Aura B

24 Agustus 2024 14:36

Iklan

Aura B

24 Agustus 2024 14:36

Pertanyaan

Laporan Hasil Observasi Kunang-Kunang Kunang-kunang merupakan serangga kecil dan cantik yang mampu mengeluarkan cahaya dalam gelap. Namun, saat ini kunang-kunang makin jarang ditemui. Kunang-kunang berada dalam status hewan yang terancam punah. Kerusakan habitat, penggunaan pestisida, dan cahaya buatan menjadi ancaman serius bagi kunang-kunang. Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera. Lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Spesies ini banyak ditemukan di rawa atau hutan basah yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya. Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali dan menarik lawan jenis. Selain itu, kunang-kunang menggunakan cahayanya untuk memburu mangsa. Cahaya kunang-kunang juga berperan sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang berada dalam ancaman bahaya. Kunang-kunang merupakan serangga unik. Sayangnya keberadaan kunang-kunang saat ini mulai langka. Kita dapat melakukan aksi untuk mencegah kunang-kunang punah. Dengan demikian, cahaya kunang-kunang dapat terus kita saksikan. Cahaya pada kunang-kunang tidak hanya memberikan kesan cantik, tetapi juga memiliki fungsi lainnya. Pertanyaan: 1. Tentukan fakta dalam laporan hasil observasi tersebut! 2. Tentukan kata ilmiah atau istilah dalam laporan hasil observasi tersebut beserta maknanya!

Laporan Hasil Observasi Kunang-Kunang

Kunang-kunang merupakan serangga kecil dan cantik yang mampu mengeluarkan cahaya dalam gelap. Namun, saat ini kunang-kunang makin jarang ditemui. Kunang-kunang berada dalam status hewan yang terancam punah. Kerusakan habitat, penggunaan pestisida, dan cahaya buatan menjadi ancaman serius bagi kunang-kunang.

Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera. Lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Spesies ini banyak ditemukan di rawa atau hutan basah yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya.

Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali dan menarik lawan jenis. Selain itu, kunang-kunang menggunakan cahayanya untuk memburu mangsa. Cahaya kunang-kunang juga berperan sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang berada dalam ancaman bahaya.

Kunang-kunang merupakan serangga unik. Sayangnya keberadaan kunang-kunang saat ini mulai langka. Kita dapat melakukan aksi untuk mencegah kunang-kunang punah. Dengan demikian, cahaya kunang-kunang dapat terus kita saksikan. Cahaya pada kunang-kunang tidak hanya memberikan kesan cantik, tetapi juga memiliki fungsi lainnya.

Pertanyaan:

1. Tentukan fakta dalam laporan hasil observasi tersebut!

2. Tentukan kata ilmiah atau istilah dalam laporan hasil observasi tersebut beserta maknanya!

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

15

:

59

:

36

Klaim

7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rani S

24 Agustus 2024 21:56

Jawaban terverifikasi

<p>Hai, kakak izin mejawab ya !</p><p><strong>Kalimat Fakta</strong> :</p><p>1. Kunang-kunang berada dalam status hewan yang terancam punah.</p><p>2. Penyebab dari kepunahan kunang-kunang adalah rusaknya habitat mereka akibat penggunaan pestisida dan cahaya buatan.</p><p>3. Kunang-kunang termasuk ke dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera.</p><p>4. Lebih dari 2000 spesies kunang-kunang dapat ditemukan di daerah iklim tropis dan 4 musim di seluruh dunia, dan banyak ditemukan di rawa atau hutan basah.</p><p>5. Cahaya kunang-kunang berfungsi untuk menarik lawan jenis dan memburu mangsa.</p><p>6. Cahaya kunang-kunang juga berperan sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang dalam ancaman bahaya.</p><p><strong>Kata istilah :</strong></p><p>1. Spesies</p><p>2. Ordo kumbang Coleoptera</p><p>3. Lampyridae</p><p>4. Habitat</p>

Hai, kakak izin mejawab ya !

