Fathiya G

01 Mei 2024 06:18

Iklan

Iklan

Fathiya G

01 Mei 2024 06:18

Pertanyaan

Apa pecintraan dan majas dari puisi dibawah ini Perjalanan Usai Karya: Candra Malik Anak-anak tumbuh mendewasa, akankah aku hanya tumbuh menua? Kelak mereka butuh lawan bicara, apakah kala itu aku kakek pelupa? Anak-anak tidak selamanya bayi, mereka butuh tak hanya dimengerti. Mereka punya mata, punya hati, tidak cukup dengan harta diwarisi. Sampai kapan usiaku ditakdirkan, sampai batas itulah aku dihadirkan. Sebagai orang tua, sebagai teman, sampai batas waktu yang ditentukan. Tak baik jika mereka di sini saja, hangat dipeluk rumah dan keluarga. Kehidupan itu pengembaraan jiwa, dan mereka pengelana berikutnya. Jika tumbuh dewasa ada ujungnya, jangan sampai hanya menua sia-sia. Dalam perjalananku menyusuri usia, setidaknya harus pernah bijaksana.​


17

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dea K

01 Mei 2024 11:37

Jawaban terverifikasi

<p>Pecintraan adalah kontras atau perbedaan yang terdapat dalam suatu karya sastra. Dalam puisi ini, terdapat pecintraan antara masa kecil dan masa tua, antara peran anak-anak dan orang tua, serta antara pengalaman hidup yang beragam dari waktu ke waktu. Puisi ini menggambarkan perjalanan hidup dari masa kecil yang penuh dengan kepolosan dan kebutuhan hingga masa tua yang penuh dengan ketidakpastian dan refleksi.</p><p>&nbsp;</p><p>Beberapa majas yang terdapat dalam puisi ini antara lain:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Personifikasi</strong>:</p><ul><li><strong>Definisi</strong>: Personifikasi adalah pemberian sifat-sifat manusia kepada benda mati atau makhluk hidup lainnya.</li><li><strong>Contoh</strong>: Dalam puisi ini, personifikasi terjadi ketika anak-anak digambarkan "tumbuh mendewasa", yang memberikan sifat manusia pada proses pertumbuhan mereka.</li></ul><p><strong>Simile</strong>:</p><ul><li><strong>Definisi</strong>: Simile adalah perbandingan langsung antara dua hal yang berbeda dengan menggunakan kata-kata seperti "seperti" atau "bagai".</li><li><strong>Contoh</strong>: Simile terjadi dalam ungkapan "apakah kala itu aku kakek pelupa?", yang menyamakan diri sendiri dengan seorang kakek pelupa. Dalam kalimat tersebut, terdapat perbandingan langsung antara diri sendiri dengan seorang kakek pelupa, yang menggunakan kata "apakah" untuk menyamakan atau membandingkan dirinya dengan kakek pelupa, menyoroti rasa ketidakpastian akan masa depan dan perasaan kehilangan yang dirasakan.</li></ul><p><strong>Paralelisme</strong>:</p><ul><li><strong>Definisi</strong>: Paralelisme adalah pengulangan pola kalimat atau frasa yang sama untuk mencapai efek yang kuat.</li><li><strong>Contoh</strong>: Paralelisme terlihat dalam ungkapan "Sebagai orang tua, sebagai teman", yang mengulang pola kalimat yang sama untuk menekankan peran ganda sebagai orang tua dan teman.</li></ul><p><strong>Metafora</strong>:</p><ul><li><strong>Definisi</strong>: Metafora adalah perbandingan tidak langsung antara dua hal yang berbeda tanpa menggunakan kata "seperti" atau "bagai".</li><li><strong>Contoh</strong>: Metafora terjadi dalam ungkapan "Kehidupan itu pengembaraan jiwa", yang menggambarkan kehidupan sebagai perjalanan spiritual yang penuh dengan penemuan dan pertumbuhan.</li></ul><p><strong>Antitesis</strong>:</p><ul><li><strong>Definisi</strong>: Antitesis adalah penggunaan dua konsep atau kata yang bertentangan dalam sebuah kalimat untuk menciptakan efek dramatis.</li><li><strong>Contoh</strong>: Antitesis terlihat dalam ungkapan "Jika tumbuh dewasa ada ujungnya, jangan sampai hanya menua sia-sia", yang menyoroti kontras antara pertumbuhan fisik dan kebijaksanaan spiritual dalam proses penuaan.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Dengan menggunakan majas-majas ini, puisi menjadi lebih hidup dan penuh dengan makna, serta memperkuat pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh penyair.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Pecintraan adalah kontras atau perbedaan yang terdapat dalam suatu karya sastra. Dalam puisi ini, terdapat pecintraan antara masa kecil dan masa tua, antara peran anak-anak dan orang tua, serta antara pengalaman hidup yang beragam dari waktu ke waktu. Puisi ini menggambarkan perjalanan hidup dari masa kecil yang penuh dengan kepolosan dan kebutuhan hingga masa tua yang penuh dengan ketidakpastian dan refleksi.

 

Beberapa majas yang terdapat dalam puisi ini antara lain:

 

Personifikasi:

  • Definisi: Personifikasi adalah pemberian sifat-sifat manusia kepada benda mati atau makhluk hidup lainnya.
  • Contoh: Dalam puisi ini, personifikasi terjadi ketika anak-anak digambarkan "tumbuh mendewasa", yang memberikan sifat manusia pada proses pertumbuhan mereka.

Simile:

  • Definisi: Simile adalah perbandingan langsung antara dua hal yang berbeda dengan menggunakan kata-kata seperti "seperti" atau "bagai".
  • Contoh: Simile terjadi dalam ungkapan "apakah kala itu aku kakek pelupa?", yang menyamakan diri sendiri dengan seorang kakek pelupa. Dalam kalimat tersebut, terdapat perbandingan langsung antara diri sendiri dengan seorang kakek pelupa, yang menggunakan kata "apakah" untuk menyamakan atau membandingkan dirinya dengan kakek pelupa, menyoroti rasa ketidakpastian akan masa depan dan perasaan kehilangan yang dirasakan.

Paralelisme:

  • Definisi: Paralelisme adalah pengulangan pola kalimat atau frasa yang sama untuk mencapai efek yang kuat.
  • Contoh: Paralelisme terlihat dalam ungkapan "Sebagai orang tua, sebagai teman", yang mengulang pola kalimat yang sama untuk menekankan peran ganda sebagai orang tua dan teman.

Metafora:

  • Definisi: Metafora adalah perbandingan tidak langsung antara dua hal yang berbeda tanpa menggunakan kata "seperti" atau "bagai".
  • Contoh: Metafora terjadi dalam ungkapan "Kehidupan itu pengembaraan jiwa", yang menggambarkan kehidupan sebagai perjalanan spiritual yang penuh dengan penemuan dan pertumbuhan.

Antitesis:

  • Definisi: Antitesis adalah penggunaan dua konsep atau kata yang bertentangan dalam sebuah kalimat untuk menciptakan efek dramatis.
  • Contoh: Antitesis terlihat dalam ungkapan "Jika tumbuh dewasa ada ujungnya, jangan sampai hanya menua sia-sia", yang menyoroti kontras antara pertumbuhan fisik dan kebijaksanaan spiritual dalam proses penuaan.

 

Dengan menggunakan majas-majas ini, puisi menjadi lebih hidup dan penuh dengan makna, serta memperkuat pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh penyair.

