Keyza S

27 Mei 2024 10:45

Iklan

Iklan

Keyza S

27 Mei 2024 10:45

Pertanyaan

jelaskan pengaruh el nino dan la nina terhadap bencana banjir dan kekeringan yang berkepanjangan

jelaskan pengaruh el nino dan la nina terhadap bencana banjir dan kekeringan yang berkepanjangan


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

27 Mei 2024 10:51

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: El Nino dan La Nina adalah dua fenomena yang berhubungan dengan perubahan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik. El Nino ditandai dengan peningkatan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah dan timur, sedangkan La Nina ditandai dengan penurunan suhu permukaan laut di wilayah yang sama. Kedua fenomena ini memiliki dampak yang signifikan terhadap pola cuaca dan iklim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 1. El Nino: Fenomena ini biasanya terjadi setiap beberapa tahun sekali dan ditandai dengan peningkatan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah dan timur. Dampak dari El Nino di Indonesia antara lain: - Peningkatan curah hujan di beberapa wilayah, yang dapat menyebabkan banjir. - Peningkatan risiko kekeringan di wilayah lain karena perubahan pola angin yang mengurangi curah hujan. - Gangguan pada pola pertumbuhan tanaman karena perubahan suhu dan kelembaban. 2. La Nina: Fenomena ini juga terjadi setiap beberapa tahun sekali dan ditandai dengan penurunan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah dan timur. Dampak dari La Nina di Indonesia antara lain: - Penurunan curah hujan di beberapa wilayah, yang dapat menyebabkan kekeringan. - Peningkatan risiko banjir di wilayah lain karena perubahan pola angin yang meningkatkan curah hujan. - Gangguan pada pola pertumbuhan tanaman karena perubahan suhu dan kelembaban. Dengan demikian, El Nino dan La Nina memiliki dampak yang signifikan terhadap pola cuaca dan iklim di Indonesia, termasuk risiko banjir dan kekeringan. 【Penjelasan】: El Nino dan La Nina adalah dua fenomena yang berhubungan dengan perubahan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik. El Nino ditandai dengan peningkatan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah dan timur, sedangkan La Nina ditandai dengan penurunan suhu permukaan laut di wilayah yang sama. Kedua fenomena ini memiliki dampak yang signifikan terhadap pola cuaca dan iklim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 1. El Nino: Fenomena ini biasanya terjadi setiap beberapa tahun sekali dan ditandai dengan peningkatan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah dan timur. Dampak dari El Nino di Indonesia antara lain: - Peningkatan curah hujan di beberapa wilayah, yang dapat menyebabkan banjir. - Peningkatan risiko kekeringan di wilayah lain karena perubahan pola angin yang mengurangi curah hujan. - Gangguan pada pola pertumbuhan tanaman karena perubahan suhu dan kelembaban. 2. La Nina: Fenomena ini juga terjadi setiap beberapa tahun sekali dan ditandai dengan penurunan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah dan timur.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 02:38

Jawaban terverifikasi

<p>El Niño dan La Niña adalah fenomena alam yang terjadi karena perubahan suhu permukaan air laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur. Perbedaan suhu ini mempengaruhi pola cuaca di seluruh dunia. Berikut adalah pengaruh El Niño dan La Niña terhadap bencana banjir dan kekeringan yang berkepanjangan:</p><p><strong>El Niño</strong>:</p><ul><li><strong>Peningkatan Hujan</strong>: El Niño sering kali menyebabkan peningkatan curah hujan di beberapa wilayah, terutama di Amerika Selatan, yang dapat menyebabkan banjir yang parah.</li><li><strong>Pengeringan</strong>: Meskipun El Niño dapat meningkatkan curah hujan di beberapa wilayah, di tempat lainnya dapat menyebabkan kekeringan karena perubahan pola cuaca yang tidak terduga. Ini terutama terjadi di wilayah-wilayah yang biasanya memiliki musim hujan, seperti di Asia Tenggara.</li><li><strong>Peningkatan Siklon Tropis</strong>: El Niño juga dapat menyebabkan peningkatan jumlah dan intensitas siklon tropis di wilayah tertentu, yang dapat menyebabkan banjir bandang dan kerusakan yang parah.</li></ul><p><strong>La Niña</strong>:</p><ul><li><strong>Banjir</strong>: La Niña cenderung menyebabkan peningkatan curah hujan di beberapa wilayah, terutama di Amerika Selatan dan bagian timur Australia. Hal ini dapat menyebabkan banjir yang luas dan merusak.</li><li><strong>Kekeringan</strong>: Di tempat lain, La Niña dapat menyebabkan kekeringan karena perubahan pola curah hujan yang tidak terduga. Ini sering terjadi di wilayah-wilayah yang biasanya basah, seperti bagian utara Amerika Selatan.</li><li><strong>Peningkatan Badai Tropis</strong>: La Niña dapat menyebabkan peningkatan jumlah dan intensitas badai tropis di beberapa wilayah, yang dapat mengakibatkan banjir bandang dan kerusakan yang serius.</li></ul>

El Niño dan La Niña adalah fenomena alam yang terjadi karena perubahan suhu permukaan air laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur. Perbedaan suhu ini mempengaruhi pola cuaca di seluruh dunia. Berikut adalah pengaruh El Niño dan La Niña terhadap bencana banjir dan kekeringan yang berkepanjangan:

El Niño:

  • Peningkatan Hujan: El Niño sering kali menyebabkan peningkatan curah hujan di beberapa wilayah, terutama di Amerika Selatan, yang dapat menyebabkan banjir yang parah.
  • Pengeringan: Meskipun El Niño dapat meningkatkan curah hujan di beberapa wilayah, di tempat lainnya dapat menyebabkan kekeringan karena perubahan pola cuaca yang tidak terduga. Ini terutama terjadi di wilayah-wilayah yang biasanya memiliki musim hujan, seperti di Asia Tenggara.
  • Peningkatan Siklon Tropis: El Niño juga dapat menyebabkan peningkatan jumlah dan intensitas siklon tropis di wilayah tertentu, yang dapat menyebabkan banjir bandang dan kerusakan yang parah.

La Niña:

  • Banjir: La Niña cenderung menyebabkan peningkatan curah hujan di beberapa wilayah, terutama di Amerika Selatan dan bagian timur Australia. Hal ini dapat menyebabkan banjir yang luas dan merusak.
  • Kekeringan: Di tempat lain, La Niña dapat menyebabkan kekeringan karena perubahan pola curah hujan yang tidak terduga. Ini sering terjadi di wilayah-wilayah yang biasanya basah, seperti bagian utara Amerika Selatan.
  • Peningkatan Badai Tropis: La Niña dapat menyebabkan peningkatan jumlah dan intensitas badai tropis di beberapa wilayah, yang dapat mengakibatkan banjir bandang dan kerusakan yang serius.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana cara kerja panel surya jelaskan

3

0.0

Jawaban terverifikasi