Kalimat Fakta :

1. Kunang-kunang berada dalam status hewan yang terancam punah.

2. Penyebab dari kepunahan kunang-kunang adalah rusaknya habitat mereka akibat penggunaan pestisida dan cahaya buatan.

3. Kunang-kunang termasuk ke dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera.

4. Lebih dari 2000 spesies kunang-kunang dapat ditemukan di daerah iklim tropis dan 4 musim di seluruh dunia, dan banyak ditemukan di rawa atau hutan basah.

5. Cahaya kunang-kunang berfungsi untuk menarik lawan jenis dan memburu mangsa.

6. Cahaya kunang-kunang juga berperan sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang dalam ancaman bahaya.

Kata istilah :

1. Spesies

2. Ordo kumbang Coleoptera

3. Lampyridae

4. Habitat


Iklan

Jacky J

Bronze

25 Agustus 2024 08:59

Jawaban terverifikasi

<p>1. Fakta dalam laporan hasil observasi:</p><ul><li>Kunang-kunang adalah serangga kecil yang mampu mengeluarkan cahaya dalam gelap.</li><li>Kunang-kunang semakin jarang ditemui dan berada dalam status hewan yang terancam punah.</li><li>Ancaman serius bagi kunang-kunang termasuk kerusakan habitat, penggunaan pestisida, dan cahaya buatan.</li><li>Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera.</li><li>Terdapat lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia.</li><li>Spesies kunang-kunang banyak ditemukan di rawa atau hutan basah yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya.</li><li>Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali dan menarik lawan jenis, serta untuk memburu mangsa.</li><li>Cahaya kunang-kunang juga berfungsi sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang berada dalam ancaman bahaya.</li></ul><p>2. Kata ilmiah atau istilah dalam laporan hasil observasi beserta maknanya:</p><ul><li><strong>Lampyridae</strong>: Nama famili dari kunang-kunang yang termasuk dalam ordo kumbang Coleoptera.</li><li><strong>Coleoptera</strong>: Ordo serangga yang dikenal sebagai kumbang, yang memiliki sayap keras yang melindungi sayap belakang yang lebih lembut.</li><li><strong>Habitat</strong>: Lingkungan tempat tinggal alami dari kunang-kunang, seperti rawa atau hutan basah.</li><li><strong>Larva</strong>: Tahap awal kehidupan kunang-kunang sebelum menjadi dewasa, yang biasanya hidup di lingkungan yang lembab dan kaya makanan.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

1. Fakta dalam laporan hasil observasi:

  • Kunang-kunang adalah serangga kecil yang mampu mengeluarkan cahaya dalam gelap.
  • Kunang-kunang semakin jarang ditemui dan berada dalam status hewan yang terancam punah.
  • Ancaman serius bagi kunang-kunang termasuk kerusakan habitat, penggunaan pestisida, dan cahaya buatan.
  • Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera.
  • Terdapat lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia.
  • Spesies kunang-kunang banyak ditemukan di rawa atau hutan basah yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya.
  • Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali dan menarik lawan jenis, serta untuk memburu mangsa.
  • Cahaya kunang-kunang juga berfungsi sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang berada dalam ancaman bahaya.

2. Kata ilmiah atau istilah dalam laporan hasil observasi beserta maknanya:

  • Lampyridae: Nama famili dari kunang-kunang yang termasuk dalam ordo kumbang Coleoptera.
  • Coleoptera: Ordo serangga yang dikenal sebagai kumbang, yang memiliki sayap keras yang melindungi sayap belakang yang lebih lembut.
  • Habitat: Lingkungan tempat tinggal alami dari kunang-kunang, seperti rawa atau hutan basah.
  • Larva: Tahap awal kehidupan kunang-kunang sebelum menjadi dewasa, yang biasanya hidup di lingkungan yang lembab dan kaya makanan.


 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Teks 1 Salah Kelas Pagi itu, Joni nampak bahagia sekali. Di meja makan, ibunya bertanya kepada Joni. "Jon, Ibu perhatikan dari tadi kamu senyum-senyum sendiri?" "Anu, Bu, semalam ibu wali kelas membagikan jadwal tatap muka terbatas. Senang rasanya karena besok aku bisa bertemu teman-teman. Belajar daring di rumah membosankan, Bu. Apalagi kalau zoom meeting Matematika." "Memangnya kenapa kalau Matematika, Jon?" Ibu bertanya kembali. "Gurunya galak, Bu, materinya juga susah, wong diajarkan di kelas saja masih susah pahamnya, apalagi daring," jawab Joni. "Oh, begitu," Ibu menimpali. "Ya sudah, Bu. Joni pamit, ya." Joni langsung pergi sambil mencium tangan ibunya. Sekolah sudah nampak ramai. Joni berjalan sambil sesekali melihat jadwal mapel yang dibagikan wali kelasnya. Lalu, dia segera masuk kelas dan ternyata sudah ada guru di dalam kelas. "Selamat pagi, Pak. Maaf, saya terlambat." "Selamat pagi juga, Nak, silakan duduk," sahut Pak Guru. Joni langsung mencari kursi dan duduk tanpa melihat kanan kiri. Saat mengeluarkan buku catatan, Joni mengedarkan pandangannya dan langsung kaget. Semua seperti asing. Dia seperti tidak mengenali teman sekelasnya, apalagi semuanya memakai masker. Dia berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah teman kelasnya. Tidak berapa lama, Joni kaget ketika melihat ke papan tulis Pak Guru sedang menjelaskan soal Matematika, padahal seingatnya jadwal pagi itu adalah Bahasa Indonesia. "Astaga, ini kan kelasku satu tahun yang lalu, ini kan kelas satu. Sekarang kan aku sudah naik kelas dua." Keringat dingin keluar di wajah Joni, lalu dia memberanikan diri menemui Pak Guru. "Maaf, Pak, karena sudah satu tahun daring, saya lupa kalau sekarang saya sudah kelas dua. Saya salah masuk kelas, Pak." Semua peserta didik pun tertawa. Dengan wajah malu, Joni keluar kelas. Teks 2 PKH Pada suatu hari, dua orang ibu rumah tangga sedang berbincang-bincang di depan rumah. Mereka sedang asyik membahas tentang bantuan pemerintah yang dinamakan PKH. Bu Tuti : Mar, aku semakin heran dengan pemerintah sekarang. Bu Marni Loh, kenapa, Bu? Ada masalah? (penasaran) Bu Tuti : Ya jelas ada. Kalau enggak ada, buat apa saya repot-repot membahas masalah ini? Bu Marni: Oalah, Bu, sempat-sempatnya memikirkan pemerintah, memangnya pemerintah memikirkan nasib kita? Bu Tuti : Jangan salah. Tuh, lihat tetangga sebelah kita. Dia dapat bantuan dari pemerintah. Setiap bulan, dia rutin mengambil sembako di warung dekat balai desa sana. Bu Marni Masa? Enggak salah, sampeyan, Bu? Dia, kan, lumayan mampu. Lihat saja, kulkas ada, mesin cuci punya, motor dua, kalau pergi perhiasannya selalu menempel di tangannya. Benar enggak salah, Bu? (sedikit tidak percaya) Bu Tuti : Nah, itu yang membuat saya bingung. Kenapa dia dapat bantuan? Padahal, kalau dipikir, dia tergolong keluarga mampu. Coba kita bandingkan dengan tetangga kita yang lain. Ada yang jauh lebih berhak mendapatkan bantuan itu sebenarnya. Bu Marni : Iya betul Bu. Ngomong-ngomong, bantuan apa yang bisa dia dapat, Bu? Bu Tuti Bu Marni: Masa kamu enggak tahu? Itu, loh, bantuan PKH. Oh, yang rumahnya ditempeli stiker "Keluarga Miskin" itu, to? Bu Tuti Nah, itu kamu tahu, Mar. (mengacungkan jempol kepada Bu Marni) Bu Marni Bu Tuti Ya tahu lah, Bu. Apa, sih, yang tidak saya ketahui? Mar, PKH itu apa, to? (penasaran) Bu Marni Program Keluarga Harapan. Bu Tuti : Harapan apa? Bu Marni Harapan biar dikasih sembako tiap bulan, ha...ha...ha... Bu Tuti : Ngawur kamu, Mar. Tulislah persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut

21

0.0

Jawaban terverifikasi

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

38

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Tentukan mana yang merupakan struktur abstraksi,orientasi,krisis,reaksi,dan koda Teks 1 Racun Serangga Alkisah hiduplah sepasang suami istri dengan dua orang anaknya. Setiap pagi kedua anak tersebut pergi berkebun untuk membantu orang tuanya. Namun, tiba-tiba mereka berdua pulang ke rumah dengan tergesa-gesa. Kakak: "Bu, Ibu tolong bu, gawat ini adik menelan kecoa!" Ibu: "Astaga, kok bisa sih kak? Gimana ceritanya? Ayo cepat panggil Bapak suruh bawa dokter ke sini!" Kakak: "Jangan bu, malah tambah gawat nanti. Sebentar lagi kecoanya juga mati." Ibu: "Lho, kok bisa gitu kak?" Kakak: "Iya bu, soalnya adik sudah aku kasih racun serangga bu. Di botolnya kan ada tulisan "dapat membunuh serangga ekstra cepat." Ibu: "Astagfirullah, sembrono kamu!" Kakak: (bingung) Ibu: "Pak, Bapak anak kita makan kecoa." (sambil berlari mencari suaminya). Kakak: (masih tetap bingung) ------------------------------- Teks 2 Tukang roti Pada Pagi hari Azril duduk di teras rumahnya sembari menunggu tukang roti yang biasa lewat. Begitu tukang roti lewat Azril lantas memanggil sang penjual. Azril: "Beli rotinya, Pak." Tukang Roti: "Boleh silahkan mau roti yang mana." Azril: "Ini apa, Pak?" Tukang Roti: "Ini semangka." Azril: "Kalau yang ini apa?" Tukang Roti: "Srikaya." Azril: "Terus ini apa, Bang?" Tukang Roti: "Oh...kalau ini blueberry, dek." Azril: "Gimana sih, terus rotinya mana? Saya mau beli roti bukan buah, kok daritadi yang disebut buah-buahan aja. Gak jadi beli deh saya kalau gini." Tukang Roti: "Yang saya sebut tuh rasa rotinya!" Azril: "Gak jadi, deh!"

10

5.0

Jawaban terverifikasi

Kerusakan Situs Gunung Padang Akibat Gempa Cianjur Kepala Berita: Gunung Padang yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, mengalami kerusakan. Gunung Padang turut terdampak gempa bumi. Tubuh Berita: Dilansir detikJabar, Sabtu (26/11/2022), Koordinator Juru Pelihara Situs Gunung Padang, Nanang Sukmana, menjelaskan kerusakan Gunung Padang di bagian tourist information center (TIC), plafon TIC roboh akibat gempa. "Jadi yang rusak kantor TIC, itu pun hanya plafonnya yang jatuh. Kalau situs utamanya aman, tidak ada kerusakan apa pun," ucap Nanang, Sabtu (26/11/2022). Menurutnya, aktivitas wisata di Gunung Padang saat ini masih berjalan. Wisatawan dari luar daerah pun masih banyak yang berdatangan untuk melihat kemegahan struktur bangunan peninggalan leluhur itu. "Yang berkunjung masih banyak, terutama rombongan pelajar. Tapi tidak sebanyak sebelumnya, karena Cianjur masih berduka pascagempa," jelasnya. Ekor Berita: Gunung Padang merupakan situs megalitikum yang dibangun pada 5200 sebelum Masehi (SM). Situs dengan luas 291.800 meter persegi itu berlokasi di Kampung Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Gunung Padang juga ternyata mengarah ke Gunung Gede Pangrango di sebelah utara. Bahkan perhitungan arahnya sangat tepat, di mana Gunung Gede sebenarnya tidak persis berada di nol derajat arah utara, dan Gunung Padang sengaja dirahakan sesuai garis lurus dengan Gunung Gede Pangrango. Situs Gunung Padang dibuat menggunakan bebatuan kekar kolom (coloumnar joint) dengan bentuk persegi lima memanjang disusun dan bukan terbentuk secara alami. Carilah ciri kebahasaan dalam teks berita tersebut!!

2

0.0

Jawaban terverifikasi