Jabbar V

17 Juli 2024 15:16

Iklan

Jabbar V

17 Juli 2024 15:16

Pertanyaan

1) Apa pengertian dari Bunga rafflesia? Jelaskan fungsinya! 2) Apa penyebab Bunga Rafflesia mengeluarkan bau tidak sedap? Jelaskan secara ilmiah! (jika ada) 3) Para warga mengira kalau bunga Rafflesia sebagai tempat sampah. Karena bunga Rafflesia mengeluarkan bau seperti bangkai. Apa jadinya kalau warga benaran membuang sampah plastik dan sampah lain ke tempat bunga Rafflesia? Jelaskan dampaknya!

1) Apa pengertian dari Bunga rafflesia? Jelaskan fungsinya! 

2) Apa penyebab Bunga Rafflesia mengeluarkan bau tidak sedap? Jelaskan secara ilmiah! (jika ada) 

3) Para warga mengira kalau bunga Rafflesia sebagai tempat sampah. Karena bunga Rafflesia mengeluarkan bau seperti bangkai. Apa jadinya kalau warga benaran membuang sampah plastik dan sampah lain ke tempat bunga Rafflesia? Jelaskan dampaknya! 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

20

:

05

:

07

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Dimas D

17 Juli 2024 16:14

Jawaban terverifikasi

<p>1) Bunga Rafflesia adalah bunga parasit yang terkenal karena memiliki ukuran yang besar dan tidak memiliki daun, batang, atau akar seperti kebanyakan tumbuhan lainnya. Fungsinya adalah untuk bereproduksi dengan menarik serangga penyerbuk melalui bau tidak sedap yang dihasilkannya.</p><p>2) Bau tidak sedap yang dihasilkan oleh bunga Rafflesia disebabkan oleh senyawa kimia tertentu yang mirip dengan senyawa yang dihasilkan oleh bangkai. Bau ini dimaksudkan untuk menarik serangga penyerbuk tertentu, seperti lalat atau kumbang, yang akan membantu dalam proses penyerbukan.</p><p>3) Jika warga membuang sampah plastik atau sampah lain ke tempat bunga Rafflesia, dampaknya dapat sangat merugikan. Sampah-sampah ini bisa mengganggu lingkungan sekitar bunga, menghalangi akses serangga penyerbuk, dan bahkan dapat mengancam keberlangsungan hidup bunga itu sendiri. Selain itu, pencemaran lingkungan oleh sampah juga dapat mempengaruhi ekosistem lokal secara keseluruhan, termasuk flora dan fauna lainnya.</p>

1) Bunga Rafflesia adalah bunga parasit yang terkenal karena memiliki ukuran yang besar dan tidak memiliki daun, batang, atau akar seperti kebanyakan tumbuhan lainnya. Fungsinya adalah untuk bereproduksi dengan menarik serangga penyerbuk melalui bau tidak sedap yang dihasilkannya.

2) Bau tidak sedap yang dihasilkan oleh bunga Rafflesia disebabkan oleh senyawa kimia tertentu yang mirip dengan senyawa yang dihasilkan oleh bangkai. Bau ini dimaksudkan untuk menarik serangga penyerbuk tertentu, seperti lalat atau kumbang, yang akan membantu dalam proses penyerbukan.

3) Jika warga membuang sampah plastik atau sampah lain ke tempat bunga Rafflesia, dampaknya dapat sangat merugikan. Sampah-sampah ini bisa mengganggu lingkungan sekitar bunga, menghalangi akses serangga penyerbuk, dan bahkan dapat mengancam keberlangsungan hidup bunga itu sendiri. Selain itu, pencemaran lingkungan oleh sampah juga dapat mempengaruhi ekosistem lokal secara keseluruhan, termasuk flora dan fauna lainnya.


Iklan

Vi M

17 Juli 2024 15:59

Jawaban terverifikasi

<p>1.reflesia/Padma raksasa adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia ke-1.</p><p>&nbsp;</p><p>2.Saat bunga bangkai mengalami fase generatif (mekarnya bunga), bunga tertinggi ini mengeluarkan bau menyengat seperti bau bangkai. Bunga rafflesia juga menghasilkan panas, yang membantu menguapkan bau dan membuatnya dapat tercium dalam beberapa meter. Intensitas bau busuk bunga rafflesia akan meningkat dari larut malam hingga tengah malam, saat penyerbukan paling aktif. Pada pagi hari, aroma bau busuk akan berkurang menjelang periode mekar bunga habis.<br>&nbsp;</p><p>3. Area tempat tinggal/ habitat asli bunga reflesia akan terganggu dan menyebabkan kepunahan.</p>

1.reflesia/Padma raksasa adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia ke-1.

 

2.Saat bunga bangkai mengalami fase generatif (mekarnya bunga), bunga tertinggi ini mengeluarkan bau menyengat seperti bau bangkai. Bunga rafflesia juga menghasilkan panas, yang membantu menguapkan bau dan membuatnya dapat tercium dalam beberapa meter. Intensitas bau busuk bunga rafflesia akan meningkat dari larut malam hingga tengah malam, saat penyerbukan paling aktif. Pada pagi hari, aroma bau busuk akan berkurang menjelang periode mekar bunga habis.
 

3. Area tempat tinggal/ habitat asli bunga reflesia akan terganggu dan menyebabkan kepunahan.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan