Vania D

24 Mei 2024 13:12

Iklan

Vania D

24 Mei 2024 13:12

Pertanyaan

1. Jenis-jenis lembaga keuangan bukan bank/ non bank dan kegiatannya 2.Hal yang mengakibatkan dana perbankan tidak mendapatkan jaminan dari LPS

1. Jenis-jenis lembaga keuangan bukan bank/ non bank dan kegiatannya

2.Hal yang mengakibatkan dana perbankan tidak mendapatkan jaminan dari LPS

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

02

:

50

:

18

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Navniaaa N

24 Mei 2024 14:26

Jawaban terverifikasi

<p>1. Dalam lingkupnya, LKBB mencakup berbagai institusi seperti perusahaan pembiayaan, perusahaan asuransi, perusahaan modal ventura, lembaga pegadaian, dan entitas keuangan lainnya. Salah satu karakteristik utama LKBB adalah ketidakmampuannya untuk menerima simpanan dari masyarakat, yang membedakannya dari bank.</p><p><strong>Jenis Industri Keuangan Non Bank</strong></p><ul><li>Pasar Modal.&nbsp;</li><li>Koperasi Simpan Pinjam.&nbsp;</li><li>Perusahaan Asuransi.&nbsp;</li><li>Pegadaian.&nbsp;</li><li>Perusahaan Modal Ventura.&nbsp;</li><li>Perusahaan Anjak Piutang.&nbsp;</li><li>Perusahaan Sewa Guna Usaha atau Leasing.&nbsp;</li><li>Financial Technology (Fintech)</li></ul><p>Selain menghimpun dan menyalurkan dana, industri keuangan non bank memiliki beberapa fungsi sebagai berikut. Menghimpun dana masyarakat serta mengeluarkan surat berharga. Memberi layanan penyertaan modal ke perusahaan maupun proyek-proyek tertentu dalam jangka waktu sementara sebelum diperjualbelikan ke pasar modal.</p><p>Lembaga keuangan nonbank bekerja dengan menghimpun dana yang berasal dari nasabah dengan mengeluarkan surat-surat berharga. Cara ini terbilang efektif karena penyimpanan dana dalam bentuk nonuang lebih aman dan efisien.</p><p>2. Apabila nasabah memperoleh bunga simpanan melebihi suku bunga wajar yang ditetapkan oleh LPS, maka simpanan tersebut tidak dijamin oleh LPS secara keseluruhan (baik pokok maupun bunga).</p><p>adapun Syarat Penjaminan LPS<br><br><strong>Tercatat pada pembukuan bank</strong>. Data diri dan daftar simpanan nasabah tercatat dalam pembukuan bank. Simpan semua bukti transaksi perbankan. LPS menghimbau nasabah bank agar bijak dalam menerima cashback dari bank.</p><p>fungsi dr LPS atau melindungi nasabah yang gagal:</p><p>Menjamin simpanan nasabah penyimpan. Menjamin polis asuransi. Turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannnya. Melakukan resolusi bank.</p>

1. Dalam lingkupnya, LKBB mencakup berbagai institusi seperti perusahaan pembiayaan, perusahaan asuransi, perusahaan modal ventura, lembaga pegadaian, dan entitas keuangan lainnya. Salah satu karakteristik utama LKBB adalah ketidakmampuannya untuk menerima simpanan dari masyarakat, yang membedakannya dari bank.

Jenis Industri Keuangan Non Bank

  • Pasar Modal. 
  • Koperasi Simpan Pinjam. 
  • Perusahaan Asuransi. 
  • Pegadaian. 
  • Perusahaan Modal Ventura. 
  • Perusahaan Anjak Piutang. 
  • Perusahaan Sewa Guna Usaha atau Leasing. 
  • Financial Technology (Fintech)

Selain menghimpun dan menyalurkan dana, industri keuangan non bank memiliki beberapa fungsi sebagai berikut. Menghimpun dana masyarakat serta mengeluarkan surat berharga. Memberi layanan penyertaan modal ke perusahaan maupun proyek-proyek tertentu dalam jangka waktu sementara sebelum diperjualbelikan ke pasar modal.

Lembaga keuangan nonbank bekerja dengan menghimpun dana yang berasal dari nasabah dengan mengeluarkan surat-surat berharga. Cara ini terbilang efektif karena penyimpanan dana dalam bentuk nonuang lebih aman dan efisien.

2. Apabila nasabah memperoleh bunga simpanan melebihi suku bunga wajar yang ditetapkan oleh LPS, maka simpanan tersebut tidak dijamin oleh LPS secara keseluruhan (baik pokok maupun bunga).

adapun Syarat Penjaminan LPS

Tercatat pada pembukuan bank. Data diri dan daftar simpanan nasabah tercatat dalam pembukuan bank. Simpan semua bukti transaksi perbankan. LPS menghimbau nasabah bank agar bijak dalam menerima cashback dari bank.

fungsi dr LPS atau melindungi nasabah yang gagal:

Menjamin simpanan nasabah penyimpan. Menjamin polis asuransi. Turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannnya. Melakukan resolusi bank.


Iklan

Kevin L

Gold

24 Mei 2024 15:02

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: 1. Lembaga keuangan bukan bank (LKBB) adalah lembaga yang menyediakan jasa keuangan tetapi tidak memiliki lisensi perbankan. Kegiatannya meliputi penerimaan simpanan, pemberian kredit, dan jasa keuangan lainnya. Contoh LKBB antara lain asuransi, dana pensiun, dan pegadaian. 2. Dana perbankan tidak mendapatkan jaminan dari LPS jika bank tersebut tidak memiliki lisensi perbankan yang sah, tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), atau jika bank tersebut dalam kondisi likuidasi. 【Penjelasan】: 1. Lembaga keuangan bukan bank (LKBB) adalah lembaga yang menyediakan jasa keuangan tetapi tidak memiliki lisensi perbankan. Kegiatannya meliputi penerimaan simpanan, pemberian kredit, dan jasa keuangan lainnya. Contoh LKBB antara lain asuransi, dana pensiun, dan pegadaian. Meskipun tidak memiliki lisensi perbankan, LKBB tetap harus mematuhi regulasi dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 2. Dana perbankan tidak mendapatkan jaminan dari LPS jika bank tersebut tidak memiliki lisensi perbankan yang sah, tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), atau jika bank tersebut dalam kondisi likuidasi. LPS hanya memberikan jaminan kepada dana nasabah bank yang terdaftar dan memiliki lisensi perbankan yang sah.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan