Moza A

10 Agustus 2024 00:38

Iklan

Moza A

10 Agustus 2024 00:38

Pertanyaan

Gas amonia dapat dibuat di laboratorium dari reaksi antara garam amonium sulfat dengan basa kuat kalsium hidroksida, dengan hasil samping kalsium sulfat dan air. Persamaan reaksi setara untuk pembentukan gas amonia tersebut adalah 0000 A. (NH4 ) 2S04(s) + 2KOH(s) → K2S04(s) + 2NH3(g) + 2H20(/) B. (NH) 2SO)s) + KOH(s) → K2S04(s) + NH3(g) + H20(/) C. (NH4 ) 2S04(s) + 2Ca(OH)2(s) → 2CaS04(s) + 2NH3(g) + Hp(l) D. (NH4 )2S04(s) + Ca(OH)2(s)→ CaS04 (s) + 2NH3(g) + 2H20(/) E. (NH4 ) 2S04 (s) + Ca(OH)2(s)→ CaSO)s) + 2NHpH(g) + 2Hp(l)

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

01

:

35

:

33

Klaim

15

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsa A

11 Agustus 2024 05:07

Jawaban terverifikasi

Halo adek Moza,kakak bantu jawab ya, Jadi gas Amonia dapat dibuat dari Garam Ammonia Sulfat dan Kalsium Hidroksida. (NH4)2SO4 (s) + Ca(OH)2 (aq) → CaSO4 (s) + 2NH3 (g) + 2H2O (l) jadi jawaban yang tepat adalah (D)


Iklan

Kevin L

Gold

11 Agustus 2024 08:36

Jawaban terverifikasi

Reaksi Pembentukan Amonia Soal memberikan beberapa pilihan persamaan reaksi untuk pembentukan gas amonia (NH₃) dari reaksi antara garam amonium sulfat ((NH₄)₂SO₄) dengan basa kuat kalsium hidroksida (Ca(OH)₂). Analisis Pilihan Jawaban * Pilihan A dan B: Menggunakan KOH (kalium hidroksida) sebagai basa, bukan Ca(OH)₂ seperti yang disebutkan dalam soal. Jadi, pilihan ini salah. * Pilihan C: Jumlah mol air (H₂O) yang dihasilkan tidak sesuai dengan jumlah mol reaktan. Seharusnya ada 2 mol H₂O, bukan 1 mol. * Pilihan E: Terdapat kesalahan penulisan pada rumus kimia NHpH(g). Seharusnya NH₃(g). Pilihan yang Benar Pilihan D: (NH₄)₂SO₄(s) + Ca(OH)₂(s) → CaSO₄(s) + 2NH₃(g) + 2H₂O(l) Persamaan reaksi ini paling tepat menggambarkan reaksi yang terjadi karena: * Reaktan: Sesuai dengan soal, reaktan yang digunakan adalah (NH₄)₂SO₄ dan Ca(OH)₂. * Produk: Produk yang dihasilkan adalah CaSO₄ (kalsium sulfat), NH₃ (amonia), dan H₂O (air). * Koefisien: Koefisien stoikiometri pada setiap senyawa sudah setara, artinya jumlah atom setiap unsur di ruas kiri sama dengan ruas kanan. Penjelasan Reaksi Ketika garam amonium sulfat bereaksi dengan kalsium hidroksida, terjadi pertukaran ion. Ion amonium (NH₄⁺) dari garam amonium sulfat akan berpasangan dengan ion hidroksida (OH⁻) dari kalsium hidroksida membentuk amonia (NH₃) dan air (H₂O). Sementara itu, ion sulfat (SO₄²⁻) dari garam amonium sulfat akan berpasangan dengan ion kalsium (Ca²⁺) dari kalsium hidroksida membentuk kalsium sulfat (CaSO₄). Kesimpulan Jadi, persamaan reaksi yang benar untuk pembentukan gas amonia dari reaksi antara garam amonium sulfat dengan kalsium hidroksida adalah pilihan D. Reaksi ini merupakan reaksi netralisasi antara asam lemah (ion amonium) dengan basa kuat (kalsium hidroksida). Semoga penjelasan ini bermanfaat!


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan