Neni N

14 Mei 2024 13:06

Iklan

Iklan

Neni N

14 Mei 2024 13:06

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan Pancasila

apa yang dimaksud dengan Pancasila


14

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

14 Mei 2024 13:48

Jawaban terverifikasi

Pancasila adalah dasar negara dan ideologi nasional Indonesia yang terdiri dari lima sila atau prinsip. Pancasila dirumuskan dan disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945, sehari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Lima sila dalam Pancasila adalah: 1. Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab 3. Persatuan Indonesia 4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan 5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia Pancasila merupakan pandangan hidup, dasar negara, dan ideologi nasional Indonesia yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat mempersatukan seluruh komponen bangsa Indonesia yang beragam latar belakang suku, agama, ras, dan budaya.


Iklan

Iklan

I L

15 Mei 2024 06:09

Jawaban terverifikasi

 HomeSekolahPerguruan TinggiBeasiswaEdutainmentSeleksi Masuk PTDetikpediaFotoVideoInfografisIndeks  detikEduDetikPedia Apa Itu Pancasila? Ini Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya Nikita Rosa Damayanti - detikEdu Selasa, 31 Mei 2022 20:30 WIB BAGIKAN   Komentar Hari lahirnya pancasila. Foto: BPIP Jakarta -  Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Hari lahirnya diperingati setiap tanggal 1 Juni. Sebelumnya apa itu Pancasila? Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata, yaitu panca artinya lima dan sila artinya dasar, asas atau prinsip. Jadi Pancasila berarti lima dasar atau lima asas atau lima prinsip. Kelima dasar/asas/prinsip tersebut telah menjadi rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Indonesia berdasarkan pernyataan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV bahwa "..... Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."


Mesjis I

18 Mei 2024 07:49

1234567890asdfghjklzxcvmbn


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Andi mengayuh sepeda dengan besar energi mekaniknya adalah 400 J dengan massa sepeda tersebut adalah 2 kg dan mengalami jalanan menurun setinggi 10 m. Maka berapakah besar energi kinetik ketika andi bersepeda?

13

0.0

Jawaban terverifikasi