Fitri A

26 Mei 2024 06:12

Iklan

Fitri A

26 Mei 2024 06:12

Pertanyaan

Harga beras di pasaran naik. Sementara, harga gabah turun. Kata naik – turun adalah kata berantonim. Tentukan pasangan kata di bawah ini yang tidak berantonim! A. khusus-umum B. Kotak-persegi C.sopan-pemarah D.kaya-yatim E. bergerak-berhenti

Harga beras di pasaran naik. Sementara, harga gabah turun. Kata naik – turun adalah kata berantonim. Tentukan pasangan kata di bawah ini yang tidak berantonim!

A. khusus-umum

B. Kotak-persegi

C.sopan-pemarah

D.kaya-yatim

E. bergerak-berhenti

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

57

:

43

Klaim

14

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

26 Mei 2024 06:14

Jawaban terverifikasi

Penjelasan: Pertanyaan ini meminta kita untuk menemukan pasangan kata yang **tidak** berantonim. Antonim adalah kata yang memiliki makna berlawanan. Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menganalisis setiap pilihan jawaban dan menentukan apakah pasangan kata tersebut memiliki makna berlawanan atau tidak. * **(A.) khusus-umum:** Kata "khusus" berarti terbatas pada hal tertentu, sedangkan "umum" berarti berlaku untuk semua. Kedua kata ini memiliki makna berlawanan, sehingga merupakan antonim. * **(B.) Kotak-persegi:** Kata "kotak" merujuk pada bentuk tiga dimensi dengan enam sisi persegi panjang. Kata "persegi" merujuk pada bentuk dua dimensi dengan empat sisi yang sama panjang dan empat sudut siku-siku. Meskipun keduanya terkait dengan bentuk geometri, mereka tidak memiliki makna berlawanan. Kotak dapat berbentuk persegi, tetapi persegi tidak selalu berbentuk kotak. * **(C) sopan-pemarah:** Kata "sopan" berarti bersikap santun dan hormat, sedangkan "pemarah" berarti mudah marah dan kasar. Kedua kata ini memiliki makna berlawanan, sehingga merupakan antonim. * **(D) kaya-yatim:** Kata "kaya" berarti memiliki banyak harta, sedangkan "yatim" berarti kehilangan orang tua. Kedua kata ini tidak memiliki makna berlawanan, karena "yatim" merujuk pada status sosial, bukan kondisi ekonomi. * **(E) bergerak-berhenti:** Kata "bergerak" berarti berpindah tempat, sedangkan "berhenti" berarti tidak berpindah tempat. Kedua kata ini memiliki makna berlawanan, sehingga merupakan antonim. **Jawaban:** Pasangan kata yang tidak berantonim adalah **(B.) Kotak-persegi**.


Iklan

Dea K

Community

26 Mei 2024 07:38

Jawaban terverifikasi

<p>Antonim adalah pasangan kata yang memiliki arti berlawanan. Dalam pilihan yang diberikan, pasangan kata yang <strong>tidak</strong> berantonim adalah <strong>B. Kotak-persegi</strong>. Kedua kata ini merujuk pada bentuk geometri dan tidak memiliki arti yang berlawanan, “Kotak” dan “persegi” keduanya merujuk pada bentuk dengan empat sisi yang sama panjang. Jadi, jawabannya adalah <strong>B. Kotak-persegi</strong>.</p>

Antonim adalah pasangan kata yang memiliki arti berlawanan. Dalam pilihan yang diberikan, pasangan kata yang tidak berantonim adalah B. Kotak-persegi. Kedua kata ini merujuk pada bentuk geometri dan tidak memiliki arti yang berlawanan, “Kotak” dan “persegi” keduanya merujuk pada bentuk dengan empat sisi yang sama panjang. Jadi, jawabannya adalah B. Kotak-persegi.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan