Annisa M

29 Agustus 2025 01:54

Iklan

Annisa M

29 Agustus 2025 01:54

Pertanyaan

1.sebutkan dan jelaskan komponen-komponen dari enzim. 2.bagaimana cara kerja inhibitor kompetitif pada enzim ? 3.apakah yang membedakan tumbuhan C3 , C4 , dan CAM ? Jelaskan perbedaannya. 4.jelaskan persamaan dan perbedaan pembuatan roti dan tapai. 5. Sebutkan contoh organisme kemoautotrof dan reaksi kemosintesisnya.

1.sebutkan dan jelaskan komponen-komponen dari enzim.

2.bagaimana cara kerja inhibitor kompetitif pada enzim ? 

3.apakah yang membedakan tumbuhan C3 , C4 , dan CAM ? Jelaskan perbedaannya.

4.jelaskan persamaan dan perbedaan pembuatan roti dan tapai.

5. Sebutkan contoh organisme kemoautotrof dan reaksi kemosintesisnya.

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

06

:

17

:

04

Klaim

19

2


Iklan

BAYU I

29 Agustus 2025 13:04

<p>Saya menjawab nomer 4 : sama sama melalui proses fermentasi menggunakan ragi yang menghasilkan produk yang mengembang dan merubah rasa asli bahan nya&nbsp;</p>

Saya menjawab nomer 4 : sama sama melalui proses fermentasi menggunakan ragi yang menghasilkan produk yang mengembang dan merubah rasa asli bahan nya 


Iklan

Nafisha B

01 September 2025 09:25

<p>1). komponen pada enzim dibagi menjadi 2, yaitu:</p><ul><li><strong>Apoenzim</strong> adalah bagian enzim yang tersusun atas protein. Bersifat labil, mudah dipengaruhi oleh perubahan suhu dan pH, serta tidak tahan panas. Merupakan bagian utama enzim dan membentuk struktur dasar enzim.&nbsp;</li><li><strong>Kofaktor </strong>adalah molekul non-protein yang diperlukan untuk aktivitas enzim. Ada 2 jenis kofaktor:</li></ul><ol><li><strong>Kofaktor Anorganik: </strong>Ion-ion logam seperti Fe, Mn, Zn, Mg, atau Co, yang terikat lemah pada enzim.&nbsp;</li><li><strong>Kofaktor Organik:</strong> Molekul organik yang termasuk dalam gugus prostetik.&nbsp;</li></ol><p>&nbsp;</p><p>2). <strong>Inhibitor kompetitif</strong> bekerja dengan meniru substrat dan bersaing untuk mengikat sisi aktif enzim, secara fisik menghalangi substrat untuk berikatan dan bereaksi.</p><p>3). perbedaan C3, C4, dan CAM</p><ul><li><strong>tumbuhan C3: </strong>dapat beradaptasi dilingkungan yang sejuk dan basah. <strong>Contohnya: </strong>Padi, Gandum, Kacang kedelai.&nbsp;</li><li><strong>tumbuhan C4: </strong>dapat beradaptasi dilingkungan yang panas dan terik <strong>Contohnya: </strong>Sorgum, Jagung.</li><li><strong>tumbuhan CAM: </strong>dapat beradaptasi dilingkungan yang sangat panas dan kering <strong>Contohnya: </strong>Nanas, Kaktus, Tebu.&nbsp;</li></ul><p>&nbsp;</p>

1). komponen pada enzim dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Apoenzim adalah bagian enzim yang tersusun atas protein. Bersifat labil, mudah dipengaruhi oleh perubahan suhu dan pH, serta tidak tahan panas. Merupakan bagian utama enzim dan membentuk struktur dasar enzim. 
  • Kofaktor adalah molekul non-protein yang diperlukan untuk aktivitas enzim. Ada 2 jenis kofaktor:
  1. Kofaktor Anorganik: Ion-ion logam seperti Fe, Mn, Zn, Mg, atau Co, yang terikat lemah pada enzim. 
  2. Kofaktor Organik: Molekul organik yang termasuk dalam gugus prostetik. 

