Rizky P

04 Juni 2024 12:25

Iklan

Iklan

Rizky P

04 Juni 2024 12:25

Pertanyaan

Apa pengertian Islam Wasathityah? Jelaskan dan berikan contoh!.

Apa pengertian Islam Wasathityah? Jelaskan dan berikan contoh!.


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Xy W

04 Juni 2024 12:35

Jawaban terverifikasi

Islam Wasatiyah adalah aliran dalam Islam yang menekankan pentingnya menjaga keseimbangan dan kesetaraan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam berpikir, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain. Aliran ini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara berbagai nilai dan prinsip Islam, seperti iman, amal, dan akal, serta menjaga keseimbangan antara kebebasan individu dan tanggung jawab sosial. Salah satu contoh dari Islam Wasatiyah adalah konsep "adl" atau keadilan dalam Islam. Aliran ini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan dan keadilan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam berinteraksi dengan orang lain, berperilaku, dan membuat keputusan. Ini berarti bahwa setiap orang harus diperlakukan dengan adil dan adil, tanpa memandang latar belakang, status sosial, atau faktor lainnya.


Iklan

Iklan

Navniaaa N

05 Juni 2024 06:09

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;contoh dari sikap wasathiyah adalah ketegasan seseorang untuk bersikap adil. Ia mengibaratkan seorang wasit di dalam pertandingan sepak bola. “Seorang wasit yang memimpin pertandingan sepak bola tidak harus selalu berada di tengah, tetapi ia dituntut dapat menegakkan keadilan di lapangan,”<br>&nbsp; &nbsp;Menurut Ibnu 'Asyur, kata wasath berarti sesuatu yang ada di tengah atau sesuatu yang memiliki dua belah ujung yang ukurannya sebanding. Menurut al-Asfahany, kata wasathan berarti tengah-tengah di antara dua batas (a'un) atau bisa berarti yang standar.</p><p><br>&nbsp; &nbsp; islam wasathiyyah bisa dijadikan salah satu sikap untuk saling menghargai satu sama lainnya sikap tidak saling menjatuhkan umat beragam maksdunya tidak mencela karena islam wasathiyyah berpegang teguh di pertengahan tidak membela sisi kanan dan juga sisi kiri.</p><p><br>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

 contoh dari sikap wasathiyah adalah ketegasan seseorang untuk bersikap adil. Ia mengibaratkan seorang wasit di dalam pertandingan sepak bola. “Seorang wasit yang memimpin pertandingan sepak bola tidak harus selalu berada di tengah, tetapi ia dituntut dapat menegakkan keadilan di lapangan,”
   Menurut Ibnu 'Asyur, kata wasath berarti sesuatu yang ada di tengah atau sesuatu yang memiliki dua belah ujung yang ukurannya sebanding. Menurut al-Asfahany, kata wasathan berarti tengah-tengah di antara dua batas (a'un) atau bisa berarti yang standar.


    islam wasathiyyah bisa dijadikan salah satu sikap untuk saling menghargai satu sama lainnya sikap tidak saling menjatuhkan umat beragam maksdunya tidak mencela karena islam wasathiyyah berpegang teguh di pertengahan tidak membela sisi kanan dan juga sisi kiri.


 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa kepanjangan bpupki

9

5.0

Jawaban terverifikasi