Wulan N

25 April 2024 14:39

Iklan

Iklan

Wulan N

25 April 2024 14:39

Pertanyaan

4 pokok pikiran yang terkandung dalam UUD?


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Arfions K

26 April 2024 04:09

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;4 pokok pikiran yang terkandung dalam UUD 1945 =</p><p>&nbsp; 1. Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan.</p><p>&nbsp; 2. Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.</p><p>&nbsp; 3. Negara yang berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan.</p><p>&nbsp; 4. Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil, dan beradab.</p>

 4 pokok pikiran yang terkandung dalam UUD 1945 =

  1. Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan.

  2. Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

  3. Negara yang berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan.

  4. Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil, dan beradab.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 10:22

Jawaban terverifikasi

<p>Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (UUD 1945) mengandung empat pokok pikiran utama yang menjadi dasar filosofis negara Indonesia. Keempat pokok pikiran tersebut adalah:</p><p>Ketuhanan Yang Maha Esa: Mengakui keberadaan Tuhan yang Maha Esa sebagai sumber segala kekuatan dan keberadaan. Ketuhanan yang Maha Esa menjadi landasan spiritual dan moral bagi bangsa Indonesia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.</p><p>Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menghargai martabat manusia serta mengedepankan keadilan dan kesopanan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Prinsip ini mewujud dalam pengakuan hak asasi manusia, penegakan keadilan sosial, dan penghapusan segala bentuk diskriminasi.</p><p>Persatuan Indonesia: Membangun persatuan dan kesatuan dalam keragaman Indonesia. Persatuan Indonesia mencakup pengakuan dan penghormatan terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan budaya sebagai sumber kekayaan dan kekuatan bangsa.</p><p>Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Menegaskan prinsip demokrasi sebagai landasan sistem pemerintahan Indonesia. Prinsip ini mencakup partisipasi aktif rakyat dalam proses pembuatan keputusan politik melalui perwakilan yang dipilih secara demokratis serta musyawarah untuk mencapai mufakat dalam pengambilan keputusan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (UUD 1945) mengandung empat pokok pikiran utama yang menjadi dasar filosofis negara Indonesia. Keempat pokok pikiran tersebut adalah:

Ketuhanan Yang Maha Esa: Mengakui keberadaan Tuhan yang Maha Esa sebagai sumber segala kekuatan dan keberadaan. Ketuhanan yang Maha Esa menjadi landasan spiritual dan moral bagi bangsa Indonesia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menghargai martabat manusia serta mengedepankan keadilan dan kesopanan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Prinsip ini mewujud dalam pengakuan hak asasi manusia, penegakan keadilan sosial, dan penghapusan segala bentuk diskriminasi.

Persatuan Indonesia: Membangun persatuan dan kesatuan dalam keragaman Indonesia. Persatuan Indonesia mencakup pengakuan dan penghormatan terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan budaya sebagai sumber kekayaan dan kekuatan bangsa.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Menegaskan prinsip demokrasi sebagai landasan sistem pemerintahan Indonesia. Prinsip ini mencakup partisipasi aktif rakyat dalam proses pembuatan keputusan politik melalui perwakilan yang dipilih secara demokratis serta musyawarah untuk mencapai mufakat dalam pengambilan keputusan.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut ! 1) Hukum jual beli adalah mubah atau boleh 2) Jual beli bisa menjadi wajib apabila menjual merupakan suatu keharusan, seperti menjual untuk membayar hutang yang sudah jatuh tempo 3) Jual beli juga bisa menjadi sunnah jika barang yang di jual sangat di perlukan oleh si pembeli 4) Hukum jual beli dapat berubah menjadi halal apabila di lakukan dalam rangka kemaksiatan Pernyataan di atas di tunjukan pada nomor..... * 1,2,dan 3 1,3,dan 4 2,3,dan 4 1,2,dan 4

7

5.0

Jawaban terverifikasi