 

 

 


 


Iklan

Iklan

Mercon M

Community

01 Mei 2024 12:39

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban:</p><p>Pecintaan dalam puisi ini adalah tentang perjalanan kehidupan yang melibatkan pertumbuhan dan kedewasaan seseorang, serta tanggung jawab sebagai orang tua dan mentor bagi generasi berikutnya. Majas yang digunakan antara lain:</p><p>1. Personifikasi: "Anak-anak tidak selamanya bayi, mereka butuh tak hanya dimengerti. Mereka punya mata, punya hati, tidak cukup dengan harta diwarisi." Di sini, anak-anak dipersonifikasikan sebagai individu yang memiliki kebutuhan emosional dan intelektual yang harus dipenuhi.</p><p>2. Metafora: "Kehidupan itu pengembaraan jiwa, dan mereka pengelana berikutnya." Kehidupan diibaratkan sebagai sebuah perjalanan spiritual atau pengembaraan jiwa, sementara anak-anak diibaratkan sebagai pengelana berikutnya yang akan mengalami perjalanan serupa.</p><p>3. Antitesis: "Jika tumbuh dewasa ada ujungnya, jangan sampai hanya menua sia-sia." Antitesis digunakan untuk menyoroti perbedaan antara tumbuh dewasa dengan hanya menua secara fisik tanpa pertumbuhan emosional atau intelektual yang signifikan.</p>

Jawaban:

Pecintaan dalam puisi ini adalah tentang perjalanan kehidupan yang melibatkan pertumbuhan dan kedewasaan seseorang, serta tanggung jawab sebagai orang tua dan mentor bagi generasi berikutnya. Majas yang digunakan antara lain:

1. Personifikasi: "Anak-anak tidak selamanya bayi, mereka butuh tak hanya dimengerti. Mereka punya mata, punya hati, tidak cukup dengan harta diwarisi." Di sini, anak-anak dipersonifikasikan sebagai individu yang memiliki kebutuhan emosional dan intelektual yang harus dipenuhi.

2. Metafora: "Kehidupan itu pengembaraan jiwa, dan mereka pengelana berikutnya." Kehidupan diibaratkan sebagai sebuah perjalanan spiritual atau pengembaraan jiwa, sementara anak-anak diibaratkan sebagai pengelana berikutnya yang akan mengalami perjalanan serupa.

3. Antitesis: "Jika tumbuh dewasa ada ujungnya, jangan sampai hanya menua sia-sia." Antitesis digunakan untuk menyoroti perbedaan antara tumbuh dewasa dengan hanya menua secara fisik tanpa pertumbuhan emosional atau intelektual yang signifikan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

HOS Cokroaminoto, Yang Guru Bangsa Haji Tjokroaminoto adalah anak kedua dari 12 bersaudara dari ayah barname RM Tjokroamiseno, salah seorang pejabat pemerintahan pada saat itu. Kakaknya, RM. Adipati Tjokronegoro, pernah juga menjabat sebagai Bupati Ponorogo Tjokro lahir di Tegalsari, Ponorogo, Jawa Timur, pada tanggal 16 Agustus 1882. Awalnya kehidupan Tjokro terbilang biasa-basa saja. Semasa kecil ia dikenal sebagai anak yang nakal dan suka berkelahi. Setelah beberapa kali berpindah sekolah, akhirnya ia berhasil menyelesaikan sekolahnya di osvia (sekolah calon pegawai pervarintah atau pamong praja di Magelang pada tahun 1902. Setelah menamatkan osvia, Tjokro bekerja sebagai seorang juru tulis di Ngawi, Jawa Timur Tiga tahun kemudian ia bekerja di perusahaan dagang di Surajaya. Keindahannya ke Surajaya membawanya terjun ke dunia politik. Di kota pahlawan itu Tjokro kemudian bergabung dalam Sarekat Dagang Islam (sdi pimpinan H. Samanhudi, la menyarankan agar SDI diubah menjadi partai politik. SDI kemudian resmi diubah menjadi Sarekat Islam (50) dan Tjokro menjadi Ketua SI pada tanggal 10 Sepetember 1912. Tjokroaminoto dipercaya untuk memangiku jabatan ketua setelah sebelumnya menjabat sebagai komisaris Sl. Di bawah kepemimpinannya, Sl mengalami kemajuan pesat dan berkembang menjadi partai massa sehingga menimbulkan kekhawatiran pemerintah Belanda. Pemerintah Hindia Belanda berupaya menghalangi St yang termasuk organisasi Islam terbesar pa anak tu. Pemerintah kolonial sangat membatasi kekuasaan pengurus pusat Si agar mudah di dipengaruhi pangreh praja setempat. Situasi itu menjadikan Sl menghadapi kesenjangan antara p dan daerah yang menyebabkan kesulitan dalam mobilisasi para anggotanya. G 57 tahap Thidangka ke by Iharaar magedi inspire smu generasi muda Pada periode tahun 1912-1916, Tjokroaminoto dan para pemimpin Si lainnya sedikit bersikap moderat terhadap pamarntah Belancia. Mereka memperjuangkan penegakan hak-hak manusia sewa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tapi sejak tahun 1916, menghadapi pembentukan Dewan Rakyat 8. sana m jadi hangat. Dalam kongres kongres 51, Tjokroaminoto mulai melancarkan ide pembentukan kation (bangsa) dan pemerintahan sendiri. Sebagai reaksi terhadap seni Novembar (November beloftemt, Gubernur Jenderal dan Limburgh Stanum, Tjokroaminoto selaku wakil SI delam Volksraad bersama sastrawan, aktivis, jurnalis Adul Kuis, Cipto Mangunkusumo mengajukan mosi yang kemudian dikenal dengan Mosi Tjokroaminoto pada tanggal 25 November 1918. Mereka menuntut Pertama, pembentukan Dewan Negara di mana penduduk semua wakil dari kerajaan. Kedua, pertanggungjawaban departemen/pemerintah Hindia Belanda terhadap perwakilan rakyat. Tiga, pertanggungjawaban terhadap perwakilan rakyat. Keempat, reformasi pemerintahan dan desentralisasi. Intinya, mereka menuntut pemerintah Belanda membentuk parlemen yang anggotama dipilih dari rakyat dan oleh rakyat Pemerintah sendiri dituntut bertanggung jawab pada parlemen Namun, oleh Ketua Parlemen Belanda, tuntutan tersebut dianggap hanya fantasi belaka. Selanjutnya, pada kongres gas ona SI di Yogyakata tanggal 2-6 Maret 1921, SI pimpinan Tjokro . memberikan reaksi atas sikap pemerintah Belanda tersebut dengan merumuskan tujuan perjuangan politik Sl sebagai, Untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan Belanda. Selama hidupnya, Tjokroaminoto merupakan sosok yang berpengaruh besar terhadap tokoh-tokoh muda pergerakan nasional saat itu. Keahliannya berpidato ia gunakan untuk mengecam kesewenang wenangan pemerintah Belanda. Semasa perjuangannya, dia misalnya mengecam perampasan tanah oleh Belanda untuk dijadikan perkebunan milik Belanda. la juga mendesak Sumatera Landsyndicaat supaya mengembalikan tanah rakyat di Gunung Seminung (tepi Danau Danau, Sumatera Selatan). Nasib para dokter pribumi juga turut diperjuangkannya dengan menuntut kesetaraan kedudukan antara dokter Indonesia dengan dokter Belanda. Pada tahun 1920, Tjokro dijebloskan ke penjara dengan tuduhan marghasut dan mempersiapkan pemberontakan untuk menggulingkan pemerintah Belanda. Pada Apris 1922, setelah tujuh bulan meringkuk di penjara, ia kemudian dibebaskan. cokroaminoto kemudian diminta kembali untuk duduk am Volksraad, namun permintaan itu ditolaknya kerena ia sudah tak mau lagi bekerja sama dengan pemerintah Belanda Sebagai tokoh masyarakat, pemerintah koloria menjulukinya sebagai de Ongekroonde Kuning dan Jasa (Raja Jawa yang tidak bermahkota atau tidak dinobatkan). Pengaruh Tjokro yang Luas menjadikannya sebagai tokoh panutan masyarakat. Karena alasan itu pula maka R.M. Soekemi Sesrodihardjo mengirimkan anaknya Soekamo untuk pendidikan dengan in de kost di rumahnya. Selain menjadi politikus, Tjokroaminoto aktif menulis karangan di majalah dan surat kabar. Salah satu karyanya ialah buku yang berjudul Islam dan Nasionalisme. Tjokroaminoto menghembuskan napasnya yang terakhir pada tanggal 17 Desember 1934 di Yogyakata pada usia 51 tahun. Atas jasa-jasanya kepada negara, Haji Gemar Siad Cokroaminoto dianugerahkan gelar pahlawan Kemerdekaan Nasional berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No.590 Tahun 1961, tanggal 9 Nopember 1961. 1. carilah gagasan penjelas dari teks diatas 2. carilah keteladanan atau hikmah dari teks diatas

