Aura B

24 Agustus 2024 14:36

Iklan

Aura B

24 Agustus 2024 14:36

Pertanyaan

Laporan Hasil Observasi Kunang-Kunang Kunang-kunang merupakan serangga kecil dan cantik yang mampu mengeluarkan cahaya dalam gelap. Namun, saat ini kunang-kunang makin jarang ditemui. Kunang-kunang berada dalam status hewan yang terancam punah. Kerusakan habitat, penggunaan pestisida, dan cahaya buatan menjadi ancaman serius bagi kunang-kunang. Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera. Lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Spesies ini banyak ditemukan di rawa atau hutan basah yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya. Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali dan menarik lawan jenis. Selain itu, kunang-kunang menggunakan cahayanya untuk memburu mangsa. Cahaya kunang-kunang juga berperan sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang berada dalam ancaman bahaya. Kunang-kunang merupakan serangga unik. Sayangnya keberadaan kunang-kunang saat ini mulai langka. Kita dapat melakukan aksi untuk mencegah kunang-kunang punah. Dengan demikian, cahaya kunang-kunang dapat terus kita saksikan. Cahaya pada kunang-kunang tidak hanya memberikan kesan cantik, tetapi juga memiliki fungsi lainnya. Pertanyaan: 1. Tentukan fakta dalam laporan hasil observasi tersebut! 2. Tentukan kata ilmiah atau istilah dalam laporan hasil observasi tersebut beserta maknanya!

Laporan Hasil Observasi Kunang-Kunang

Kunang-kunang merupakan serangga kecil dan cantik yang mampu mengeluarkan cahaya dalam gelap. Namun, saat ini kunang-kunang makin jarang ditemui. Kunang-kunang berada dalam status hewan yang terancam punah. Kerusakan habitat, penggunaan pestisida, dan cahaya buatan menjadi ancaman serius bagi kunang-kunang.

Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera. Lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Spesies ini banyak ditemukan di rawa atau hutan basah yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya.

Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali dan menarik lawan jenis. Selain itu, kunang-kunang menggunakan cahayanya untuk memburu mangsa. Cahaya kunang-kunang juga berperan sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang berada dalam ancaman bahaya.

Kunang-kunang merupakan serangga unik. Sayangnya keberadaan kunang-kunang saat ini mulai langka. Kita dapat melakukan aksi untuk mencegah kunang-kunang punah. Dengan demikian, cahaya kunang-kunang dapat terus kita saksikan. Cahaya pada kunang-kunang tidak hanya memberikan kesan cantik, tetapi juga memiliki fungsi lainnya.

Pertanyaan:

1. Tentukan fakta dalam laporan hasil observasi tersebut!

2. Tentukan kata ilmiah atau istilah dalam laporan hasil observasi tersebut beserta maknanya!

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

05

:

27

:

07

Klaim

266

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rani S

24 Agustus 2024 21:56

Jawaban terverifikasi

<p>Hai, kakak izin mejawab ya !</p><p><strong>Kalimat Fakta</strong> :</p><p>1. Kunang-kunang berada dalam status hewan yang terancam punah.</p><p>2. Penyebab dari kepunahan kunang-kunang adalah rusaknya habitat mereka akibat penggunaan pestisida dan cahaya buatan.</p><p>3. Kunang-kunang termasuk ke dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera.</p><p>4. Lebih dari 2000 spesies kunang-kunang dapat ditemukan di daerah iklim tropis dan 4 musim di seluruh dunia, dan banyak ditemukan di rawa atau hutan basah.</p><p>5. Cahaya kunang-kunang berfungsi untuk menarik lawan jenis dan memburu mangsa.</p><p>6. Cahaya kunang-kunang juga berperan sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang dalam ancaman bahaya.</p><p><strong>Kata istilah :</strong></p><p>1. Spesies</p><p>2. Ordo kumbang Coleoptera</p><p>3. Lampyridae</p><p>4. Habitat</p>

Hai, kakak izin mejawab ya !

