Aqilaa A

Ditanya 3 hari yang lalu

Iklan

Aqilaa A

Ditanya 3 hari yang lalu

Pertanyaan

1. Cara mendengarkan musik menurut pendapat ahli 2. Pencipta lagu lukisan indonesia 3. Makna lagu lukisan Indonesia 4. tangga nada pada bagian interlude lagu lukisan Indonesia 5. Tangga nada pentatonik 6. Penyanyi Lagu lukisan Indonesia 7. Ragam lagu dan karya musik tradisional 8. Ragam lagu dan karya musik tradisional 9. fungsi musik di indonesia 10. Ragam lagu dan karya musik tradisional 11. Pemahaman tentang teknik pernapasan dalam bernyanyi 12. Kemampuan mengidentifikasi teknik vokal yang tepat 13. Pemahaman tentang konsep resonansi dalam vokal 14. Menjelaskan bagaimana posisi tubuh yang baik dapat membantu menjaga saluran pernapasan terbuka dan tidak terhambat selama bernyanyi 15. teknik bernyanyi dalam lagu daerah atau tradisional 16. Pemahaman tentang tokoh-tokoh musik Indonesia dan kontribusinya 17. Pemahaman tentang alat musik yang digunakan dalam keroncong 18. Pemahaman tentang teknik nyinden 19. Pemahaman tentang teknik dangdut 20. mengenali dan membedakan istilah-istilah yang digunakan untuk menyebut kelompok penyanyi berdasarkan jumlahnya 21. teknis dalam bermain musik secara berkelompok 22. Pemahaman tentang jenis tangga nada dalam musik 23. Siswa dapat mengenali ciri khas lagu yang tergolong dalam kategori piridan. 24. memahami pesan atau nilai moral yang terkandung dalam lagu tradisional. Gundul Pacul

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

14

:

59

:

