawab pada parlemen Namun, oleh Ketua Parlemen Belanda, tuntutan tersebut dianggap hanya fantasi belaka. Selanjutnya, pada kongres gas ona SI di Yogyakata tanggal 2-6 Maret 1921, SI pimpinan Tjokro . memberikan reaksi atas sikap pemerintah Belanda tersebut dengan merumuskan tujuan perjuangan politik Sl sebagai, Untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan Belanda. Selama hidupnya, Tjokroaminoto merupakan sosok yang berpengaruh besar terhadap tokoh-tokoh muda pergerakan nasional saat itu. Keahliannya berpidato ia gunakan untuk mengecam kesewenang wenangan pemerintah Belanda. Semasa perjuangannya, dia misalnya mengecam perampasan tanah oleh Belanda untuk dijadikan perkebunan milik Belanda. la juga mendesak Sumatera Landsyndicaat supaya mengembalikan tanah rakyat di Gunung Seminung (tepi Danau Danau, Sumatera Selatan). Nasib para dokter pribumi juga turut diperjuangkannya dengan menuntut kesetaraan kedudukan antara dokter Indonesia dengan dokter Belanda. Pada tahun 1920, Tjokro dijebloskan ke penjara dengan tuduhan marghasut dan mempersiapkan pemberontakan untuk menggulingkan pemerintah Belanda. Pada Apris 1922, setelah tujuh bulan meringkuk di penjara, ia kemudian dibebaskan. cokroaminoto kemudian diminta kembali untuk duduk am Volksraad, namun permintaan itu ditolaknya kerena ia sudah tak mau lagi bekerja sama dengan pemerintah Belanda Sebagai tokoh masyarakat, pemerintah koloria menjulukinya sebagai de Ongekroonde Kuning dan Jasa (Raja Jawa yang tidak bermahkota atau tidak dinobatkan). Pengaruh Tjokro yang Luas menjadikannya sebagai tokoh panutan masyarakat. Karena alasan itu pula maka R.M. Soekemi Sesrodihardjo mengirimkan anaknya Soekamo untuk pendidikan dengan in de kost di rumahnya. Selain menjadi politikus, Tjokroaminoto aktif menulis karangan di majalah dan surat kabar. Salah satu karyanya ialah buku yang berjudul Islam dan Nasionalisme. Tjokroaminoto menghembuskan napasnya yang terakhir pada tanggal 17 Desember 1934 di Yogyakata pada usia 51 tahun. Atas jasa-jasanya kepada negara, Haji Gemar Siad Cokroaminoto dianugerahkan gelar pahlawan Kemerdekaan Nasional berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No.590 Tahun 1961, tanggal 9 Nopember 1961. 1. carilah gagasan penjelas dari teks diatas 2. carilah keteladanan atau hikmah dari teks diatas

7

0.0

Jawaban terverifikasi