Fitri A

26 Mei 2024 06:12

Iklan

Iklan

Fitri A

26 Mei 2024 06:12

Pertanyaan

Harga beras di pasaran naik. Sementara, harga gabah turun. Kata naik – turun adalah kata berantonim. Tentukan pasangan kata di bawah ini yang tidak berantonim! A. khusus-umum B. Kotak-persegi C.sopan-pemarah D.kaya-yatim E. bergerak-berhenti

Harga beras di pasaran naik. Sementara, harga gabah turun. Kata naik – turun adalah kata berantonim. Tentukan pasangan kata di bawah ini yang tidak berantonim!

A. khusus-umum

B. Kotak-persegi

C.sopan-pemarah

D.kaya-yatim

E. bergerak-berhenti


30

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

26 Mei 2024 06:14

Jawaban terverifikasi

Penjelasan: Pertanyaan ini meminta kita untuk menemukan pasangan kata yang **tidak** berantonim. Antonim adalah kata yang memiliki makna berlawanan. Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menganalisis setiap pilihan jawaban dan menentukan apakah pasangan kata tersebut memiliki makna berlawanan atau tidak. * **(A.) khusus-umum:** Kata "khusus" berarti terbatas pada hal tertentu, sedangkan "umum" berarti berlaku untuk semua. Kedua kata ini memiliki makna berlawanan, sehingga merupakan antonim. * **(B.) Kotak-persegi:** Kata "kotak" merujuk pada bentuk tiga dimensi dengan enam sisi persegi panjang. Kata "persegi" merujuk pada bentuk dua dimensi dengan empat sisi yang sama panjang dan empat sudut siku-siku. Meskipun keduanya terkait dengan bentuk geometri, mereka tidak memiliki makna berlawanan. Kotak dapat berbentuk persegi, tetapi persegi tidak selalu berbentuk kotak. * **(C) sopan-pemarah:** Kata "sopan" berarti bersikap santun dan hormat, sedangkan "pemarah" berarti mudah marah dan kasar. Kedua kata ini memiliki makna berlawanan, sehingga merupakan antonim. * **(D) kaya-yatim:** Kata "kaya" berarti memiliki banyak harta, sedangkan "yatim" berarti kehilangan orang tua. Kedua kata ini tidak memiliki makna berlawanan, karena "yatim" merujuk pada status sosial, bukan kondisi ekonomi. * **(E) bergerak-berhenti:** Kata "bergerak" berarti berpindah tempat, sedangkan "berhenti" berarti tidak berpindah tempat. Kedua kata ini memiliki makna berlawanan, sehingga merupakan antonim. **Jawaban:** Pasangan kata yang tidak berantonim adalah **(B.) Kotak-persegi**.


Iklan

Iklan

Dea K

26 Mei 2024 07:38

Jawaban terverifikasi

<p>Antonim adalah pasangan kata yang memiliki arti berlawanan. Dalam pilihan yang diberikan, pasangan kata yang <strong>tidak</strong> berantonim adalah <strong>B. Kotak-persegi</strong>. Kedua kata ini merujuk pada bentuk geometri dan tidak memiliki arti yang berlawanan, “Kotak” dan “persegi” keduanya merujuk pada bentuk dengan empat sisi yang sama panjang. Jadi, jawabannya adalah <strong>B. Kotak-persegi</strong>.</p>

Antonim adalah pasangan kata yang memiliki arti berlawanan. Dalam pilihan yang diberikan, pasangan kata yang tidak berantonim adalah B. Kotak-persegi. Kedua kata ini merujuk pada bentuk geometri dan tidak memiliki arti yang berlawanan, “Kotak” dan “persegi” keduanya merujuk pada bentuk dengan empat sisi yang sama panjang. Jadi, jawabannya adalah B. Kotak-persegi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kutipan berikut untuk soal nomor 1-3. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) bukan istilah baru dalam dunia pendidikan. PJJ telah ada sejak 1984. Awal mulanya PJJ telah ada dan diterapkan di Universitas Terbuka sehingga kegiatan ini bukan menjadi kendala bagi lembaga perguruan tinggi di Indonesia untuk menggunakan sistem serupa. Pandemi Covid-19 yang mewabah pada berbagai sektor, termasuk bidang pendidikan. Berdasarkan data dari UNESCO hingga 13 Maret 2020, ada 61 negara di Afrika, Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan yang telah mengumumkan atau menerapkan pembatasan pembelajaran sekolah, serta universitas. Munculnya pandemi menuntut sejumlah lembaga pendidikan termasuk lembaga pendidikan tinggi untuk melakukan sebuah inovasi pembelajaran. Tujuannya agar pelaksanaan perkuliahan dapat tetap berjalan baik dengan memanfaatkan layanan pendidikan berbasis internet. Kita hanya perlu sedikit tekun dan melek teknologi agar tidak ketinggalan dalam belajar. Dalam memberikan penugasan kepada siswa atau mahasiswa, pendidik harus lebih mumpuni. Pendidik juga harus menguasai sejumlah fitur terkait dengan mata pelajaran atau mata kuliah. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memang tidak lepas dari berbagai kendala, seperti terbatasnya akses internet dan perangkat yang dimiliki oleh siswa atau mahasiswa. Kondisi ini bukanlah menjadi suatu penghambat bagi guru atau dosen untuk melakukan inovasi, utamanya ketika pembelajaran secara daring. Apalagi Pemerintah juga telah memberikan bantuan subsidi pulsa atau kuota untuk tenaga pengajar dan siswa 2. Tentukan kalimat dengan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu dan harapan, serta adverbia kualitatif dan kuantitatif dalam kutipan artikel tersebut!

2

5.0

Jawaban terverifikasi

Kutipan berikut untuk soal nomor 1-3. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) bukan istilah baru dalam dunia pendidikan. PJJ telah ada sejak 1984. Awal mulanya PJJ telah ada dan diterapkan di Universitas Terbuka sehingga kegiatan ini bukan menjadi kendala bagi lembaga perguruan tinggi di Indonesia untuk menggunakan sistem serupa. Pandemi Covid-19 yang mewabah pada berbagai sektor, termasuk bidang pendidikan. Berdasarkan data dari UNESCO hingga 13 Maret 2020, ada 61 negara di Afrika, Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan yang telah mengumumkan atau menerapkan pembatasan pembelajaran sekolah, serta universitas. Munculnya pandemi menuntut sejumlah lembaga pendidikan termasuk lembaga pendidikan tinggi untuk melakukan sebuah inovasi pembelajaran. Tujuannya agar pelaksanaan perkuliahan dapat tetap berjalan baik dengan memanfaatkan layanan pendidikan berbasis internet. Kita hanya perlu sedikit tekun dan melek teknologi agar tidak ketinggalan dalam belajar. Dalam memberikan penugasan kepada siswa atau mahasiswa, pendidik harus lebih mumpuni. Pendidik juga harus menguasai sejumlah fitur terkait dengan mata pelajaran atau mata kuliah. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memang tidak lepas dari berbagai kendala, seperti terbatasnya akses internet dan perangkat yang dimiliki oleh siswa atau mahasiswa. Kondisi ini bukanlah menjadi suatu penghambat bagi guru atau dosen untuk melakukan inovasi, utamanya ketika pembelajaran secara daring. Apalagi Pemerintah juga telah memberikan bantuan subsidi pulsa atau kuota untuk tenaga pengajar dan siswa 1. Tentukan struktur kutipan artikel tersebut!

1

5.0

Jawaban terverifikasi