MESSIAH R

20 April 2024 10:28

Iklan

Iklan

MESSIAH R

20 April 2024 10:28

Pertanyaan

jelaskan jenis seni rupa berdasarkan fungsinya

jelaskan jenis seni rupa berdasarkan fungsinya


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Lucius F

21 April 2024 04:24

Jawaban terverifikasi

<p>Jelaskan seni rupa berdasarkan fungsinya!</p><p>Seni rupa berdasarkan fungsi:</p><p><strong>1. Seni rupa murni</strong></p><p>Seni rupa murni atau <i>fine art</i> dibuat dengan niat untuk memenuhi kebutuhan mengekspresikan keindahan atau estetis. Contohnya, lukisan, patung, dan&nbsp;tapestri.</p><p>Istilah ini pertama kali muncul di Eropa saat masa Renaisans dan berkembang sebagai seni tinggi.</p><p><strong>2. Seni rupa terapan</strong></p><p>Seni rupa terapan atau <i>applied art</i> dibuat dengan tujuan memenuhi fungsi atau kegunaan tertentu yang bersifat praktis. Karya seni ini tercipta karena dorongan untuk memenuhi kebutuhan praktis untuk memudahkan dan memberi kenyamanan pada manusia dalam kehidupannya.</p><p>Seni rupa terapan berbentuk dua dimensi yakni poster, spanduk, baliho, brosur, kulit buku dan logo. Dalam bentuk tiga dimensi yakni perabot, peralatan, kendaraan, dan arsitektur.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga bermanfaat ๐Ÿ™</p>

Jelaskan seni rupa berdasarkan fungsinya!

Seni rupa berdasarkan fungsi:

1. Seni rupa murni

Seni rupa murni atau fine art dibuat dengan niat untuk memenuhi kebutuhan mengekspresikan keindahan atau estetis. Contohnya, lukisan, patung, dan tapestri.

Istilah ini pertama kali muncul di Eropa saat masa Renaisans dan berkembang sebagai seni tinggi.

2. Seni rupa terapan

Seni rupa terapan atau applied art dibuat dengan tujuan memenuhi fungsi atau kegunaan tertentu yang bersifat praktis. Karya seni ini tercipta karena dorongan untuk memenuhi kebutuhan praktis untuk memudahkan dan memberi kenyamanan pada manusia dalam kehidupannya.

Seni rupa terapan berbentuk dua dimensi yakni poster, spanduk, baliho, brosur, kulit buku dan logo. Dalam bentuk tiga dimensi yakni perabot, peralatan, kendaraan, dan arsitektur.

 

 

Semoga bermanfaat ๐Ÿ™


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 April 2024 09:55

Jawaban terverifikasi

<p>Seni rupa dapat dibedakan berdasarkan fungsinya menjadi beberapa jenis, antara lain:</p><p><strong>Seni Rupa Murni (Fine Art)</strong>: Seni rupa yang dibuat untuk tujuan estetika dan ekspresi pribadi, tanpa memperhatikan fungsi praktis. Contohnya lukisan, patung, dan instalasi seni.</p><p><strong>Seni Rupa Terapan (Applied Art)</strong>: Seni rupa yang memiliki fungsi praktis, seperti menjadikan barang-barang sehari-hari menjadi lebih estetis dan fungsional. Contohnya seni ukir, kerajinan tangan, desain interior, dan desain produk.</p><p><strong>Seni Rupa Dekoratif</strong>: Seni rupa yang digunakan untuk menghiasi ruangan atau objek, tanpa memperhatikan fungsi praktis yang spesifik. Contohnya adalah karya seni mural atau ornamen dekoratif.</p><p><strong>Seni Rupa Ilustratif</strong>: Seni rupa yang digunakan untuk menggambarkan suatu cerita atau konsep, biasanya digunakan dalam media seperti buku, majalah, atau media digital. Contohnya ilustrasi buku anak-anak atau komik</p>

Seni rupa dapat dibedakan berdasarkan fungsinya menjadi beberapa jenis, antara lain:

Seni Rupa Murni (Fine Art): Seni rupa yang dibuat untuk tujuan estetika dan ekspresi pribadi, tanpa memperhatikan fungsi praktis. Contohnya lukisan, patung, dan instalasi seni.

Seni Rupa Terapan (Applied Art): Seni rupa yang memiliki fungsi praktis, seperti menjadikan barang-barang sehari-hari menjadi lebih estetis dan fungsional. Contohnya seni ukir, kerajinan tangan, desain interior, dan desain produk.

Seni Rupa Dekoratif: Seni rupa yang digunakan untuk menghiasi ruangan atau objek, tanpa memperhatikan fungsi praktis yang spesifik. Contohnya adalah karya seni mural atau ornamen dekoratif.

Seni Rupa Ilustratif: Seni rupa yang digunakan untuk menggambarkan suatu cerita atau konsep, biasanya digunakan dalam media seperti buku, majalah, atau media digital. Contohnya ilustrasi buku anak-anak atau komik


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Peraturan rerundang undanang adalah peraturan tertulis yang di bentuk oleh???๐Ÿ™

5

0.0

Jawaban terverifikasi