20

Klaim

8

1


Iklan

Rendi R

Community

Dijawab 8 jam yang lalu

<p>Berikut adalah jawaban dari beberapa pertanyaan yang Anda ajukan:</p><p>1. <strong>Cara Mendengarkan Musik Menurut Pendapat Ahli:</strong></p><p>Menurut para ahli, mendengarkan musik bukan hanya kegiatan pasif, tetapi melibatkan pemahaman dan keterlibatan aktif dalam proses penikmatan musik. Ahli seperti Daniel Levitin dalam bukunya <i>This Is Your Brain on Music</i> mengemukakan bahwa mendengarkan musik mengaktifkan banyak area di otak, termasuk emosi, ingatan, dan pengolahan sensorik. Mendengarkan musik dengan perhatian penuh dapat meningkatkan pemahaman terhadap struktur musik dan emosi yang ingin disampaikan.</p><p>2. <strong>Pencipta Lagu "Lukisan Indonesia":</strong></p><p>Lagu <i>Lukisan Indonesia</i> diciptakan oleh <strong>Ismail Marzuki</strong>, seorang komponis dan musisi legendaris Indonesia. Ismail Marzuki terkenal dengan karya-karyanya yang mengangkat semangat kebangsaan Indonesia.</p><p>3. <strong>Makna Lagu "Lukisan Indonesia":</strong></p><p><i>Lukisan Indonesia</i> menggambarkan keindahan alam dan budaya Indonesia yang kaya. Lagu ini memiliki makna patriotik dan mencerminkan semangat kebangsaan serta kekaguman terhadap tanah air Indonesia. Melalui lagu ini, penyanyi menggambarkan Indonesia sebagai negara yang indah, penuh dengan keberagaman.</p><p>4. <strong>Tangga Nada pada Bagian Interlude Lagu "Lukisan Indonesia":</strong></p><p>Pada bagian interlude lagu <i>Lukisan Indonesia</i>, tangga nada yang digunakan cenderung menggunakan tangga nada mayor yang ceria dan optimistis. Hal ini mencerminkan nuansa kebanggaan dan kecintaan terhadap Indonesia yang terkandung dalam lagu tersebut.</p><p>5. <strong>Tangga Nada Pentatonik:</strong></p><p>Tangga nada pentatonik adalah tangga nada yang terdiri dari lima nada dalam satu oktaf. Dalam musik tradisional Indonesia, tangga nada ini sering digunakan, baik dalam musik gamelan maupun lagu daerah. Tangga nada ini tidak memiliki setengah langkah, menjadikannya lebih sederhana dan memberikan kesan melodi yang khas.</p><p>6. <strong>Penyanyi Lagu "Lukisan Indonesia":</strong></p><p>Lagu <i>Lukisan Indonesia</i> telah dinyanyikan oleh banyak penyanyi, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah <strong>Ismail Marzuki</strong> sendiri. Penyanyi lain yang juga sering membawakan lagu ini antara lain adalah penyanyi-penyanyi legendaris seperti <strong>Koes Plus</strong> dan <strong>Franky Sahilatua</strong>.</p><p>7. <strong>Ragam Lagu dan Karya Musik Tradisional:</strong></p><p>Musik tradisional Indonesia memiliki beragam jenis lagu dan karya musik, seperti:</p><ul><li><strong>Gamelan:</strong> Musik tradisional Bali dan Jawa dengan alat musik seperti gong, kenong, dan gambang.</li><li><strong>Dangdut:</strong> Musik yang menggabungkan unsur tradisional dan modern, sangat populer di Indonesia.</li><li><strong>Keroncong:</strong> Musik yang menggunakan alat musik seperti ukulele dan gitar.</li><li><strong>Rebana:</strong> Musik yang digunakan dalam acara keagamaan dan adat di daerah Melayu.</li></ul><p>8. <strong>Fungsi Musik di Indonesia:</strong></p><p>Musik di Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi, hiburan, pendidikan, dan bagian dari tradisi. Musik sering digunakan dalam acara adat, upacara keagamaan, maupun untuk menyampaikan pesan moral dan kebudayaan.</p><p>9. <strong>Ragam Lagu dan Karya Musik Tradisional:</strong></p><p>(Jawaban serupa dengan nomor 7)</p><p>10. <strong>Pemahaman tentang Teknik Pernapasan dalam Bernyanyi:</strong></p><p>Teknik pernapasan sangat penting dalam bernyanyi untuk menjaga suara tetap stabil. Teknik yang biasa digunakan adalah <strong>pernapasan diafragma</strong>, yang melibatkan pernapasan dalam menggunakan otot diafragma, bukan hanya dada atau tenggorokan. Ini memungkinkan penyanyi untuk mengontrol nafas dan menjaga durasi suara lebih panjang.</p><p>11. <strong>Kemampuan Mengidentifikasi Teknik Vokal yang Tepat:</strong></p><p>Teknik vokal yang tepat termasuk kontrol pernapasan, resonansi suara, artikulasi yang jelas, dan penggunaan suara kepala atau dada yang sesuai dengan jenis lagu. Mengidentifikasi teknik vokal yang tepat sangat penting untuk menghindari ketegangan atau kerusakan pada pita suara.</p><p>12. <strong>Pemahaman tentang Konsep Resonansi dalam Vokal:</strong></p><p>Resonansi vokal adalah cara suara dipantulkan atau dibiaskan di dalam rongga mulut, hidung, dan dada. Teknik ini memungkinkan suara menjadi lebih kaya dan lebih jelas, serta dapat memperkuat suara tanpa membebani pita suara.</p><p>13. <strong>Posisi Tubuh yang Baik dalam Bernyanyi:</strong></p><p>Posisi tubuh yang baik dapat membantu menjaga saluran pernapasan terbuka dengan cara berdiri tegak, bahu rileks, dan kaki sedikit terbuka. Hal ini memungkinkan diafragma bergerak dengan bebas, sehingga pernapasan menjadi lebih efektif dan suara lebih kuat.</p><p>14. <strong>Teknik Bernyanyi dalam Lagu Daerah atau Tradisional:</strong></p><p>Lagu daerah atau tradisional sering menggunakan teknik bernyanyi yang khas, seperti <strong>nyinden</strong> atau <strong>basa sunda</strong>. Teknik bernyanyi ini mengandalkan resonansi suara alami, kontrol napas yang baik, serta penggunaan vibrato untuk menambah kesan khas pada lagu.</p><p>15. <strong>Pemahaman tentang Tokoh-Tokoh Musik Indonesia dan Kontribusinya:</strong></p><p>Beberapa tokoh musik Indonesia yang terkenal antara lain:</p><ul><li><strong>Ismail Marzuki</strong>: Pencipta lagu patriotik.</li><li><strong>Bertold Sutherland</strong>: Pelopor musik klasik di Indonesia.</li><li><strong>Rochus Suryo</strong>: Konduktor dan musisi yang memperkenalkan musik barat di Indonesia.</li><li><strong>Chrisye</strong>: Penyanyi legendaris yang mempopulerkan lagu pop dan rock Indonesia.</li></ul><p>16. <strong>Pemahaman tentang Alat Musik yang Digunakan dalam Keroncong:</strong></p><p>Alat musik yang digunakan dalam musik keroncong antara lain <strong>ukulele</strong>, <strong>gitar</strong>, <strong>biola</strong>, <strong>cello</strong>, dan <strong>bass</strong>. Keroncong merupakan genre musik yang memiliki nuansa lembut dan santai, sering digunakan dalam pertunjukan atau acara budaya.</p><p>17. <strong>Pemahaman tentang Teknik Nyinden:</strong></p><p>Nyinden adalah teknik bernyanyi dalam musik tradisional Jawa yang digunakan dalam pertunjukan gamelan. Nyinden melibatkan penggunaan suara lembut dan melodi yang menyatu dengan irama gamelan.</p><p>18. <strong>Pemahaman tentang Teknik Dangdut:</strong></p><p>Dangdut adalah musik populer Indonesia yang memadukan unsur musik Melayu dan India. Teknik bernyanyinya biasanya menggunakan vibrato dan falsetto untuk memberikan nuansa khas pada lagu.</p><p>19. <strong>Mengenali dan Membedakan Istilah-istilah yang Digunakan untuk Menyebut Kelompok Penyanyi Berdasarkan Jumlahnya:</strong></p><ul><li><strong>Solo</strong>: Penyanyi tunggal.</li><li><strong>Duo</strong>: Dua penyanyi.</li><li><strong>Trio</strong>: Tiga penyanyi.</li><li><strong>Kwartet</strong>: Empat penyanyi.</li></ul><p>20. <strong>Teknis dalam Bermain Musik Secara Berkelompok:</strong></p><p>Bermain musik secara berkelompok mengharuskan para pemain untuk bekerja sama dalam hal timing, harmoni, dan dinamika. Setiap anggota kelompok harus mendengarkan dan beradaptasi dengan pemain lainnya.</p><p>21. <strong>Pemahaman tentang Jenis Tangga Nada dalam Musik:</strong></p><p>Tangga nada terdiri dari <strong>major</strong> (tangga nada mayor) yang memiliki nuansa ceria dan <strong>minor</strong> yang cenderung lebih melankolis. Ada juga tangga nada pentatonik yang digunakan dalam banyak musik tradisional.</p><p>22. <strong>Siswa Dapat Mengenali Ciri Khas Lagu yang Tergolong dalam Kategori Piridan:</strong></p><p>Lagu piridan adalah lagu yang memiliki pola irama atau melodi tertentu, sering ditemukan dalam musik daerah dan budaya Indonesia.</p><p>23. <strong>Memahami Pesan atau Nilai Moral yang Terkandung dalam Lagu Tradisional Gundul Pacul:</strong></p><p>Lagu <i>Gundul Pacul</i> mengajarkan nilai kerja keras dan kesederhanaan. Liriknya menyampaikan tentang hidup yang sederhana dan pentingnya memiliki keteguhan hati dalam menjalan</p>

Berikut adalah jawaban dari beberapa pertanyaan yang Anda ajukan:

1. Cara Mendengarkan Musik Menurut Pendapat Ahli:

Menurut para ahli, mendengarkan musik bukan hanya kegiatan pasif, tetapi melibatkan pemahaman dan keterlibatan aktif dalam proses penikmatan musik. Ahli seperti Daniel Levitin dalam bukunya This Is Your Brain on Music mengemukakan bahwa mendengarkan musik mengaktifkan banyak area di otak, termasuk emosi, ingatan, dan pengolahan sensorik. Mendengarkan musik dengan perhatian penuh dapat meningkatkan pemahaman terhadap struktur musik dan emosi yang ingin disampaikan.

2. Pencipta Lagu "Lukisan Indonesia":

Lagu Lukisan Indonesia diciptakan oleh Ismail Marzuki, seorang komponis dan musisi legendaris Indonesia. Ismail Marzuki terkenal dengan karya-karyanya yang mengangkat semangat kebangsaan Indonesia.

3. Makna Lagu "Lukisan Indonesia":

Lukisan Indonesia menggambarkan keindahan alam dan budaya Indonesia yang kaya. Lagu ini memiliki makna patriotik dan mencerminkan semangat kebangsaan serta kekaguman terhadap tanah air Indonesia. Melalui lagu ini, penyanyi menggambarkan Indonesia sebagai negara yang indah, penuh dengan keberagaman.

4. Tangga Nada pada Bagian Interlude Lagu "Lukisan Indonesia":

Pada bagian interlude lagu Lukisan Indonesia, tangga nada yang digunakan cenderung menggunakan tangga nada mayor yang ceria dan optimistis. Hal ini mencerminkan nuansa kebanggaan dan kecintaan terhadap Indonesia yang terkandung dalam lagu tersebut.

5. Tangga Nada Pentatonik:

Tangga nada pentatonik adalah tangga nada yang terdiri dari lima nada dalam satu oktaf. Dalam musik tradisional Indonesia, tangga nada ini sering digunakan, baik dalam musik gamelan maupun lagu daerah. Tangga nada ini tidak memiliki setengah langkah, menjadikannya lebih sederhana dan memberikan kesan melodi yang khas.

6. Penyanyi Lagu "Lukisan Indonesia":

Lagu Lukisan Indonesia telah dinyanyikan oleh banyak penyanyi, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah Ismail Marzuki sendiri. Penyanyi lain yang juga sering membawakan lagu ini antara lain adalah penyanyi-penyanyi legendaris seperti Koes Plus dan Franky Sahilatua.

7. Ragam Lagu dan Karya Musik Tradisional:

Musik tradisional Indonesia memiliki beragam jenis lagu dan karya musik, seperti:

  • Gamelan: Musik tradisional Bali dan Jawa dengan alat musik seperti gong, kenong, dan gambang.
  • Dangdut: Musik yang menggabungkan unsur tradisional dan modern, sangat populer di Indonesia.
  • Keroncong: Musik yang menggunakan alat musik seperti ukulele dan gitar.
  • Rebana: Musik yang digunakan dalam acara keagamaan dan adat di daerah Melayu.

8. Fungsi Musik di Indonesia:

Musik di Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi, hiburan, pendidikan, dan bagian dari tradisi. Musik sering digunakan dalam acara adat, upacara keagamaan, maupun untuk menyampaikan pesan moral dan kebudayaan.

9. Ragam Lagu dan Karya Musik Tradisional:

(Jawaban serupa dengan nomor 7)

10. Pemahaman tentang Teknik Pernapasan dalam Bernyanyi:

Teknik pernapasan sangat penting dalam bernyanyi untuk menjaga suara tetap stabil. Teknik yang biasa digunakan adalah pernapasan diafragma, yang melibatkan pernapasan dalam menggunakan otot diafragma, bukan hanya dada atau tenggorokan. Ini memungkinkan penyanyi untuk mengontrol nafas dan menjaga durasi suara lebih panjang.

11. Kemampuan Mengidentifikasi Teknik Vokal yang Tepat:

Teknik vokal yang tepat termasuk kontrol pernapasan, resonansi suara, artikulasi yang jelas, dan penggunaan suara kepala atau dada yang sesuai dengan jenis lagu. Mengidentifikasi teknik vokal yang tepat sangat penting untuk menghindari ketegangan atau kerusakan pada pita suara.

12. Pemahaman tentang Konsep Resonansi dalam Vokal:

Resonansi vokal adalah cara suara dipantulkan atau dibiaskan di dalam rongga mulut, hidung, dan dada. Teknik ini memungkinkan suara menjadi lebih kaya dan lebih jelas, serta dapat memperkuat suara tanpa membebani pita suara.

13. Posisi Tubuh yang Baik dalam Bernyanyi:

Posisi tubuh yang baik dapat membantu menjaga saluran pernapasan terbuka dengan cara berdiri tegak, bahu rileks, dan kaki sedikit terbuka. Hal ini memungkinkan diafragma bergerak dengan bebas, sehingga pernapasan menjadi lebih efektif dan suara lebih kuat.

14. Teknik Bernyanyi dalam Lagu Daerah atau Tradisional:

Lagu daerah atau tradisional sering menggunakan teknik bernyanyi yang khas, seperti nyinden atau basa sunda. Teknik bernyanyi ini mengandalkan resonansi suara alami, kontrol napas yang baik, serta penggunaan vibrato untuk menambah kesan khas pada lagu.

15. Pemahaman tentang Tokoh-Tokoh Musik Indonesia dan Kontribusinya:

Beberapa tokoh musik Indonesia yang terkenal antara lain:

  • Ismail Marzuki: Pencipta lagu patriotik.
  • Bertold Sutherland: Pelopor musik klasik di Indonesia.
  • Rochus Suryo: Konduktor dan musisi yang memperkenalkan musik barat di Indonesia.
  • Chrisye: Penyanyi legendaris yang mempopulerkan lagu pop dan rock Indonesia.

16. Pemahaman tentang Alat Musik yang Digunakan dalam Keroncong:

Alat musik yang digunakan dalam musik keroncong antara lain ukulele, gitar, biola, cello, dan bass. Keroncong merupakan genre musik yang memiliki nuansa lembut dan santai, sering digunakan dalam pertunjukan atau acara budaya.

17. Pemahaman tentang Teknik Nyinden:

Nyinden adalah teknik bernyanyi dalam musik tradisional Jawa yang digunakan dalam pertunjukan gamelan. Nyinden melibatkan penggunaan suara lembut dan melodi yang menyatu dengan irama gamelan.

18. Pemahaman tentang Teknik Dangdut:

Dangdut adalah musik populer Indonesia yang memadukan unsur musik Melayu dan India. Teknik bernyanyinya biasanya menggunakan vibrato dan falsetto untuk memberikan nuansa khas pada lagu.

19. Mengenali dan Membedakan Istilah-istilah yang Digunakan untuk Menyebut Kelompok Penyanyi Berdasarkan Jumlahnya:

  • Solo: Penyanyi tunggal.
  • Duo: Dua penyanyi.
  • Trio: Tiga penyanyi.
  • Kwartet: Empat penyanyi.

20. Teknis dalam Bermain Musik Secara Berkelompok:

Bermain musik secara berkelompok mengharuskan para pemain untuk bekerja sama dalam hal timing, harmoni, dan dinamika. Setiap anggota kelompok harus mendengarkan dan beradaptasi dengan pemain lainnya.

21. Pemahaman tentang Jenis Tangga Nada dalam Musik:

Tangga nada terdiri dari major (tangga nada mayor) yang memiliki nuansa ceria dan minor yang cenderung lebih melankolis. Ada juga tangga nada pentatonik yang digunakan dalam banyak musik tradisional.

22. Siswa Dapat Mengenali Ciri Khas Lagu yang Tergolong dalam Kategori Piridan:

Lagu piridan adalah lagu yang memiliki pola irama atau melodi tertentu, sering ditemukan dalam musik daerah dan budaya Indonesia.

23. Memahami Pesan atau Nilai Moral yang Terkandung dalam Lagu Tradisional Gundul Pacul:

Lagu Gundul Pacul mengajarkan nilai kerja keras dan kesederhanaan. Liriknya menyampaikan tentang hidup yang sederhana dan pentingnya memiliki keteguhan hati dalam menjalan


Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1.Bacalah kutipan drama berikut! Abah: "Kalau cari suami harus yang jelas masa depannya, jangan seperti si Kabayan!" Iteung: "Tapi Kang Kabayan mah baik nyaah sama Iteung." Abah: "Baik? Baik apanya? Kalau memang baik pasti suka ngirim uang, paling sedikit ngirim ikan kesenangan Abah. Ikan gurame!" Ambu: "Abah teh kumaha. Apa-apa selalu saja diukur pakai uang." Tokoh Iteung pada kutipan drama tersebut akan lebih menarik jika menggunakan kostum a. celana panjang dan kaos dengan rambut panjang dibiarkan terurai b. celana panjang dan kaos dengan rambut dikepang dua c. kebaya dan celana panjang dengan rambut dibiarkan terurai d. kebaya dan kain dengan rambut di kepang dua 2.Jo : "Hey, jalan yang bener dong!" (keluar dari mobil) Yuda: (tampak terkejut dan menguasai diri) "Maaf Pak." Jo: (melotot) "Maaf, maaf!" (1) Bapak: "Sudahlah Jo, dia sudah minta maaf kok, lagi pula ayah buru- buru nanti terlambat ke kantor." (cepat menyusul keluar dari mobil) Jo : "Tidak bisa, dia harus diberi pela- jaran!" (nyaris melayangkan tinju) (2) Bapak : "Sabar Jo. (melihat kasihan pada Yuda) "Kau pergilah, Nak!" Yuda : "Terima kasih, Pak!" (3) Bapak "Hey, apa yang kau bawa, Nak?" (heran) "Kamu jual lukisan?" Yuda : "lya Pak, ini lukisan kaca." (4) Bapak: "Sungguh baru kali ini aku melihat lukisan kaca, biasanya saya di rumah memajang lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan bulu, dan lain-lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kamu menjual ini?" Yuda: "Yang mana Pak?" (5) Bapak: "Semuanya. Ah sudah jangan bingung, gini aja gimana kalau lukisan itu saya beli lima juta rupiah." Yuda : "Apa? Lima juta!" (6) Bapak: "Apa kurang?" Yuda : "Cu... kup, Pak." Bukti latar waktu dalam kutipan drama tersebut terdapat pada dialog nomor .... a. (1) b. (3) c. (4) d. (6) 3.Perhatikan penggalan drama berikut! "Dari mana saja kau, Badar? Hari sudah petang tapi kau baru pulang," tanya ayah sambil berkacak pinggang. Dialog tersebut diucapkan dengan nada a. keras sambil bercanda b. marah dan serius c. rendah dan penuh tanya d. penuh kasih sayang 4.Cermati kutipan bacaan berikut! "Mohammad-san inilah rumahku." Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, "Ibu! Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?" Bacaan tersebut termasuk teks fiksi karena a. memiliki unsur tema dan tokoh b. bersifat sistematis berdasarkan fakta yang ada c. narasi dan dialog menggunakan ragam bahasa baku d. menggunakan peribahasa untuk membandingkan suatu hal 5.Perhatikan teks berikut! Perkembangan teknologi informatika dalam satu dekade terakhir mengalami lonjakan luar biasa. Munculnya internet memudahkan setiap orang mendapat akses informasi. Tidak hanya sekadar berita, melalui internet orang bisa ber- jualan, memasang iklan, menikmati musik, dan memungkinkan individu mengetahui berbagai peristiwa secara intensif. Berdasarkan wacana tersebut, istilah yang dapat dideretkan dalam indeks dengan tepat adalah a. akses-individu-informatika-informasi- teknologi b. akses-iklan-individu-intensif-internet C. iklan-individu-informasi-intensif-internet d. individu-informasi-intensif-internet-iklan 6.Perhatikan kutipan indeks berikut! Gaib 8 Ilmu Fisika 7 Ilustrasi 57 Imajinasi 59 Implikasi 54 Magnetis 65 Pengetahuan eksakta 46 Pengetahuan keras 47 Pengetahuan lunak 48 Pengetahuan non-eksakta 45 Berikut ini pernyataan yang tidak benar berdasarkan indeks tersebut adalah a. Di halaman 46, kita dapat mempelajari materi pengetahuan keras. b. Materi tentang implikasi dapat kita jumpai di halaman 54. C. Di halaman 45 kita dapat mempelajari pengetahuan non-eksakta d. Pengetahuan eksakta dapat kita pelajari di halaman 46. *kutipan teks drama berikut untuk soal nomor 7 - 9* (1) Mayor: "Berapa lama lagi aku harus menunggu? Lihat semburat matahari sudah terlihat." (sambil menggebrak meja) (2) Kopral: "Sabarlah sedikit, Pak." (3) Mayor "Jangan ditawar lagi." (4) Kopral: "Apanya, Pak?" (5) Mayor: "Kesabarannya! Sejak kemarin kesabaran saya habis. Sabar itu prinsip. Tidak bisa ditawar- tawar, ngerti?" (6) Kopral: "Kalau begitu kuralat ucapanku tadi." (7) Mayor: "Ya, tapi pertanyaanku belum Bung jawab. Berapa lama lagi? Semburat matahari sudah terlihat tu!" 7.Dialog pada kutipan teks drama tersebut yang berisi kramagung ditandai dengan nomor a. (1) b. (3) c. (4) d. (5) 8.Latar disertai bukti nomor pada kutipan drama tersebut adalah .... a.. siang hari, bukti pada dialog nomor (7) b. menjelang maghrib, bukti pada dialog nomor (5) c.pagi hari, bukti pada dialog nomor (7) d. sore hari, bukti pada dialog nomor (1) 9.Amanat yang sesuai dengan kutipan teks drama tersebut adalah .... a. Kemarahan bukanlah cara penyelesaian masalah yang bijak. b. Seorang bawahan tidak sepatutnya melawan atasan sekalipun untuk membela kebenaran. c. Kita harus lebih banyak bersabar menghadapi apa pun. d. Kita harus mengikuti keinginan atasan walaupun tidak sejalan dengannya. *kutipan drama berikut untuk soal nomor 10-13* Fikri: "Hai sobat. Lho ada apa ini? Kamu kok kelihatan sedih?" Bayu: "Enggak. Perasaan kamu saja." Fikri: "Ayolah... Aku kenal kamu dari kecil. Aku bisa tahu kamu sedih, senang, malas, atau marah? Ayo katakan padaku siapa tahu aku bisa membantu." Bayu: "Kamu ini tau aja. Hari ini hari terakhir aku harus membayar SPP. Bapakku masih di luar kota. Ibuku sakit. Aku bingung harus bagaimana." Fikri :"Kenapa harus bingung. Aku bisa membantumu." Bayu: "Maksudmu?" Fikri: "Ya... membantumu. Aku punya uang tabungan dan cukup untuk membayar SPP mu." Bayu: "Wah... enggak ... enggak ... enggak aku tidak bisa menggunakan uang tabunganmu." Fikri: "Ayolah teman... aku tulus... kapan-kapan kamu dapat mengembalikannya." 10. Tema yang digambarkan pada kutipan drama tersebut adalah a. persahabatan antara kedua orang b. tolong-menolong antarteman yang mem- butuhkan c. persahabatan yang didukung oleh kedua orang tua d. masalah ekonomi keluarga yang tak kunjung reda 11.Tokoh Fikri dalam kutipan drama tersebut memiliki watak a. rendah hati b. tinggi hati c. baik hati d. kecil hati 12. Kutipan drama suasana tersebut menceritakan a. haru b. kaget c. kecewa d. sedih 13.(sambil terpogoh-pogoh masuk kamar tamu, Naja menangis) Naja: "Bu, aku sudah tidak kuat lagi kalau begini." Ibu: "Percayalah, Nak, masalah ini akan segera teratasi. Tuhan Maha Pengatur dan Mahabaik." Naja: "Tapi kapan? Kapan? Aku bosan sudah!" Ibu: "Bersabarlah, Nak. Jika sabar, masalah akan terurai satu per satu." (sambil membelai rambut Naja dengan penuh Kesabaran). Dalam struktur teks drama, kutipan tersebut merupakan bagian .... a. orientasi b. resolusi c. komplikasi d. epilog *kutipan buku berikut untuk soal nomor 14 dan 15* Bumi adalah tempat di mana kita, manusia, dan makhluk hidup lainnya berada. Bumi sering disebut juga sebagai planet biru. Kenapa? Karena bumi kalau dilihat dari luar angkasa terlihat dengan warna dominan biru. Tahukah kamu warna biru bumi yang terlihat dari angkasa raya itu? Itu adalah lautan. Karena sekitar 70% permukaan bumi merupakan lautan yang sangat luas. Sisanya 30% merupakan daratan yang tersusun atas dataran, gunung, dan lembah. Bumi juga dikelilingi oleh lapisan atmosfer yang merupakan pelindung bumi. 14. Teks tersebut tergolong sebagai karya nonfiksi karena .... a. berisi cerita karangan manusia b. bersifat informatif dan berisi kenyataan c. berasal dari imajinasi pengarang d. memiliki makna ganda 15. Inti dari kutipan buku tersebut adalah .... a. memaparkan tentang alam dan kerusakannya b. memaparkan secara detail tentang bumi c. menggambarkan tentang jenis-jenis atmosfer d. menjelaskan jenis-jenis planet 16.Bacalah kutipan teks fiksi berikut! Kehidupan keluarga ini sangat sederhana. Ayah dan Ibu setiap hari membanting tulang di ladang, seolah-olah kepala jadi betis, betis jadi kepala demi beberapa mulut yang harus dipenuhi. Orang tua ini ikhlas bekerja dengan tanggung jawab demi keluarga dan anak-anaknya kelak supaya jadi orang. Tak ada rotan akar pun jadi, begitulah kata orang tua itu. Daya tarik cuplikan teks fiksi tersebut tampak pada..... a. konflik dalam cerita b. latar cerita c. gaya bahasa penulis d. tema cerita 17.Perhatikan cuplikan teks berikut! Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. Darah memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. Apabila si ibu mengalami anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian saat melahirkan. Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan. Topik untuk diskusi berdasarkan bacaan tersebut adalah a. manfaat zat besi bagi bayi b. kesehatan ibu dan janin C. anemia sebagai penyakit berbahaya bagi perempuan d. sebab-sebab tingginya kernatian bayi dan anak di Indonesia *indeks berikut untuk soal nomor 18 dan 19* Aliterasi, 89, 93 Amanat, 5, 70 Arbitrer, 3, 65 Artikel, 8, 90 Balada, 25, 75 Drama, 89, 99 Epilog, 34, 36, 74 Fiksi, 3, 25, 90 18. Berdasarkan indeks buku nonfiksi tersebut, kita dapat menemukan istilah epilog di halaman.... a. 3,65 b. 25,75 c. 34, 36, dan 74 d. 3, 25, dan 90 19. Berdasarkan indeks buku tersebut, saat membuka halaman 25 kita dapat menemukan kata .... a. balada dan epilog b. balada dan fiksi c. balada dan drama d. balada

75

1.0

Jawaban terverifikasi

1. Jong Minahasa merupakan organisasi kepemudaan yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Organisasi ini bergerak dibidang a. politik dan pendidikan b. agama dan politik c. kesenian, olahraga, dan budaya d. politik, pendidikan, dan agama 2.Salah satu nilai perjuangan 1945 yang harus dihayati dan dilaksanakan oleh generasi muda adalah...... a. suka berdiskusi b. anti pada orang asing c. rela berkorban d. mempertahankan diri 3. Upaya nyata pembelaan negara bagi para pemuda Indonesia adalah.... a. memperingati sumpah pemuda b. membantu orang tua c. mempertahankan kemerdekaan d. mendirikan organisasi pemuda 4. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah... a. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri b. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air c. melakukan demonstrasi kepada petinggi negara d. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri 5.Dalam rangka untuk pembelaan negara, setiap warga negara memenuhi syarat- syarat tertentu dan dilarang untuk a. mengutamakan kepentingan pribadi dengan mengorbankan negara b. menggunakan hak pribadi dalam menentukan pemilihan pekerjaan c. menolak mobilisasi pada saat negara mendapat ancaman musuh d. memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan 6.Equality before the law mengandung makna a. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang lebih tinggi b. setiap warga negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum c. hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat d. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku 7. Tindakan bela negara yang bisa dilakukan di lingkungan negara adalah a. patuh terhadap nasihat orang tua b. menjadi anggota militer c. mengajak teman mengikuti kegiatan ekstrakurikuler d. menjaga lingkungan sekitar 8.Soetomo seorang tokoh yang penuh dedikasi, berjuang demi bangsa dan negara dengan cara yang damai dan modern. Cara yang dipakai tidak lagi melalui perjuangan fisik. Perjuangannya diubah dari yang sifatnya lokal kedaerahan menjadi terorganisasi. Dikemudian hari terbukti cukup ampuh bahwa dengan kesadaran rasa kebersamaan sebagai satu bangsa, pergerakan kebangsaan ini dapat berhasil. Peran Soetomo dalam membangun semangat dan komitmen kebangsaan adalah a. mengembangkan sifat kesukuan b. mengambangkan sifat individualisme c. mengutamakan kepentingan golongan d. mengutamakan persatuan dan kesatuan 9.Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam rangka bela negara dan bangsa. Hal ini adalah pandangan Indonesia sebagai satu kesatuan a. wilayah b. politik c. pertahanan dan keamanan d. kesatuan ekonomi 10.Menjaga nama baik bangsa dan negara merupakan perwujudan pembelaan bang- sa dan negara yang dapat kita lihat dalam tindakan a. selalu menggunakan produk luar negeri b. selalu mengadakan wisata ke luar negeri c. berkompetisi di bidang olahraga d. mau menjadi warga negara asing 11. Wujud partisipasi siswa dalam usaha bela negara dapat dilakukan melalui a. Milsuk, Wamil, dan Organisasi Pertahanan Wilayah b. Satpam, Satgas, dan Milsuk c. Hansip, Satpam, dan preman d. PMR, PMI dan Tim SAR 12.Salah satu hal yang menjadi alasan demografis tentang pentingnya usaha pembelaan negara adalah.... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia terletak pada posisi silang dunia c. wilayah Indonesia sangat strategis d. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah 13. Alasan historis pentingnya usaha pembelaan negara seperti berikut, kecuali .... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing lebih kurang tiga setengah abad lamanya c. kemerdekaan Indonesia berkat kegigihan perjuangan seluruh rakyatnya d. sejak dahulu banyak negara yang ingin menguasai Indonesia 14. Ancaman terhadap keutuhan Negara Ke- satuan Republik Indonesia yang berasal dari luar negeri seperti berikut, kecuali a. agresi berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara b. pemberontakan bersenjata c. aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh teroris internasional d. disintegrasi bangsa, melalui gerakan- gerakan separatis 15.Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila, Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan UUD 1945 merupakan nilai dasar dari jiwa dan semangat 45. Nilai-nilai 45 lahir dan berkembang dalam perjuangan bangsa Indonesia dan merupakan daya dorong mental spiritual yang kuat untuk mencapai kemerdekaan adalah a. nasionalisme b. chauvinisme c. mudah menyerah d. diskriminasi 16.Generasi muda adalah generasi penerus enbangsa yang memiliki semangat, penuh rasa ingin tahu dan senantiasa menggebu- gebu untuk berjuang karena kelak. melanjutkan cita-cita bangsanya. Namun, semangat generasi muda juga dapat luntur dan hancur. Salah satu faktor penyebab lunturnya semangat kebangsaan generasi muda adalah a. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur b. kurangnya keteladanan dari para pejabat negara di masyarakat c. tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi d. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya

11

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pilihlah Jawaban Yang Paling Benar 1. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangannya lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi organiasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1928 - 20 Mei 1908 - 2 Mei 1928 2. Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta pada tanggal* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1908 - 5 Oktober 1908 - 28 Oktober 1908 3. Perjuangan melawan penjajah selalu mengalami kegagalan, penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah adalah* - bangsa Indonesia kekurangan pejuang - kuranganya persatuan dan kesatuan - penjajah terlalu banyak jumlahnya - banyak orang Indonesia yang ikut penjajah 4. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah* - W.R. Soepratman - C. Simanjuntak - Muhammad Tabrani - M.H. Thamrin 5. Salah satu pendiri Budi Utomo adalah* - Jokowi - Bung Karno - Dr. Sutomo - Soeharto 6. Sikap positif yang perlu diwujudkan dalam rangka mengisi dan mempertahkan proklamasi Kemerdekaan RI adalah* - Semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk - Semangat tahan derita dan tahan uji - Semangat persatuan dan kesatuan - Semangat opportunitasi yang selalu mementingkan diri sendiri. 7. Setiap tanggal 20 Mei bagi bangsa Indonesia diperingati sebagai hari* - Sumpah pemuda - Kebangkitan nasional - Kemerdekaan Indonesia - Pendidikan Nasional 8. Bentuk penghargaan terhadap para pahlawan bangsa diwujudkan dengan cara* - diteruskan cita-citanya untuk kepentingan bangsa dan Negara - dibuat monumen atau patung pahlawan yang megah - dijadikan nama tempat yang bersejarah - diperingati setiap tahun secara meriah. 9. Contoh sikap patriotisme berbangsa dan bernegara adalah* - bersedia bertugas di daerah terpencil dengan baik - selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa - menyumbangkan harta benda untuk pembangunan - membeli barang barang mewah 10. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena* - Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika - Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat 11. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk* - Menanamkan nasionalisme - Menanamkan kebiasaan baik - Mengenal penciptanya - Agar hafal syair lagunya 12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu* - Bekerja keras - Bekerja cerdas - Menorehkan prestasi di berbagai bidang - Tiada mengenal putus asa 13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta* - Dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain - Dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju - Dapat menjadi negara yang kompetitif - Dapat melawan ketidakadilan dunia 14. Rasa cinta terhadap tanah air disebut juga dengan* - Sukuisme - Nasionalisme - Imprealisme - Rasisme 15. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah* - Cinta bangsa dan tanah air - Sikap rela berkorban - Aktualisasi diri - Bangga dengan produk luar negeri 16. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak* - Lembaran Negara - Surat Kabar Sin Po - Berita Negara - Surat Kabar Kompas 17. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama* - Moh. Hatta - Soeharto - Bung Tomo - Sutomo 18. Lahirnya organisasi kebangsaan di Indonesia mempunyai pengaruh terhadap perubahan bentuk perjuangan bangsa Indonesia yaitu* - Tidak tergantung pada satu pimpinan - Menggunakan persenjataan tradisional - Bersifat lokal kedaerahan - Kurang menggunakan siasat perjuangan diplomasi. 19. Semangat sumpah pemuda bukan hanya menggerakkan pada pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara yang mencapai puncaknya pada...* - 28 Oktober 1945 - 20 Mei 1908 - 17 Agustus 1945 - 18 Agustus 1945 20. Sumpah pemuda merupakan intisari putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia yang dikenal dengan kongres pemuda I dan kongres pemuda II melalui kongres itulah kita bisa mengenal istilah ...* - Bhineka tunggal ika berbeda-beda tetap satu jua - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Satu tanah air, bangsa dan bahasa 21. Awal kebangkitan semangat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa Indonesia ditandai dengan* - Lahirnya Budi Utomo - Tumbangnya Rezim Orde Baru - Dicetuskannya Sumpah Pemuda - Proklamasi Kemerdekaan 22. Peristiwa nasional yang mampu menggerakkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mewujudkan perasaan sebangsa, setanah air, dan berbahasa satu adalah* - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Pergerakan Nasional - Proklamasi Kemerdekaan 23. Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI demi terciptanya persatuan dan kesatuan, seluruh bangsa Indonesia hendaknya dapat menuunjung tinggi nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai tersebut merupakan cerminan nilai Pancasila yang terdapat pada sila* - I - II - III - V 24. Sikap berani dan pantang menyerah seseorang yang ditunjukkan dengan rela berkorban untuk bangsa dan negara demi keutuhan negara disebut sebagai* - Patriotisme - Chauvenisme - Imprealisme - kolonialisme 25. Dari sekian banyak negara yang menjajah bangsa Indonesia, negara mana yang paling lama menjajah Indonesia* - Jepang - Belanda - Portugal - Inggris 26. Berdasarkan hasil Kongres Pemuda I semua organisasi kepemudaan dilebur dalam satu wadah organisasi dengan nama...* - PPM - PPI - PIR - PI 27. Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena hal-hal berikut ini, kecuali...* - Perjuangan menggunakan senjata meriam dan rudal - Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia - Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih - Perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional 28. Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh para pemuda Indonesia memiliki tujuan utama...* - Membantu penduduk yang fakir dan miskin - Menjual hasil rempah rempah kepada belanda, dan keuntunganya untuk kesejahteraan penduduk - Pendidikan dan pengajaran - membantu pihak jepang untuk mengalahkan belanda 29. Hidup di jaman now yang sangat akrab dengan media sosial tentu kita sering membaca HOAX (berita palsu yang menyesatkan) bagaimana sikap anda, Sebagai pelajar yang memahami dan menerapkan nilai nilai Kebangkitan Nasional, harus bersikap* - Membiarkan saja dan ikut menyebarkan - berusaha mencari tahu kebenarannya dengan bertanya kepada guru atau orang tua - Membalas dengan membuat info lain yang menyesatkan - Berusaha menenangkan diri 30. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah* - Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu - Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia - Mempercepat proses kemerdekaan indonesia - Para pemuda makin berani melawan penjajah 31.Berikut ini merupakan katakteristik yang dimiliki oleh budaya Indonesia, kecuali...* - hasil dari budidaya individu - merupakan kebanggan nasional - hasil dari budidaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sebelum tahun 1945 - berasal dari budaya-budaya lokal daerah dan budaya nasional 32. Pembangunan nasional harus didasarkan pada pembangunan karakter dan semangat gotong royong. Hal tersebut merupakan contoh dari tujuan pemajuan budaya, yaitu...* - haluan pembangunan nasional - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - melestarikan warisan budaya Indonesia 33. Dalam pemajuan budaya, hendaknya kebudayaan dilaksanakan dengan semangat kerja sama yang tulus. Hal tersebut merupakan asas.... dalam pemajuan kebudayaan.* - keberlanjutan - kelokalan - keterpaduan - gotong royong 34. Investasi kebudayaan atau pencatatan kebudayaan merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan. Hasil dari pencatatan ini umumnya akan mengalami peningkatan, misalnya pada tahun 2016 tercatat ada 50 warisan budaya tak benda berupa adat istiadat dan ritual di seluruh Indonesia. Ternyata pada tahun 2018 ditemukan lebih banyak lagi yang jumlahnya mencapai 72. Oleh karena itu, dapat disimpulkan kebudayaan Indonesia makin berkembang tiap tahunnya. Hal sesuai dengan salah satu tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - menciptakan masyrakat yang sejahtera - meningkatkan citra bangsa di mata dunia 35. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing dari negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperteguh jati diri bangsa - mewujudkan masyarakat madani - mencerdaskan kehidupan bangsa - memperkaya keberagaman budaya 36. Pemajuan kebudayaan Indonesia harus dilakukan dengan memperhatikan karakteristik daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan penjabaran dari salah satu asas pemajuan kebudayaan, yaitu...* - keberagaman - kelokalan - kesederajatan - keselarasan 37. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemajuan kebudayaan adalah...* - memperteguh jati diri bangsa - mengembangkan nilai luhur bangsa - mewujudkan masyarakat madani - menerima kebudayaan asing sebagai kebudayaan bangsa 38. Anak-anak dari SMP Ruan Raya memainkan permainan tradisional bakiak. Permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi serta kerja sama tim sehingga dapat memupuk karakter anak. Ilustrasi tersebut sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa 39. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Merawat alat musik tradisional (2) Menulis penelitian seputar batik dan memublikasikannya (3) Menggelar lomba robotik (4) Menggeluti hobi fotograi Dari pernyataan tersebut, yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor โ€ฆ.* - 1 dan 2 - 1 dan 3 - 2 dan 3 - 2 dan 4 40. Setiap bangsa memiliki karakteristik budaya masing-masing, termasuk bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya nilai-nilai yang mendasari kebudayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dari - kebudayaanbangsa-bangsalain. Pernyataanyangsesuaidenganparagraf tersebut yaitu...* - budaya nasional memiliki persamaan dan perbedaan dengan budaya bangsa lain - gaya berpakaian dan berbahasa bukan merupakan bagian dari suatu budaya - budaya nasional menjadi identitas dan jati diri yang terdapat pada suatu bangsa budaya nasional dapat tersisih oleh budaya yang terdapat pada bangsa-bangsa lain

23

0.0

Jawaban terverifikasi