1

0.0

Jawaban terverifikasi

Sedia Apar Sebelum Berkobar Banyak jalan menuju Roma. Pepatah selalu ada banyak cara untuk meraih sesuatu ternyata tak berlaku untuk memadamkan api kebakaran di ibu kota RI. Hasil olah data dan analisis jaringan jalan (network analysis) yang dilakukan Redaksi Kompas atas data kejadian kebakaran selama 2020-2021, sebaran pos pemadam kebakaran (damkar), lokasi hidran, peta persil bangunan, peta administratif rukun wilayah (RW), jaringan jalan di Jakarta, sungai, selokan, dan pantai, serta distribusi dan cakupan layanan pos damkar, menunjukkan ada banyak rintangan untuk menjangkau lokasi kebakaran. Minimnya rasio jumlah petugas damkar dibandingkan jumlah warga yang dilayani adalah persoalan mendasarnya. Contoh, rasio di Jakarta 1:2.357, sementara Kuala Lumpur 1:1.594, sedangkan Bangkok 1:1.029 atau dua kali lebih besar. Kecilnya rasio petugas damkar kian diperparah dengan belum meratanya distribusi pos damkar sehingga menimbulkan banyak daerah blank spot. Hingga tahun 2021, dari 2.731 RW di Jakarta, sebanyak 268 RW berada di luar cakupan 2,5 kilometer perjalanan dari pos damkar terdekat. Sebagian besar, 84 RW, ada di Jakarta Timur. Selain itu, sebanyak 496 RW hanya bisa mengandalkan satu pos damkar, 563 RW (2 pos), dan 585 RW (3 pos). Padahal, rekam data kejadian kebakaran periode 2020-2021 menunjukkan, setiap kebakaran membutuhkan keterlibatan empat pos. Kesulitan kian bertambah dengan banyaknya jalan sempit dan permukiman padat, tak beraturan. Data OpenStreetMap menunjukkan, 18,6 persen jalan di setiap kelurahan di Jakarta tergolong sempit dan tidak bisa dilewati truk damkar. Minimnya ketersediaan air juga menambah kompleksitas. Dari 1.213 hidran kota, hanya 34 persen yang berfungsi sempurna. Akhirnya, sungai dan selokan jadi andalan. Persoalan lain yang terlihat sederhana, tetapi berdampak besar, ialah warga lambat melaporkan kasus kebakaran ke pos damkar. Telepon layanan pengaduan kebakaran belum tertanam di benak warga. Implikasinya, kecepatan damkar mencapai lokasi kebakaran menjadi semakin terlambat. Nyawa petugas damkar menjadi taruhannya karena tiba di lokasi dengan api yang sudah berkobar. Dampak kerugian material, bahkan nyawa warga, pun lebih tinggi. Dengan segala kompleksitasnya, sungguh tak mudah memadamkan kebakaran di Ibu Kota. Sejatinya, upaya pencegahan perlu terus didorong, seperti penggantian instalasi listrik rutin. Penyediaan alat pemadam api ringan (apar) di lingkungan, hingga memperbesar barisan sukarelawan pemadam kebakaran terlatih di tingkat RT/RW, mendesak dilakukan. Apa yang terjadi di Jakarta bisa menjadi pembelajaran kota yang sedang tumbuh untuk lebih menata dan mempersiapkan kota dari ancaman kebakaran. Pepatah sedia payung sebelum hujan pun menjadi sangat relevan. Sediakan apar sebelum api berkobar. Jangan sampai nasi telanjur menjadi bubur. Dilalap api, hasil kerja keras hancur lebur. 1. apakah teks tersebut termasuk teks editorial ataukah opini? jelaskan dengan disertai alasan! 2. apakah tujuan ditulisnya teks tersebut? apakah sekedar ingin menjelaskan pandangannya mengenai persoalan yang diangkatnya, mempengaruhi pembaca agar menyetujui pendapatnya, atau hanya ingin menghibur pembaca? 3. pada bagian manakah yang mengandung isu yang dibahas dalam teks editorial tersebut? 4. tulislah fakta yang terdapat pada teks tersebut! 5. tulislah beberapa argumen yang anda temukan pada teks editorial tersebut! Kemukakan pendapat anda ( setuju/S atau tidak setuju/ TS ) mengenai argumen tersebut dengan alasan yang mendukung! 6. kepada siapakah kritik dan saran dalam teks editorial tersebut ditujukan?

