Anonim A

27 Mei 2024 14:24

Iklan

Iklan

Anonim A

27 Mei 2024 14:24

Pertanyaan

........

........

alt

10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

29 Mei 2024 00:32

Jawaban terverifikasi

<p>a. topografi wilayah</p><p>Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia, karena suhu di dataran rendah cukup nyaman karena tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, dan tidak terlalu panas seperti di pesisir.</p><p>Penyebab munculnya dataran rendah adalah, adanya sedimentasi sungai. Proses sedimentasi ini, membuat tanah di dataran rendah menjadi tanah yang subur. Oleh karena itu, tak heran jika dataran rendah merupakan kawasan padat penduduk.</p><p>Corak kehidupan di daerah dataran rendah. Penduduk biasanya bekerja pada sektor pertanian, ladang dan bentuk pertanian lain. Selain itu sektor-sektor lain biasanya lebih cepat berkembang seperti <strong>transportasi, industri, dan perdagangan</strong>.</p><p>&nbsp;</p>

a. topografi wilayah

Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia, karena suhu di dataran rendah cukup nyaman karena tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, dan tidak terlalu panas seperti di pesisir.

Penyebab munculnya dataran rendah adalah, adanya sedimentasi sungai. Proses sedimentasi ini, membuat tanah di dataran rendah menjadi tanah yang subur. Oleh karena itu, tak heran jika dataran rendah merupakan kawasan padat penduduk.

Corak kehidupan di daerah dataran rendah. Penduduk biasanya bekerja pada sektor pertanian, ladang dan bentuk pertanian lain. Selain itu sektor-sektor lain biasanya lebih cepat berkembang seperti transportasi, industri, dan perdagangan.

 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

27 Mei 2024 14:43

Jawaban terverifikasi

【Penjelasan】: Pertanyaan ini berkaitan dengan isu mengenai permukiman manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi pemukiman. Dalam konteks ini, pertanyaan ini mengacu pada pemukiman di dataran rendah dibandingkan dengan di lereng pegunungan. Diantaranya: a. Topografi wilayah: Topografi suatu wilayah berkaitan dengan kenampakan alam permukaan, termasuk dataran rendah dan lereng pegunungan. Pilihan ini relevan karena jenis topografi wilayah dapat mempengaruhi keputusan tentang di mana menetap. b. Struktur Geologi: Struktur geologi berkaitan dengan formasi batuan dan tanah di suatu wilayah. Tidak secara langsung berkaitan dengan keputusan untuk memilih antara menetap di dataran rendah atau di lereng pegunungan. c. Lokasi Absolut: Lokasi absolut merujuk pada posisi geografis tepat suatu tempat di permukaan bumi, bisa dideskripsikan dengan koordinat geografis seperti lintang dan bujur. Lokasi absolut memiliki efek tidak langsung tetapi bisa mempengaruhi pilihan tambahan, namun bukan aspek utama dalam hal permukiman. d. Iklim Regional: Iklim regional berhubungan dengan kondisi cuaca dan iklim jangka panjang di suatu wilayah. Faktor ini mempengaruhi kemungkinan memilih menetap di dataran rendah atau lereng pegunungan. e. Lokasi Relatif: Lokasi relatif merujuk ke lokasi suatu tempat sehubungan dengan tempat lain. Ikut mempengaruhi secara tidak langsung hasil dalam pemilihan oleh manusia untuk tempat permukiman. 【Jawaban】:a. topografi wilayah


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

10 ×43=

0

5.0

Jawaban terverifikasi