Irene M

16 April 2024 12:20

Iklan

Iklan

Irene M

16 April 2024 12:20

Pertanyaan

Jelaskan karakteristik lapisan mantel bumi berdasarkan jenis materialnya.


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

23 April 2024 09:22

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Selimut/Mantel Bumi (Mantle)</strong></p><ul><li>Mantel bumi bagian atas, berada pada kedalaman 400 km dengan lapisan yang bersifat plastis dan semiplastis karena suhu dan tekanan pada mantel atas berada pada kondisi setimbang.</li><li>Mantel bumi bagian bawah, berada pada kedalaman 2900 km dengan lapisan yang bersifat pada karena adanya tekanan dari lapisan di atasnya. Mantel bawah mengandung besi dan mineral SIMA.</li></ul>

Selimut/Mantel Bumi (Mantle)

  • Mantel bumi bagian atas, berada pada kedalaman 400 km dengan lapisan yang bersifat plastis dan semiplastis karena suhu dan tekanan pada mantel atas berada pada kondisi setimbang.
  • Mantel bumi bagian bawah, berada pada kedalaman 2900 km dengan lapisan yang bersifat pada karena adanya tekanan dari lapisan di atasnya. Mantel bawah mengandung besi dan mineral SIMA.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

Dijawab 4 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>Lapisan mantel bumi memiliki karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan jenis materialnya. Secara umum, mantel bumi terdiri dari dua bagian utama, yaitu mantel bagian atas (astenosfer) dan mantel bagian bawah. Berikut adalah karakteristik dari setiap jenis material dalam lapisan mantel:</p><p><strong>Asthenosphere (Mantel Bagian Atas)</strong>:</p><ul><li><strong>Material Lebih Cair</strong>: Asthenosphere terdiri dari batuan yang memiliki sifat semi-cair atau plastis, yang memungkinkannya mengalami pergerakan dan deformasi dalam skala geologis yang panjang. Hal ini disebabkan oleh suhu dan tekanan yang tinggi di dalam mantel bagian atas.</li><li><strong>Kemampuan Pergerakan</strong>: Karena sifat plastisnya, asthenosphere memungkinkan lempengan tektonik di kerak bumi untuk "mengapung" dan bergerak di atasnya. Ini merupakan dasar bagi teori tektonik lempeng yang menjelaskan pergerakan lempeng bumi.</li><li><strong>Sumber Kekuatan Vulkanik</strong>: Asthenosphere juga merupakan sumber utama magma yang naik ke permukaan bumi melalui letusan gunung api dan kerucut vulkanik.</li></ul><p><strong>Mantel Bagian Bawah</strong>:</p><ul><li><strong>Material Lebih Padat</strong>: Mantel bagian bawah memiliki batuan yang lebih padat dan padat dibandingkan asthenosphere. Batuan-batuan ini mengalami tekanan dan suhu yang lebih tinggi, sehingga cenderung lebih padat dan keras.</li><li><strong>Pergerakan yang Lebih Lambat</strong>: Meskipun masih bisa mengalami deformasi dan pergerakan dalam skala waktu geologis yang panjang, mantel bagian bawah cenderung lebih kaku dan memiliki pergerakan yang lebih lambat daripada asthenosphere.</li><li><strong>Sumber Panas Internal</strong>: Mantel bagian bawah juga berperan sebagai sumber panas internal bumi, dengan proses konveksi yang menghasilkan perubahan termal di dalam lapisan mantel dan kerak bumi.</li></ul>

Lapisan mantel bumi memiliki karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan jenis materialnya. Secara umum, mantel bumi terdiri dari dua bagian utama, yaitu mantel bagian atas (astenosfer) dan mantel bagian bawah. Berikut adalah karakteristik dari setiap jenis material dalam lapisan mantel:

Asthenosphere (Mantel Bagian Atas):

  • Material Lebih Cair: Asthenosphere terdiri dari batuan yang memiliki sifat semi-cair atau plastis, yang memungkinkannya mengalami pergerakan dan deformasi dalam skala geologis yang panjang. Hal ini disebabkan oleh suhu dan tekanan yang tinggi di dalam mantel bagian atas.
  • Kemampuan Pergerakan: Karena sifat plastisnya, asthenosphere memungkinkan lempengan tektonik di kerak bumi untuk "mengapung" dan bergerak di atasnya. Ini merupakan dasar bagi teori tektonik lempeng yang menjelaskan pergerakan lempeng bumi.
  • Sumber Kekuatan Vulkanik: Asthenosphere juga merupakan sumber utama magma yang naik ke permukaan bumi melalui letusan gunung api dan kerucut vulkanik.

Mantel Bagian Bawah:

  • Material Lebih Padat: Mantel bagian bawah memiliki batuan yang lebih padat dan padat dibandingkan asthenosphere. Batuan-batuan ini mengalami tekanan dan suhu yang lebih tinggi, sehingga cenderung lebih padat dan keras.
  • Pergerakan yang Lebih Lambat: Meskipun masih bisa mengalami deformasi dan pergerakan dalam skala waktu geologis yang panjang, mantel bagian bawah cenderung lebih kaku dan memiliki pergerakan yang lebih lambat daripada asthenosphere.
  • Sumber Panas Internal: Mantel bagian bawah juga berperan sebagai sumber panas internal bumi, dengan proses konveksi yang menghasilkan perubahan termal di dalam lapisan mantel dan kerak bumi.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi pola curah hujan di Indonesia dan jelaskan pengaruhnya terhadap pertanian!

3

5.0

Jawaban terverifikasi