 

2). Inhibitor kompetitif bekerja dengan meniru substrat dan bersaing untuk mengikat sisi aktif enzim, secara fisik menghalangi substrat untuk berikatan dan bereaksi.

3). perbedaan C3, C4, dan CAM

  • tumbuhan C3: dapat beradaptasi dilingkungan yang sejuk dan basah. Contohnya: Padi, Gandum, Kacang kedelai. 
  • tumbuhan C4: dapat beradaptasi dilingkungan yang panas dan terik Contohnya: Sorgum, Jagung.
  • tumbuhan CAM: dapat beradaptasi dilingkungan yang sangat panas dan kering Contohnya: Nanas, Kaktus, Tebu. 

 

alt

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

3

5.0

Jawaban terverifikasi

Soal Essay nomor 1-5! Hadiah : 5.000 poin 1) Apa perbedaan antara kejujuran dan kebohongan? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 2) Apa perbedaan antara sisi terang💡dan sisi gelap? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 3) Negara kita menempatkan peringkat kedua, sebagai negara paling tidak jujur dalam akademik di dunia. Selama ketidakjujuran masih ada, kita tidak dapat memberi harapan untuk bisa jadi negara maju di tahun 2035-2045 mendatang. Padahal kita mempunyai sebuah aplikasi Ruangguru untuk membantu belajar dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Sayangnya jumlah unduhan siswa hanya sekitar 25 juta orang dari 278 juta orang di seluruh Indonesia. Alasan tidak semua orang download apk adalah sebagian besar orang sudah pada kerja, sebagian pada penganggur, dan sebagian kecil pelajar belum mencoba apk ini. Bahkan orang menengah kebawah tidak bisa main apk Ruangguru, kalau tidak punya HP. Akibatnya, negara bangsa kita jadi tercemar, gara-gara manusia tidak jujur dan lemah hukum dari pemerintah otonomi daerah. Berdasarkan keburukan diatas, mengapa apk ruangguru tidak seramai di FYP medosos dan apa saja pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sisi gelap NKRI tersebut? Jelaskan harapan dan kesempatan! (Jika perlu) 4) Perhatikan Ilustrasi berikut! (berdasarkan nomor 2 atas) Sebagian orang yang melihat berita ini merasa, kalau negara kita sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa memajukan negara. Karena negara kita semakin tertinggal dari negara lain. Tidak heran kalau suatu saat nanti ada negara menyerang NKRI, maka hancurlah semua harapan kehidupan dan mengambil ahli semua tanah kita dari negara asing. Akhirnya beberapa kelompok orang seluruh daerah menulis surat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara b*n*h diri. Cara ini sebagai bentuk pasrah bagi sebagian rakyat negara, sampai dunia internasional jadi kaget. Berdasarkan ilustrasi tadi, mengapa rakyat begitu cemas sama situasi ketidakjujuran dan apa jadinya kalau 278 juta jiwa mengakhiri hidup barengan? Jelaskan dampaknya! 5) Setelah membaca nomor 3 dan 4, kita semakin paham betapa kejamnya manusia sebagai ketidakpedulian sesamanya. Walaupun begitu, bukan berarti kita langsung mengakhiri hidup. Perlu di ingat, bahwa tidak semua penduduk Indonesia antara penjabat atau rakyat itu jahat lho. Masih banyak orang yang peduli mengenai sosial postif dan kerjasama. Kalau sosial tidak ada, maka teknologi, makanan cepat saji, dan kendaraan gak bakalan ada sampai saat ini. Bandingkan sama negara lain, yang paling bahaya itu justru perang senjata yang bisa memakan banyak korban di timur tengah. Solusinya hanya satu, yaitu memperkuat hukum dalam UU tentang masalah kejujuran. Hukuman ini akan diberatkan, tergantung tingkat keparahan suatu negara. Berdasarkan diatas, bagaimana tanggapanmu?

9

5.0

Jawaban terverifikasi