1

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Buatlah menjadi sebuah dialog Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Sebenarnya hari itu Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa yang napasnya masih memburu dan keringatnya bercucuran, mengajukan usul pada Dani. “Dan … minta Bu Mia menunda ulangan dong. Capek nih,” kata Ali. “Waduuuh aku gak berani,” jawab Dani. “Lia saja suruh bilang. Dia kan ketua kelas, ” sambung Dani. “Baiklah, aku akan mencoba merayu Bu Mia. Doakan berhasil,” kata Lia. “Beres. Kamu kan ketua kelas.” Dengan santun, Lia menghadap Bu Lia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga siap mengikuti pelajaran. “Maaf, Bu. Boleh Lia berbicara sebentar?” tanya Lia sambil duduk. “Iya. Ada apa?” “Begini, Bu, saya mewakili teman-teman, Lia minta maaf karena temanteman belum selesai ganti baju.“ “Biasanya kan tidak terlambat seperti ini?” tanya Bu Mia. “Iya, Bu. Sekali lagi maakan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.” “Oh … kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?” suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju. “Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami segar.” “Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,” jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman. “Makasih, Bu,” kata Lia. “Eit … tapi ingat. Kalian harus tertib. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Dan masuk kelas lagi tepat pukul 09.00 WIB.” “Iya, Bu. Makasih.” Teman-teman Lia yang sejak tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan Bu Mia bertepuk tangan gembira mendengar keputusan Bu Mia.

1

0.0

Jawaban terverifikasi

temukan konjungsi dalam teks hikayat ibnu hasan kemudian jeniskan! Ibnu Hasan Syahdan, zaman dahulu kala, ada seorang kaya hartawan, bernama Syekh Hasan. Banyak harta, banyak uang, terkenal ke setiap negeri, merupakan orang terkaya. Bertempat tinggal di negeri Bagdad yang terkenal ke mana-mana sebagai kota yang paling ramai saat itu. Syekh Hasan sangat bijaksana, mengasihi fakir miskin, menyayangi yang kekurangan, menasihati yang berpikiran sempit, mengajarkan ilmu yang baik, walaupun harus mengeluarkan biaya berupa pakaian atau uang. Oleh karena itu, banyak pengikutnya. Syekh Hasan memiliki seorang anak laki-laki yang sangat tampan, pendiam, dan baik budi, berusia sekitar tujuh tahun. Ibnu Hasan namanya. Ibnu Hasan sedang lucu-lucunya. Semua orang senang melihatnya, apalagi orang tuanya. Namun demikian, anak itu tidak sombong, perilakunya kalem, walaupun hidupnya dimanjakan, tidak kekurangan. Ayahnya berpikir, "Alangkah salannya aku, menyayangi di luar batas, tanpa pertimbangan. Bagaimana kalau akhirnya dimurkai Allah Yang Agung? Aku pasti durhaka, tak dapat mendidik anak, mengkaji ilmu yang bermanfaat." Dipanggilnya putranya. Anak itu segera mendatanginya, diusap-usapnya putranya sambil dinasihati, bahwa ia harus mengaji, katanya, "Sekarang saatnya, Anakku. Sebenarnya aku khawatir, tapi pergilah ke Mesir. Carilah jalan menuju keutamaan." Ibnu Hasan menjawab, "Ayah jangan ragu-ragu, semua kehendak orang tua akan hamba turuti, tidak akan kutolak, siang malam hanya perintah Ayah Ibu yang hamba nantikan." Kemudian, Ibnu Hasan berangkat ke pesantren, berpisah dengan kedua orang tuanya, hatinya sangat sedih. Ibunya tidak tahan menangis terisak-isak harus berpisah dengan putranya yang masih sangat kecil, belum cukup usia. "Kelak, apabila Ananda sudah sampai ke tempat merantau, pandai-pandailah menjaga diri karena jauh dari orang tua. Harus tahu ilmunya hidup, jangan keras kepala, angkuh, dan menyombongkan diri, merasa lebih dari yang lain, merasa diri orang kaya lalu menghina sesama. Kalau begitu perbuatanmu, hidupmu tidak akan senang karena dimusuhi semua orang, tidak akan ada yang mau menolong. Kalau celaka tidak akan diperhatikan. Berada di rantau orang kalau judes akan mendapatkan kesusahan. Hati-hatilah menjaga diri. Jangan menganggap enteng segala hal." Ibnu Hasan menjawab dengan takzim, "Apa yang Ibu katakan akan selalu kuingat dan kucatat dalam hati. Doakanlah aku agar selamat. Semoga jangan sampai menempuh jalan yang salah. Pesan Ibu akan kuperhatikan, siang dan malam." Singkat cerita Ibnu Hasan sudah berangkat dikawal dua pengasuhnya sejak kecil, Mairin dan Mairun. Mereka berangkat berjalan kaki. Mairun memikul semua perbekalan dan pakaian, sementara Mairin mengikuti dari belakang, sesekali menggantikan tugas Mairun. Perasaan sedih, prihatin, kehujanan, kepanasan selama perjalanan yang memakan waktu berhari-hari namun akhirnya sampai juga di pusat kota negara Mesir, dengan selamat berkat doa ayah dan ibunda. Selanjutnya, segeralah menemui seorang alim ulama, terus berguru padanya. Pada suatu hari, saat bakda zuhur, Ibnu Hasan sedang di jalan, bertemu seseorang bernama Saleh yang baru pulang dari sekolah. Ibnu Hasan menyapa, "Anda pulang dari mana?" Saleh menjawab dengan sopan, "Saya pulang sekolah." Ibnu Hasan bertanya lagi, "Sekolah itu apa? Coba jelaskan padaku!" Yang ditanya menjawab, "Apakah Anda belum tahu?Sekolah itu tempat ilmu, tepatnya tempat belajar, berhitung, menulis, mengeja, belajar tata krama, sopan santun terhadap yang lebih tua dan yang lebih muda, dan terhadap sesama, harus sesuai dengan aturan." Begitu Ibnu Hasan mendengar penjelasan tersebut, betapa girang hatinya. Dia segera pulang menghadap kyai dan meminta izinnya untuk belajar di sekolah guna mencari ilmu. "Sekarang katakan padaku apa yang sebenarnya kamu harapkan," Kyai berkata demikian. Tujuan untuk menguji muridnya, apakah betul-betul ingin mencari ilmu atau hanya alasan supaya mendapat pujian. Ibnu Hasan menunduk, menjawab agak malu, "Hamba ingin menjelaskan mengapa hamba bersusah payah tanpa mengenal lelah mencari ilmu. Memang sangkaan orang begitu karena ayahku kaya raya, tidak kekurangan uang, ternaknya pun banyak. Hamba tidak usah bekerja karena tidak akan kekurangan. Namun, pendapat hamba tidak demikian, akan sangat memalukan seandainya ayah sudah tiada, sudah meninggal dunia, semua hartanya jatuh ke tangan hamba. Tapi, ternyata tidak terurus karena hamba tidak teliti akhimya harta itu habis, bukan bertambah. Di situlah terlihat temyata kalau hamba ini bodoh. Bukan bertambah masyhur, asalnya anak orang kaya, harus menjadi buruh. Begitulah pendapat hamba karena modal sudah ada, hamba hanya tinggal melanjutkan. Pangkat anakpun begitu pula, walaupun tidak melebihi orang tua, paling tidak harus sama dengan orang tua, dan tidak akan memalukan, apalagi kalau lebih miskin, ibaratnya anak seorang palih" Maka, yakinlah kyai itu akan baik muridnya.

3

0.0

Jawaban terverifikasi

. Kursi DPR Di suatu siang yang cerah, ada dua orang anak yang tengah bercanda di bawah pohon rindang. Insan: "Bobby, kita main tebak-tebakan, yuk. Kursi apa yang buat orang lupa ingatan?" Bobby: "Kursi goyang. Orang yang duduk di situ akan mengantuk dan tertidur. Saat tertidur, orang pasti lupa." Insan: "Meski lucu, jawabanmu salah." Bobby: "Hmm. Kursi apa, ya?" Insan: "Jawabannya adalah kursi DPR." Bobby: "Kok bisa begitu?" Insan: "Jelaslah. Sebelum duduk di kursi DPR, banyak caleg yang berjanji banyak hal agar terpilih. Namun, setelah merasakan kursinya, sekejap saja, mereka akan lupa dengan janji-janji mereka." Bobby: "Betul juga." Terkadang-kadang itu kita suka yoweslah (yasudahlah) dia saja asal ganteng, dia saja yang dipilih asal bukan perempuan, dia saja walau tidak bisa apa-apa yang penting kalau di sosmed dan tv nyenengin. Tetapi tidak bisa kerja dan nyenengin rakyat. Mau enggak kayak itu,” kata Puan di depan ribuan kader PDI-P Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (26/4/2022). Puan mengatakan, sosok presiden haruslah memperjuangkan rakyatnya. Oleh karenanya, Ketua DPR RI itu mewanti-wanti kader PDI-P supaya tidak asal pilih calon presiden. “Jangan kita asal pilih karena cuma kelihatan di panggung media, tv, dan medsos. Pilih orang pernah memperjuangkan kita dan bersama kita dan bergotong-royong kita,” ujar Puan. Pernyataan serupa pernah Puan sampaikan pada Mei 2021 lalu. Kala itu, dia mengatakan, sosok pemimpin yang layak menjadi capres ialah orang yang bekerja di lapangan, bukan di media sosial. “Pemimpin menurut saya, itu adalah pemimpin yang memang ada di lapangan dan bukan di sosmed,” kata Puan di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (22/5/2021). Meski demikian, Puan juga mengakui bahwa media sosial tetap diperlukan untuk mendukung perjuangan seorang pemimpin di zaman sekarang. “Sosmed diperlukan, media perlu. Tapi bukan itu saja. Harus nyata kerja di lapangan,” ujarnya. Jangan terpengaruh survei Puan juga angkat bicara soal banyaknya survei elektabilitas calon presiden. Ia meminta kader PDI-P tak terpengaruh survei berbagai lembaga. Belakangan, semakin banyak survei yang menyebut sejumlah sosok punya elektabilitas tinggi dan potensial menjadi calon presiden. Survei juga memetakan nama-nama tokoh yang elektabilitasnya masih rendah sehingga diprediksi sulit memenangkan pilpres. Tentukan tema, kritik, humor, tokoh, struktur, dan alur anekdot

3

5.0

Jawaban terverifikasi