Kalimat Fakta :

1. Kunang-kunang berada dalam status hewan yang terancam punah.

2. Penyebab dari kepunahan kunang-kunang adalah rusaknya habitat mereka akibat penggunaan pestisida dan cahaya buatan.

3. Kunang-kunang termasuk ke dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera.

4. Lebih dari 2000 spesies kunang-kunang dapat ditemukan di daerah iklim tropis dan 4 musim di seluruh dunia, dan banyak ditemukan di rawa atau hutan basah.

5. Cahaya kunang-kunang berfungsi untuk menarik lawan jenis dan memburu mangsa.

6. Cahaya kunang-kunang juga berperan sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang dalam ancaman bahaya.

Kata istilah :

1. Spesies

2. Ordo kumbang Coleoptera

3. Lampyridae

4. Habitat


Iklan

Jacky J

Community

25 Agustus 2024 08:59

Jawaban terverifikasi

<p>1. Fakta dalam laporan hasil observasi:</p><ul><li>Kunang-kunang adalah serangga kecil yang mampu mengeluarkan cahaya dalam gelap.</li><li>Kunang-kunang semakin jarang ditemui dan berada dalam status hewan yang terancam punah.</li><li>Ancaman serius bagi kunang-kunang termasuk kerusakan habitat, penggunaan pestisida, dan cahaya buatan.</li><li>Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera.</li><li>Terdapat lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia.</li><li>Spesies kunang-kunang banyak ditemukan di rawa atau hutan basah yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya.</li><li>Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali dan menarik lawan jenis, serta untuk memburu mangsa.</li><li>Cahaya kunang-kunang juga berfungsi sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang berada dalam ancaman bahaya.</li></ul><p>2. Kata ilmiah atau istilah dalam laporan hasil observasi beserta maknanya:</p><ul><li><strong>Lampyridae</strong>: Nama famili dari kunang-kunang yang termasuk dalam ordo kumbang Coleoptera.</li><li><strong>Coleoptera</strong>: Ordo serangga yang dikenal sebagai kumbang, yang memiliki sayap keras yang melindungi sayap belakang yang lebih lembut.</li><li><strong>Habitat</strong>: Lingkungan tempat tinggal alami dari kunang-kunang, seperti rawa atau hutan basah.</li><li><strong>Larva</strong>: Tahap awal kehidupan kunang-kunang sebelum menjadi dewasa, yang biasanya hidup di lingkungan yang lembab dan kaya makanan.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

1. Fakta dalam laporan hasil observasi:

  • Kunang-kunang adalah serangga kecil yang mampu mengeluarkan cahaya dalam gelap.
  • Kunang-kunang semakin jarang ditemui dan berada dalam status hewan yang terancam punah.
  • Ancaman serius bagi kunang-kunang termasuk kerusakan habitat, penggunaan pestisida, dan cahaya buatan.
  • Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera.
  • Terdapat lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia.
  • Spesies kunang-kunang banyak ditemukan di rawa atau hutan basah yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya.
  • Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali dan menarik lawan jenis, serta untuk memburu mangsa.
  • Cahaya kunang-kunang juga berfungsi sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang berada dalam ancaman bahaya.

2. Kata ilmiah atau istilah dalam laporan hasil observasi beserta maknanya:

  • Lampyridae: Nama famili dari kunang-kunang yang termasuk dalam ordo kumbang Coleoptera.
  • Coleoptera: Ordo serangga yang dikenal sebagai kumbang, yang memiliki sayap keras yang melindungi sayap belakang yang lebih lembut.
  • Habitat: Lingkungan tempat tinggal alami dari kunang-kunang, seperti rawa atau hutan basah.
  • Larva: Tahap awal kehidupan kunang-kunang sebelum menjadi dewasa, yang biasanya hidup di lingkungan yang lembab dan kaya makanan.


 


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan