Retha W

14 Agustus 2024 11:10

Iklan

Retha W

14 Agustus 2024 11:10

Pertanyaan

berdasarkan konsep elektron donor dan elektron acceptor katabolisme dalam mikroorganisme dapat dibedakan menjadi 3. sebutkan dan terangkat secara sederhana perbedaannya

berdasarkan konsep elektron donor dan elektron acceptor katabolisme dalam mikroorganisme dapat dibedakan menjadi 3. sebutkan dan terangkat secara sederhana perbedaannya

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

02

:

10

:

03

Klaim

23

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

SELY A

15 Agustus 2024 03:07

Jawaban terverifikasi

<p><strong>KATABOLISME</strong><br><br>Katabolisme adalah proses penguraian molekul organik kompleks menjadi senyawa sederhana dengan melepaskan atau menghasilkan energi.<br><br>Tujuan katabolisme adalah untuk membebaskan energi yang terkandung di dalam senyawa sumber.<br><br>Berdasarkan konsep electron donor dan electron acceptor, katabolisme dalam mikroorganisme dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:</p><p>1. Katabolisme karbohidrat<br>2. Katabolisme protein<br>3. Katabolisme lemak<br><br>Ketiga bahan tersebut akan mengalami proses katabolisme sebagai berikut:<br>1. Jika ada oksigen, maka masuk jalur Respirasi Aerobik<br>• Glikolisis<br>• Siklus Krebs<br>• Transport Elektron Respiratory (TER)</p><p>Dengan hasil akhir berupa 38 ATP tiap satu molekul glukosa.<br><br>2. Jika tidak ada oksigen, maka masuk jalur Respirasi Anaerobik<br>• Fermentasi<br>=&gt; fermentasi asam laktat, fermentasi alkohol, dan fermentasi asam cuka.<br><br>Dengan hasil akhir berupa 2 ATP tiap satu molekul glukosa.</p>

KATABOLISME

Katabolisme adalah proses penguraian molekul organik kompleks menjadi senyawa sederhana dengan melepaskan atau menghasilkan energi.

Tujuan katabolisme adalah untuk membebaskan energi yang terkandung di dalam senyawa sumber.

Berdasarkan konsep electron donor dan electron acceptor, katabolisme dalam mikroorganisme dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Katabolisme karbohidrat
2. Katabolisme protein
3. Katabolisme lemak

Ketiga bahan tersebut akan mengalami proses katabolisme sebagai berikut:
1. Jika ada oksigen, maka masuk jalur Respirasi Aerobik
• Glikolisis
• Siklus Krebs
• Transport Elektron Respiratory (TER)

Dengan hasil akhir berupa 38 ATP tiap satu molekul glukosa.

2. Jika tidak ada oksigen, maka masuk jalur Respirasi Anaerobik
• Fermentasi
=> fermentasi asam laktat, fermentasi alkohol, dan fermentasi asam cuka.

Dengan hasil akhir berupa 2 ATP tiap satu molekul glukosa.


Iklan

Ozzy A

15 Agustus 2024 19:57

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam katabolisme mikroorganisme, berdasarkan konsep elektron donor dan elektron akseptor, proses dapat dibedakan menjadi tiga kategori utama:</p><p>&nbsp;</p><p>1. **Respirasi Aerob**:<br>&nbsp; - Elektron Donor: Molekul organik (seperti glukosa).<br>&nbsp; - Elektron Aksesor: Oksigen (O₂).<br>&nbsp; - Penjelasan: Elektron dari donor ditransfer ke oksigen melalui rantai transport elektron, menghasilkan energi dalam bentuk ATP dan menghasilkan air dan karbon dioksida sebagai produk sampingan.</p><p>2. **Respirasi Anaerob**:<br>&nbsp; - Elektron Donor: Molekul organik atau anorganik (seperti glukosa atau hidrogen sulfida).<br>&nbsp; - Elektron Aksesor: Senyawa anorganik selain oksigen (seperti nitrat, sulfat, atau karbon dioksida).<br>&nbsp; - Penjelasan: Elektron ditransfer ke senyawa anorganik, menghasilkan ATP dan produk sampingan seperti nitrit, sulfit, atau metana.</p><p>3. **Fermentasi**:<br>&nbsp; - Elektron Donor: Molekul organik (seperti glukosa).<br>&nbsp; - Elektron Aksesor: Senyawa organik, seperti piruvat.<br>&nbsp; - Penjelasan: Elektron dari donor ditransfer ke senyawa organik (seperti piruvat), menghasilkan ATP tanpa melibatkan oksigen atau rantai transport elektron. Produk sampingan termasuk asam laktat, etanol, atau gas karbon dioksida.</p><p>&nbsp;</p><p>Ketiga proses ini berbeda dalam jenis akseptor elektron dan produk akhir yang dihasilkan.</p>

Dalam katabolisme mikroorganisme, berdasarkan konsep elektron donor dan elektron akseptor, proses dapat dibedakan menjadi tiga kategori utama:

 

1. **Respirasi Aerob**:
  - Elektron Donor: Molekul organik (seperti glukosa).
  - Elektron Aksesor: Oksigen (O₂).
  - Penjelasan: Elektron dari donor ditransfer ke oksigen melalui rantai transport elektron, menghasilkan energi dalam bentuk ATP dan menghasilkan air dan karbon dioksida sebagai produk sampingan.

2. **Respirasi Anaerob**:
  - Elektron Donor: Molekul organik atau anorganik (seperti glukosa atau hidrogen sulfida).
  - Elektron Aksesor: Senyawa anorganik selain oksigen (seperti nitrat, sulfat, atau karbon dioksida).
  - Penjelasan: Elektron ditransfer ke senyawa anorganik, menghasilkan ATP dan produk sampingan seperti nitrit, sulfit, atau metana.

3. **Fermentasi**:
  - Elektron Donor: Molekul organik (seperti glukosa).
  - Elektron Aksesor: Senyawa organik, seperti piruvat.
  - Penjelasan: Elektron dari donor ditransfer ke senyawa organik (seperti piruvat), menghasilkan ATP tanpa melibatkan oksigen atau rantai transport elektron. Produk sampingan termasuk asam laktat, etanol, atau gas karbon dioksida.

 

Ketiga proses ini berbeda dalam jenis akseptor elektron dan produk akhir yang dihasilkan.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan