Roboguru

Zat diketahui dapat menghantarkan listrik dalam pelarut air. a. Apa yang harus ada pada larutan zat agar dapat menghantarkan arus listrik? b. Apa istilah untuk zat yang dapat menghantarkan listrik

Zat begin mathsize 14px style A end style diketahui dapat menghantarkan listrik dalam pelarut air.

a. Apa yang harus ada pada larutan zat begin mathsize 14px style A end style agar dapat menghantarkan arus listrik?

b. Apa istilah untuk zat yang dapat menghantarkan listrik?Apa pula untuk zat yang tidak dapat menghantarkan listrik?

c. Jika zat begin mathsize 14px style A end style adalah elektrolit, bagaimana mekanisme pelarutan zat begin mathsize 14px style A end style dalam air?

d. Bagaimana pula jika zat begin mathsize 14px style A end style adalah non-elektrolit?

Jawaban:

a. Larutan zat begin mathsize 14px style A end style harus memiliki ion-ion yang bergerak dengan bebas agar dapat menghantarkan arus listrik. Ion-ion tersebut berasal dari ionisasi molekul zat begin mathsize 14px style A end style. Semakin banyak ion yang terbentuk maka akan semakin baik dalam menghantarkan arus listrik.

b. Zat yang dapat menghantarkan arus listrik disebut larutan elektrolit sedangkan zat yang tidak dapat menghantarkan listrik disebut larutan nonelektrolit.

c. Zat begin mathsize 14px style A end style dilarutkan dalam air akan terdisosiasi menjadi ion ionnya. Ion-ion yang bergerak bebas dapat menghantarkan arus listrik.

d. Jika zat begin mathsize 14px style A end style adalah larutan nonelektrolit, maka zat begin mathsize 14px style A end style tidak dapat terdisosiasi menjadi ion-ionnya yang bergerak bebas sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved